Gemass 6 Oktober 2022

*Kamis, 6 Oktober 2022*
~~~~~~~~~~~~~~~
πŸ“– *GEMASSreguler 2021* – FIRMAN UNTUK SEMUA
_Tersedia dalam apps GKI Layur_
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~~~~~~~~~~

πŸ—“ *Hari 263*
*Bagian 14 : YESUS DAN KERAJAAN ALLAH*
*Bacaan hari ini* : Yohanes 11-12
*Ungkapan doa* : Mazmur 108
~~~~~~~~~~~~~~~

*ALKITAB SUARA*
🎧 GEMASS – Hari 263
https://drive.google.com/folderview?id=18UUu3k_klK7KQDulHphyltF69YOY5jzp

🌟 *Yohanes 12:26* (TB)
_Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situ pun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa._

πŸ’‘ Beriman pada Yesus berarti mempunyai komitmen untuk setia mengikuti Dia, menaati semua ajaran-Nya serta berada di mana Dia ada. Mengikuti Yesus termasuk menyangkal diri dan memikul salib.

πŸ™ *Doa:*
Ya Tuhan, berikanlah kepadaku hati yang taat dan terbuka untuk mengasihi dan melayani-Mu, sebagaimana Engkau yang telah melayani aku terlebih dahulu. Amin.
~~~~~~~~~~~~~~~~
*Bacaan besok* : Yohanes 13-15
*Ungkapan doa* : Mazmur 109

*Kamis, 6 Oktober 2022*
~~~~~~~~~~~~~~~

πŸ“– *GEMASSplus SH KITAB – 2022*
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi *INJIL YOHANES*

Bacaan hari ini : *Yohanes 8:30-47*
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~~~~~~~~~~
β–Ά Video Pelengkap Bacaan.
Yohanes 8:37-59 | LUMO Indonesia
https://youtu.be/wIUHLKmO9Gs

*_JANGAN TOLAK KEBENARAN!_*

Perkataan Yesus adalah kebenaran, sehingga banyak orang percaya kepada-Nya (30). Namun, kepercayaan mereka baru sebatas pengetahuan dan belum ada komitmen. Padahal jika mereka sungguh percaya dan memercayakan diri kepada Tuhan Yesus barulah mereka merdeka dari dosa (31-32).

Berdasarkan pemahaman fakta jati diri mereka sebagai keturunan Abraham, mereka memprotes ucapan Yesus bahwa mereka perlu kebenaran yang memerdekakan. Sebab meski dijajah Roma mereka tetap merasa merdeka. Namun, yang Yesus maksud adalah penjajahan dosa yang tidak dapat dilawan dengan cara apa pun, termasuk dengan keyakinan jati diri. Dosa membuat siapa pun, tak terkecuali orang Yahudi sejati, menjadi terasing dari Allah (ayat 35: tidak tinggal di dalam rumah). Hanya Yesus yang dapat memberi mereka hubungan serasi dengan Allah dan menjadikan mereka anak-anak Abraham (36). Bukti bahwa mereka belum sungguh-sungguh percaya kepada Yesus adalah mereka masih mengerjakan pekerjaan-pekerjaan “bapa” mereka (38). Misalnya: mereka hendak membunuh Yesus (37). Itu bukanlah pekerjaan kebenaran melainkan pekerjaan dosa (39-40). Mereka bukan anak-anak Allah karena kasih Allah tidak ada pada mereka (42-43). Jika mereka anak Allah, mereka pasti mengasihi Allah dan mengasihi Yesus. Faktanya mereka memiliki tanda-tanda pekerjaan Iblis, yaitu kebencian, hasrat membunuh, dan mendustai diri sendiri (44-46). Mereka adalah anak-anak Iblis. Terlebih lagi, sesudah Yesus membukakan semua fakta ini mereka tetap tidak percaya dan tidak mendengarkan firman-Nya (46-49).

Menjadi Kristen berarti harus memercayakan diri penuh kepada Yesus yang diutus Allah untuk memerdekakan kita dari dosa. Berkeras pada keinginan, pengertian, dan cara kita sendiri membuktikan kita masih menjadi hamba dosa dan hamba Iblis. Siapa menjadi milik Yesus, pasti mengasihi Allah dan Yesus serta mau taat pada firman-Nya.

_Renungkan: Siapakah “bapa” Anda sesungguhnya, Allah atau Iblis, akan tampak dari perbuatan-perbuatan Anda!_

Sumber : _Santapan Harian Gemass edisi Injil Yohanes_
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~~~~~~~~~~
*Bacaan besok* : Yohanes 8: 48-59 – _Yesus adalah Allah_

πŸ“– *GEMASSplus LEKSIONARI*
Tahun C
Minggu Biasa-16
*Kamis, 6 Oktober 2022*
~~~~~~~~~~~~~~~
KELUARGA YANG MEMILIKI
UCAPAN SYUKUR
~~~~~~~~~~~~~~~
*Bacaan hari ini:*
Mazmur 111
Imamat 14:33-53
2Timotius 1:13-18

_Tersedia dalam apps GKI Layur_
Https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~~~~~~~~~~
Bacaan hari ini, mempersiapkan kita untuk bacaan pada hari Minggu, 9 Oktober 2022.

*Mazmur 111*
Pemazmur mengangkat pujian bersama kepada Tuhan atas kesetiaan-Nya kepada umat-Nya dan untuk karya-karya-Nya yang menakjubkan yang telah lakukan. Karya-karya Allah yang mulia adalah ekspresi dari karakter-Nya; kebenaran Allah, kasih karunia dan belas kasihan, kuasa, kesetiaan dan keadilan ditekankan sebagai kualitas-kualitas yang diperlihatkan dalam pekerjaan yang Tuhan lakukan. Semua kualitas yang disebutkan dalam mazmur ini – kebenaran, kasih karunia, belas kasihan, kuasa, kesetiaan, keadilan Allah – terlihat dalam ukuran yang lebih besar lewat salib dan kebangkitan Kristus. Mazmur ini mengajak kita untuk mengangkat puji-pujian dengan hati bersyukur karena Tuhan kita adalah Tuhan yang setia dan dahsyat karya-Nya.

🎢 🎢 Mazmur 111
https://www.juswantori.com/Mazmur/111/

*Imamat 14:33-53*
Kenajisan harus ditangani karena Tuhan yang kudus tinggal di tengah-tengah orang Israel. Dan dalam pasal-pasal sebelumnya, Tuhan dengan penuh belas kasihan memberikan instruksi tentang cara mengatasi ketidakmurnian sehingga orang Israel dapat memelihara persekutuan perjanjian dengan-Nya. Pada masa Tuhan Yesus, Ia mengatasi kenajisan ini dengan cara yang paling radikal yaitu dengan sentuhan sederhana dari tanganNya. Bukan hanya itu, Tuhan Yesus dengan darahNya yang tercurah di atas kayu salib telah mengatasi kenajisan kita yang terbesar di hadapan Tuhan sehingga kita yang tadinya tak layak di hadapannya kini dapat menjalin persekutuan dengan Tuhan. Melalui Kristus kita dilayakkan, melalui Kristus kita disucikan (1 Yoh. 1:7, 9).

*2Timotius 1:13-18*
Paulus meminta Timotius anak rohaninya untuk memegang dan menghidupi Injil seperti yang telah dilakukan oleh Paulus. Timotius diminta untuk memelihara Injil dengan cara memberikan pengajaran yang benar kepada orang lain, ini dapat dilakukan jika Timotius terus bersandar kepada pertolongan Roh Kudus. Permintaan Paulus kepada Timotius juga menjadi pengingat untuk kita. Sebagai pengikut Kristus, kita bertanggung jawab untuk memelihara Injil dengan benar, dan oleh karena itu bersandarlah kepada Roh Kudus untuk dapat memelihara Injil yang benar dalam hidup ini. Sehingga ketika badai kesesatan atau kegalauan datang kita tetap kuat dan tidak goyah.

Renungan pelengkap:
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

https://youtu.be/K3l0pk9V-QI
~~~~~~~~~~~~~~~
*Bacaan besok:*
Mazmur 111
Bilangan 4:34-5:4
2Timotius 2:1-7