Gemass 6 Juni 2021

πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~
πŸ—“ Hari 140
Bagian 9 : HIKMAT BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: Ayub 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 135
~~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 140
https://drive.google.com/folderview?id=12pEpfZFEWaYm-utC1Do1fQY0-mBQMJbf

β–Ά Video Baca Alkitab:
Penjelasan secara umum kitab AYUB – Bible Project Indonesia
thebibleproject.com
Saksikan :

🌟 Ayub 1:21 (TB)
katanya: “Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!”

πŸ’‘Ayub adalah sosok anak Tuhan yang bergaul karib dengan Tuhan. Dia hidup dengan sangat taat kepada Tuhan sehingga Tuhan memberkatinya dengan melimpah. Namun, dia justru juga mengalami percobaan yang sangat berat. Dalam kondisi yang sangat tertekan dan penuh derita, ia tetap menjaga hidupnya terus taat kepada Tuhan.

πŸ™ Doa:
Bapa di dalam sorga, ingatkanlah aku selalu bahwa aku bukanlah pemilik tetapi hanya pengelola atas semua harta yang Engkau berikan bagiku. Engkaulah pemilik atas semua yang ada padaku. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.
~~~~~~
Bacaan besok : Ayub 4-7
Ungkapan doa : Mazmur 136
~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB YOSUA

Bacaan hari ini : Yosua 2:1-24
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~

ALLAH JUGA MEMAKAI MUSUH

Pasar bubar, juga penonton dan bioskop layar tancap. Hujan datang, tukang ojek berkomentar, β€œSama hujan, takut. Sama yang bikin, tidak.” Betapa dalam arti komentar itu. Berapa banyak orang lebih takut kepada hal-hal lain sampai lupa takut akan Tuhan! Begitu berbeda dari Rahab, yang justru takut Tuhan, hingga tidak peduli yang lain-lain, bahkan nyawanya sendiri. Bagaimana mungkin?

Siapa Rahab? Ia seorang pelacur (1). Bukankah status pelacur sering dipandang hina, dianggap sampah masyarakat? Saat semua orang hingga raja pun gemetar ketakutan, Rahab mampu melihat Allah sedang berkarya bagi Israel. Begitu jelas ia melihatnya sehingga mampu merespons dengan tepat. Ia mampu berpaut erat pada maksud hati Tuhan, sekalipun tanpa menerima janji dan firman Allah secara langsung seperti bangsa Israel. Rahab berbagi iman yang sama dengan yang dimiliki oleh para pengintai dari Israel (8-11).

Di pasal 1, kita melihat bagaimana Allah memakai Yosua menjadi alat-Nya untuk menggenapi rencana Allah memberikan Tanah Kanaan kepada umat-Nya. Di pasal 2 ini, Allah memakai pihak musuh, Rahab. Allah berkarya di hati Rahab sehingga ia mampu melihat dengan benar akan misi-Nya. Akibatnya, dari rasa takut akan kedahsyatan Allah, lahirlah iman, dan dari iman datanglah keberanian tidak merisaukan risiko kehilangan nyawa, demi menyembunyikan dan menyelamatkan dua utusan tersebut (1-7).

Luar biasa Allah kita. Walaupun musuh-musuh Allah selalu berupaya merintangi rencana-Nya bagi dan melalui umat-Nya di dunia ini, Allah tetap berdaulat. Allah dapat mengubah para musuh menjadi alat-Nya untuk terlibat dalam penggenapan rencana mulia-Nya. Janganlah kuatir akan faktor-faktor yang menghalangi rencana Tuhan dalam hidup kita.

Doakan: Agar Allah mengubah para musuh-Nya menjadi alat anugerah-Nya!

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab Yosua
https://www.su-indonesia.org

β–Ά Video Pelengkap Bacaan:
Rahab, perempuan sundal – #Fakta Alkitab
Channel Jawaban

~~~~~~
Bacaan besok : Yosua 3:1-17 – Menyambut Karya Besar Allah

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun B
Minggu Biasa 1
Minggu, 6 Juni 2021
~~~~~~
KITA ADALAH SAUDARA

Bacaan hari ini:
Kejadian 3:8-15
Mazmur 130
2 Korintus 4:13-5:1
Markus 3:20-35
~~~~~~

SELAMAT HARI MINGGU, SELAMAT BERIBADAH!

Kejadian 3:8-15
Manusia bersembunyi menjauhi Tuhan karena telah melanggar perintah-Nya. Untunglah Tuhan masih berkenan mencari. Saat dikonfrontasi: Adam menyalahkan Tuhan dan Hawa, perempuan menyalahkan ular. Semua relasi rusak: relasi Allah dengan manusia, relasi antar manusia dan relasi dengan alam. Mari kembali hidup dalam rancangan Tuhan: hidup dalam damai sejahtera-Nya dengan menyembah Tuhan, mengasihi sesama serta memelihara lingkungan/ciptaan lain.

Mazmur 130
Menanti adalah pekerjaan yang sangat membosankan bagi sebagian besar orang. Namun demikian, bagi pemazmur, menanti Tuhan adalah satu-satunya pengharapan. Pemazmur menyadari apa yang Tuhan sudah lakukan di masa lalu saat umat membutuhkan pertolongan dan kelepasan. Tuhan membuktikan diri-Nya layak diharapkan. Karena itulah pemazmur selalu menanti dan berharap hanya pada Tuhan saja.

β–Ά Mazmur 130 – Maria Netta
YKB GKI TV

2 Korintus 4:13-5:1
Pengharapan akan kebangkitan dari antara orang mati membuat kita berani menempuh penderitaan yang harus kita tanggung karena menjalankan kehendak dan memuliakan Allah. Dalam hidup ini ada banyak hal yang akan menuntut kita membayar harga karena melakukan kehendak Allah. Mari bertahan dengan kekuatan Allah karena upah di sorga menanti kita.

Markus 3:20-35
Kita adalah bersaudara satu dengan yang lain karena kita sama-sama melakukan kehendak Allah Bapa yang di sorga. Konsekuensi melakukan kehendak Allah tidak selalu mudah: Yesus dituduh sebagai penghulu setan, dikira tidak waras oleh keluarganya, dikira kerasukan roh jahat. Mari tetap teguh dan setia sampai akhir. Jangan sampai Yesus berkata kepada kita: enyahlah engkau pembuat kejahatan.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat
~~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 74
1 Samuel 16:14-23
Wahyu 20:1-6