Gemass 5 Juni 2021

πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~
πŸ—“ Hari 139
Bagian 8 : NABI-NABI SEBELUM MASA PEMBUANGAN
Bacaan hari ini: Zefanya 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 134
~~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 139
https://drive.google.com/folderview?id=12jp2R8DgVk26skkejmtHe6a5x0IhOb9e

β–Ά Video Baca Alkitab:
Penjelasan secara umum kitab ZEFANYA – Bible Project Indonesia
thebibleproject.com
Saksikan :

🌟 Zefanya 1:14 (TB)
Sudah dekat hari TUHAN yang hebat itu, sudah dekat dan datang dengan cepat sekali! Dengar, hari TUHAN pahit, pahlawan pun akan menangis.

πŸ’‘Tuhan tidak pernah terlalu cepat ataupun terlalu lambat untuk bertindak, baik untuk menghakimi umat-Nya yang berbuat jahat maupun menolong umat-Nya yang benar dan taat. Allah selalu bertindak menurut jadwal-Nya sendiri, yaitu “hari Tuhan” dimana Dia akan melaksanakan semua rencana-Nya.

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan, persiapkanlah diriku menyongsong “hari Tuhan” yang kelak akan datang, dengan mencari Tuhan dalam kesetiaan dan kerendahan hati. Amin.
~~~~~~
Bacaan besok : Ayub 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 135

SUKU MELAYU
Lokasi : SUMATERA UTARA
Populasi : 2.266.000

Doakan :
. Kebutuhan bantuan untuk memanfaatkan tanah dan laut mereka dengan lebih baik.
. Kebutuhan bantuan untuk meningkatkan standar hidup melalui metode pertanian dan teknologi penangkapan ikan yang lebih efisien.
. Bantuan dalam menciptakan lapangan kerja baru atau memperoleh keterampilan baru.

https://joshuaproject.net/people_groups/20292/ID

πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Kitab ke 3–Tahun II
Bacaan 5 – 6 Juni 2021
KITAB YOSUA

β–« Hari 1 ; Sabtu, 5 Juni 2021 : Yosua 1:1-18 – Rencana Allah Melibatkan Anda
β–« Hari 2 ; Minggu, 6 Juni 2021 : Yosua 2:1-24 – Allah juga Memakai Musuh

PENGANTAR KITAB YOSUA

Kitab Yosua yang merupakan kelanjutan dari lima kitab Musa berisikan kisah penyerbuan dan penaklukan tanah Kanaan oleh umat Israel. Selanjutnya adalah kisah suku-suku Israel menduduki wilayah masing-masing yang ditentukan oleh Tuhan melalui undian.

Latar belakang. Narasi kitab Yosua menyambung langsung akhir kitab Ulangan (Ul. 31:1-8, 34:9), dengan mengedepankan tokoh Yosua sebagai pengganti Musa. Yosua mendapatkan peneguhan Tuhan dengan janji yang sama yang Tuhan berikan kepada Musa. Tentunya dengan perintah yang sama untuk taat dan tidak menyimpang dari Taurat Tuhan. Kitab Yosua dibagi tiga bagian besar. Pertama, pasal 1-12, penyerbuan dan penaklukan Tanah Kanaan. Dalam rencana Allah, seluruh Tanah Perjanjian telah menjadi milik Israel. Tuhanlah yang memiliki andil utama sebab Israel terkontaminasi dosa Akhan yang menyembunyikan jarahan yang seharusnya dimusnahkan demi Tuhan. Selain itu, Israel tertipu oleh bangsa Gibeon. Tanpa Tuhan, Israel tidak mungkin menaklukkan Tanah Kanaan. Kedua, pasal 13-22. Setelah Kanaan ditaklukkan, setiap suku mendapat wilayah masing-masing untuk diduduki. Mereka wajib membersihkan seluruh wilayah itu dari penduduk aslinya. Terlihat jelas benih-benih kegagalan. Banyak suku yang tidak mau berjuang keras untuk membersihkan wilayah mereka. Mereka memilih berkompromi memakai penduduk Kanaan sebagai tenaga rodi. Ketiga, pasal 23-24. Pidato perpisahan Yosua dan upacara pembaruan Perjanjian Sinai menutup kitab Yosua ini dengan menantang umat Israel untuk memilih menyembah Tuhan, bukan berpaling pada dewa-dewi nenek moyang mereka di Mesopotamia.

Kontribusi teologis. Tuhan menggenapi janji-Nya kepada Abraham dengan memberikan Tanah Perjanjian untuk keturunannya, Israel. Dengan kekuatan sendiri, Israel gampang dikalahkan dan diperdaya musuh. Ketaatan dan kesetiaan kepada Tuhan menjadi syarat Israel dipelihara dan diberkati, sehingga mereka bisa menikmati Tanah Perjanjian. Ketidaktuntasan mengerjakan perintah Tuhan mengakibatkan kegagalan, dan berkat Tuhan ditarik.

CONTOH METODE BACA GALI ALKITAB

1. Doa: Ya Tuhan, tolong agar Roh-Mu yang kudus menuntun kami masuk ke dalam kebenaran firman-Mu. Amin.

2. Bacaan: Yosua 1:1-18

3. Renungkanlah:
πŸ’  Apa saja yang kubaca?
β–« Tuhan meneguhkan kepemimpinan Yosua dengan janji penyertaan-Nya untuk membimbing Israel masuk dan menaklukkan Tanah Kanaan. Tetapi, Yosua harus proaktif menjejakkan kaki ke seluruh wilayah itu dan menjaga keteguhan hati serta taat penuh pada firman-Nya (1-9).
β–« Yosua merespons firman Tuhan dengan segera mempersiapkan pasukan Israel (10-11).
β–« Yosua mendorong dua setengah suku yang sudah mendapatkan tanah warisan di seberang timur Sungai Yordan, untuk setia kawan berjuang merebut Tanah Kanaan bersama dengan sembilan setengah suku yang lainnya (12-18).
πŸ’  Apa pesan yang Allah sampaikan kepadaku?
β–« Tuhan tidak melupakan janji-Nya kepada umat-Nya.
β–« Bersikap proaktif terhadap firman Tuhan.
β–« Menjaga diri dalam karakter teguh hati.
β–« Dengan ketaatan penuh melakukan firman Tuhan tanpa kompromi.
πŸ’  Apa responsku?
β–« Bersyukur karena janji Tuhan pasti digenapi.
β–« Tuhan menyertai orang hidupnya taat firman dan teguh hati melakukan-Nya.
β–« Belajar firman Tuhan dengan sungguh-sungguh agar mengerti kehendak Tuhan dengan benar.
β–« Menaati firman Tuhan secara proaktif dengan percaya akan kasih setia-Nya.

4. Bandingkan dengan uraian SANTAPAN HARIAN GEMASS Edisi KITAB YOSUA, Sabtu 5 Juni 2021.

5. Doa: Tuhan, ajar kami merenungkan firman-Mu siang dan malam sebagai makanan bagi jiwa kami.
~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB YOSUA

Bacaan hari ini : Yosua 1:1-18
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~
β–Ά Video Baca Alkitab:
Penjelasan secara umum kitab YOSUA – Bible Project Indonesia
thebibleproject.com
Saksikan :

RENCANA ALLAH MELIBATKAN ANDA

Dalam pengalaman nyata, sering timbul kesan bahwa rencana Allah tidak dapat terwujud karena berbagai rintangan yang membuat kita putus asa. Itu pula yang mungkin dirasakan Yosua. Musa sebagai pemimpin besar Israel telah mati, sementara yang memimpin umat Israel saat ini adalah Yosua. Yosua pernah mengalami luka akibat ketidakpercayaan orang tua mereka akan janji dan rencana Allah memberikan Tanah Kanaan sebagai warisan bangsa Israel.

Sesungguhnya, tidak ada hal apa pun yang bisa menghalangi rencana Allah. Dia mahakuasa dan berdaulat penuh memakai siapa saja untuk menggenapi rencana-Nya. Yosua pun bisa dipakai-Nya. Tentu harus ada kriteria yang dipenuhi Yosua. Pertama, kepemimpinan Yosua harus berasal dari inisiatif Allah: Allah yang memiliki rencana, maka Allah pula yang berhak menetapkan siapa dan bagaimana penggenapannya (2). Kedua, Yosua harus merespons panggilan kepemimpinan itu secara konkret dan proaktif: ia harus melangkahkan kaki sejauh wilayah yang Allah berikan kepada Israel (3-4). Ketiga, Yosua harus mengembangkan karakter mental baja dalam merespons janji Tuhan ini: pemimpin yang bimbang sama saja tidak percaya kepada Tuhan (6,7a,9). Keempat, Yosua harus berpegang penuh pada janji firman Tuhan dan taat total pada perintah-Nya: pemimpin harus kenal dan bergaul serta melakukan firman-Nya itu dengan segenap hati (7b-8).

Situasi dan kesulitan apa pun tidak boleh membuat gereja putus asa. Allah bisa membangkitkan orang-orang berkaliber pemimpin seperti Yosua, asalkan mereka mau bersandar penuh kepada Allah, taat firman-Nya, dan dengan proaktif mengerjakan bagian kepemimpinan yang dipercayakan Allah bagi mereka.

Renungkan: Jangan meremehkan Tuhan memakai Anda sebagai alat anugerah-Nya. Kalau Anda percaya pada-Nya, serta merespons tepat dalam sikap dan tindakan.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab Yosua
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~
Bacaan besok : Yosua 2:1-24 – Allah juga Memakai Musuh

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun B
Minggu Trinitas
Sabtu, 5 Juni 2021
~~~~~~
KITA ADALAH SAUDARA

Bacaan hari ini:
Mazmur 130
Kejadian 2:4-14
Lukas 8:4-15
~~~~~~
Bacaan hari ini, membantu mempersiapkan kita untuk bacaan pada hari Minggu, 6 Juni 2021.

Mazmur 130
Menanti adalah pekerjaan yang sangat membosankan bagi sebagian besar orang. Namun demikian, bagi pemazmur, menanti Tuhan adalah satu-satunya pengharapan. Pemazmur menyadari apa yang Tuhan sudah lakukan di masa lalu saat umat membutuhkan pertolongan dan kelepasan. Tuhan membuktikan diri-Nya layak diharapkan. Karena itulah pemazmur selalu menanti dan berharap hanya pada Tuhan saja.

Kejadian 2:4-14
Manusia adalah mahluk hina sekaligus mulia. Hina karena terbuat dari debu tanah, mulia karena ada nafas Allah dan menjadi wakil-Nya. Apa yang diperlukan untuk mendukung kehidupan manusia disediakan Allah. Allah menempatkan manusia pada sebuah taman yang indah dimana ada pohon kehidupan dan pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat. Mari kita pelihara alam dan lingkungan sekitar kita karena mereka pun diciptakan Allah untuk mendukung kehidupan manusia.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

Lukas 8:4-15
Mari kita berefleksi diri: termasuk jenis tanah yang manakah? Yang berbuah atau tidak? Penghalang berbuah yakni: firman yang ditabur diambil Iblis; menerima dengan gembira, namun segera melepasnya saat datang masa pencobaan; mendengar namun tidak berbuah karena terimpit kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup. Kiranya kita termasuk dalam tanah yang berbuah berkali-kali lipat.
~~~~~~
Bacaan besok:
Kejadian 3:8-15
Mazmur 130
2 Korintus 4:13-5:1
Markus 3:20-35