Gemass 5 Febuari 2022

📖 GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~

🗓 Hari 20
Bagian 3: KELUAR DARI TANAH MESIR
Bacaan hari ini: Keluaran 10-12
Ungkapan doa: Mazmur 20
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 20
https://drive.google.com/folderview?id=1aWS6njKSQxEgszJGTZxHLhjI9k2mB0nD

▶ Video #Fakta Alkitab :
Lokasi Tanah Gosyen Saat Ini – JC Channel
https://youtu.be/QiZR_faDum4

🌟 Keluaran 11:9-10 (TB)
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Firaun tidak akan mendengarkan kamu, supaya mujizat-mujizat yang Kubuat bertambah banyak di tanah Mesir.” Musa dan Harun telah melakukan segala mujizat ini di depan Firaun. Tetapi TUHAN mengeraskan hati Firaun, sehingga tidak membiarkan orang Israel pergi dari negerinya.

💡Sikap keras kepala Firaun ini membuahkan banyak tulah yang menyatakan kuasa Allah Israel (Kel. 9:16). Tuhan mengeraskan hati Firaun dengan tujuan ingin menyatakan kemuliaan-Nya dan kebesaran-Nya dengan tanda-tanda serta mujizat-mujizat yang diperbuat-Nya di Mesir, tidak hanya untuk bangsa Israel tetapi juga untuk orang Mesir (Kel. 7:3-5; Kel. 14:4).

🙏 Doa:
Ya Tuhan, jagalah hatiku dengan segala kewaspadaan, agar aku dapat mengenal isi hati-Mu dengan sungguh sekalipun tidak disertai dengan tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang menakjubkan. Amin.
~~~~~
Bacaan besok: Keluaran 13-15
Ungkapan doa: Mazmur 21
~~~~~
📖 GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 SAMUEL

Bacaan hari ini : 1 Samuel 14:24-52
Doa ⇒ Baca ⇒ Renungkan ⇒ Bandingkan ⇒ Doa
~~~~~

BUKAN KARENA TIADA KESEMPATAN

Pemimpin bijaksana mempertimbangkan segala sesuatu dengan kepala dingin dan hati jernih. Ia tidak gegabah memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan nasib orang-orang yang dipimpinnya.

Sikap gegabah Saul terlihat ketika ia didesak oleh musuh-musuhnya. Ia memaksa rakyat mengucapkan sumpah yang berisi kutukan: “terkutuklah orang yang memakan sesuatu sebelum matahari terbenam dan sebelum aku membalas dendam terhadap musuhku” (24). Sikap ini berlawanan dengan akal sehat dan tidak dilakukan dengan mencari petunjuk Tuhan terlebih dahulu. Larangan makan dari raja Saul tidak digubris oleh Yonatan. Sesampai di hutan, Yonatan melihat ada sarang madu dan ia langsung mencedok madu itu dengan tangan serta memakannya
(27). Bagi Yonatan, larangan ayahnya sangat tidak masuk akal. Bagaimana mungkin mengharapkan kemenangan saat stamina pasukan Israel menurun. Setelah makan madu hutan, stamina Yonatan pulih kembali. Jikalau bukan Yonatan yang melanggar perintah ayahnya, Saul, sudah dapat dipastikan bangsa Israel akan mengalami kekalahan besar. Akhirnya, bangsa Israel mendapatkan kemenangan besar karena kepemimpinan Yonatan (28-30).

Yang lebih parah adalah sikap Saul terhadap Yonatan. Tanpa mempertimbangkan keadaan yang sebenarnya, Saul memvonis Yonatan harus mati karena melanggar sumpah dengan memakan madu (44). Kita tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya jika rakyat tidak memberikan dukungan dan membebaskan Yonatan. Saul telah membangun tekad dengan pola pikir yang salah, yaitu dengan sumpah yang berisi kutukan.

Renungkan: Dalam keadaan terdesak, kita bisa salah mengambil sikap dan keputusan. Cara yang benar dalam mengambil keputusan adalah mencari petunjuk firman Tuhan. Tuhan lebih tahu apa yang bakal terjadi kelak dan Ia mampu mengantisipasi-Nya buat kita. Hanya kaca mata iman yang memampukan kita melihat, apa yang Allah sedang dan akan kerjakan di dalam dan melalui diri kita.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Samuel
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 1 Samuel 15:1-16 – Motivasi yang keliru

📖 GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu ke-5 sesudah Epifani
Sabtu, 5 Februari 2022
~~~~~
DIPANGGIL, JANGAN MENOLAK
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 138
Hakim-Hakim 3:7-11
Lukas 4:42-44

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 6 Februari 2022. 

Mazmur 138
Pemazmur sangat menyadari kasih dan  kesetiaan Allah yang telah melakukan segala sesuatu seturut janji-Nya, yang telah menjaganya dalam kesulitan yang dihadapinya. Atas dasar itu pemazmur bersyukur, sujud dan memuji nama Allah. Pemazmur juga menubuatkan, semua raja di muka bumi yang mendengar perkataan Allah akan bersyukur memuji-Nya.
Di saat ini, banyak masalah berat yang menghimpit hidup kita. Mungkin dalam pekerjaan, relasi dalam keluarga, ataupun kebutuhan hidup yang makin sulit terpenuhi?
Mari belajar bersyukur seperti Daud, dengan mengingat kasih setia Tuhan yang nyata dalam hidup kita dan sandarkanlah diri kepada-Nya. Dia pasti memelihara kita. 

▶️ Mazmur 138 – Maria Netta
GKI Nurdin https://youtu.be/JIVUVDmZw-I

Hakim-Hakim 3:7-11
Kembali Tuhan berbelas kasihan kepada bangsa Israel dan membangkitkan Otniel, seorang penyelamat yang diberikan Roh Tuhan sehingga mampu mengalahkan Kusyan – Risyataim.
Umat Tuhan masa kini tidak perlu jatuh bangun karena dosa seperti yang terjadi pada umat Israel, karena Roh Tuhan ada pada setiap orang percaya. Tidak ada alasan bagi kita untuk kalah dan menyerah terhadap godaan dosa. Kita mampu melawannya dengan kuasa Roh Kudus yang ada di dalam setiap kita!

Lukas 4:42-44
Yesus selalu ingat misi utama kedatangan-Nya adalah memberitakan Kabar baik tentang Kerajaan Allah. Begitu juga seharusnya kita semua yang adalah murid-Nya. Jangan sampai kehidupan, pekerjaan dan banyaknya pelayanan membuat kita teralihkan dari misi utama memberitakan Kabar Baik tentang Kerajaan Allah dimana pun Tuhan memanggil kita.

Renungan pelengkap:
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Yesaya 6:1-13
Mazmur 138
1 Korintus 15:1-11
Lukas 5:1-11

SUKU BANGKA
Lokasi : Kepulauan Bangka Belitung
Populasi : 445.000

Doakan :
. Kebutuhan Alkitab berbahasa daerah.
. Kebutuhan terbesar saat ini adalah mengembangkan keterampilan masyarakat Bangka. Salah satu kemungkinannya adalah mengembangkan industri perikanan mereka, yang belum banyak mendapat perhatian.

https://joshuaproject.net/people_groups/10651/ID