Gemass 4 Juni 2022

Sabtu, 4 Juni 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 139
Bagian 8 : NABI-NABI SEBELUM MASA PEMBUANGAN
Bacaan hari ini: Zefanya 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 134
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 139
https://drive.google.com/folderview?id=12jp2R8DgVk26skkejmtHe6a5x0IhOb9e

β–Ά Video Baca Alkitab:
Penjelasan secara umum kitab ZEFANYA – Bible Project Indonesia
thebibleproject.com
Saksikan :
https://youtu.be/6c_zrjO6Vio

🌟 Zefanya 1:14 (TB)
Sudah dekat hari TUHAN yang hebat itu, sudah dekat dan datang dengan cepat sekali! Dengar, hari TUHAN pahit, pahlawan pun akan menangis.

πŸ’‘Tuhan tidak pernah terlalu cepat ataupun terlalu lambat untuk bertindak, baik untuk menghakimi umat-Nya yang berbuat jahat maupun menolong umat-Nya yang benar dan taat. Allah selalu bertindak menurut jadwal-Nya sendiri, yaitu “hari Tuhan” dimana Dia akan melaksanakan semua rencana-Nya.

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan, persiapkanlah diriku menyongsong “hari Tuhan” yang kelak akan datang, dengan mencari Tuhan dalam kesetiaan dan kerendahan hati. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : Ayub 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 135

SUKU KERINCI
Lokasi : Jambi
Populasi : 291.000

Doakan : Kebutuhan kualitas teknologi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian dan hutan hujan. Pengembangan potensi pariwisata di sekitar Danau Kerinci.

https://joshuaproject.net/people_groups/12640/ID

Sabtu, 4 Juni 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 2 Raja-Raja 11:1-20
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

RENCANAMU, BUKAN RENCANA-KU

Arah penulisan nas ini bergeser, yakni dari kisah keluarga Ahab menjadi cerita keluarga Ahazia. Berbeda dengan keluarga Ahab yang mengalami penghukuman Allah, maka dalam keluarga Ahazia rencana Tuhan justru dinyatakan.

Kisah pada nas ini masih berkaitan dengan pembunuhan raja Ahab dan raja Ahazia oleh Yehu (2 Raj. 9:27). Kematian raja Ahazia menyebabkan Atalya (cucu Omri, anak Ahab seorang penyembah berhala), ingin memerintah kerajaan Yehuda (11:1). Demi ambisinya ini, ia pun tak segan-segan menghabisi semua keturunan raja Ahazia. Pembunuhan mereka dilakukan sebagai upayanya untuk berkuasa penuh.

Manusia boleh berecana, Tuhan yang menentukan. Itulah yang terjadi pada Atalya. Rencana jahatnya memang berhasil dilakukan, namun Allah memegang kendali. RencanaNya bagi hidup Yoas tidak dapat dibendung oleh Atalya. Yoas pun terhindar dari pembunuhan (2). Selama enam tahun pemerintahan Atalya, kerajaan Yehuda menyembah berhala. Akan tetapi, selama itu Allah melindungi dan memelihara melalui imam Yoyada (4-12). Tindakan Yoyada ini bukan saja mengadakan pembaruan dalam bidang politik (13-16), tetapi juga membawa perubahan bidang rohani kerajaan Yehuda, yakni dari pemujaan Baal beralih pada penyembahan Allah Israel (12,17-20).

Banyak orang Kristen yang mempertanyakan pertolongan Tuhan ketika kesulitan datang. Pada saat seperti itu, kita mudah lupa bahwa rencana Tuhan bukan rencana kita. Yoas menunggu enam tahun sebelum dinobatkan menjadi raja dan membawa umat Yehuda berbalik kepada Tuhan. Bagaimana dengan kita? Akankah kita tetap percaya bahwa rencana Tuhan terbaik dan terindah, meski harus menunggu waktu-Nya?

Renungkan: Rencana Tuhan tidak pernah terlambat bagiku. Kehendak-Nya untuk hidupku tidak terhalangi oleh sikap manusia.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 2 Raja-Raja 11:21-12:21 – Ikut Tuhan Sampai Akhir Hidup

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah VII
Sabtu, 4 Juni 2022
~~~~~
ROH KEBENARAN, ROH PEMERSATU
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 104:24-35
2Raja-raja 2:1-15
Lukas 1:5-17

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini, mempersiapkan kita untuk bacaan pada hari Minggu, 5 Juni 2022

Mazmur 104:24-35
Jiwa manusia tak bisa berhenti memuji Tuhan. Dia yang telah melakukan begitu banyak hal yang mengagumkan di bumi ini. Semua telah diciptakanNya dengan hikmat sehingga semuanya begitu sempurna. Semua makhluk hidup bergantung pada-Nya dan semua manusia takut bila Tuhan meninggalkannya. Tuhan yang telah mengirimkan roh-Nya, sehingga manusia tercipta, dan Tuhan membaharui muka bumi. Begitulah kemuliaan TUHAN terus selama-lamanya dan kiranya TUHAN senang atas ciptaan-Nya.
Marilah kita terus menyanyikan pujian bagi TUHAN selama kita hidup. Nyatakan bahwa Dialah satu-satunya yang membuat kita berbahagia. Kiranya semua manusia berdosa diampuni dan kejahatan lenyap selamanya.

▢️ Mazmur104:24-35 | Christine Sinaga
YKB GKI TV
https://youtu.be/BOILeFs0R80

2Raja-raja 2:1-15
Rencana Tuhan tentang menaikkan Elia ke sorga bukanlah suatu rahasia. Elia, Elisa dan para nabi di Betel maupun di Yerikho mengetahui hal ini. Elisa yang telah lama mengikuti Elia tetap berkeras ingin mengikutinya ke Betel dan Yerikho walau Elia sudah memintanya untuk tinggal. Elisa tidak ingin kehilangan kesempatan untuk mendapatkan berkat sebelum dia berpisah dari Elia. Dan Elisa akhirnya mendapatkan yang diharapkannya itu yaitu dua bagian dari roh Elia yang merupakan kuasa Tuhan yang ada dalam diri Elia.
Kenaikan Kristus merupakan kesempatan bagi para murid untuk menerima Roh Kudus yang dijanjikan-Nya. Roh yang memampukan mereka melanjutkan rencana keselamatan dunia. Begitu juga dengan kita orang percaya, Roh Kudus saat ini tinggal di dalam diri kita agar kita semua dimampukan menjadi saksi Kristus bagi dunia.

Lukas 1:5-17
Penulis Injil Lukas membuat catatan yang rinci tentang Yohanes Pembaptis yang merupakan pembuka jalan dan pendahulu dari kedatangan Kristus. Hal ini disampaikan agar pembaca saat ini mengetahui asal usul dan kehidupan awal Kristus dan juga ada begitu banyak hal-hal yang ajaib dan menjadi pertanda bagi apa yang di kemudian hari terbukti benar yang berawal dari dikandungnya Yohanes Pembaptis oleh Elisabet seorang wanita mandul, dimana ia dan suaminya sudah lanjut umur. Kehadiran Yohanes Pembaptis merupakan jawaban doa yang telah dengan sungguh-sungguh mereka panjatkan. Dinubuatkan bahwa Yohanes penuh dengan Roh Kudus sejak dari rahim ibunya dan kelak melakukan tugas mulia mempersiapkan umat bagi kedatangan pertama Tuhan Yesus.
Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita mendoakan dengan sungguh-sungguh untuk anak-anak kita agar kiranya mereka dipenuhi kuasa Roh Kudus untuk mempersiapkan dunia bagi kedatangan Tuhan Yesus kembali?

Renungan pelengkap:
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

https://youtu.be/DbrbnuIl1QY
~~~~~
Bacaan besok:
Kejadian 11:1-9
Mazmur 104:24-35
Kisah Para Rasul 2:1-21
Yohanes 14:8-17