Gemass 4 Juni 2021

πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~
πŸ—“ Hari 138
Bagian 8 : NABI-NABI SEBELUM MASA PEMBUANGAN
Bacaan hari ini: Habakuk 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 133
~~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 138
https://drive.google.com/folderview?id=12jaz_R18PsNo-hZ6BH3Fd3OSgZGMDjOm

β–Ά Video Baca Alkitab:
Penjelasan secara umum kitab HABAKUK – Bible Project Indonesia
thebibleproject.com
Saksikan :

🌟 Habakuk 3:17-18
Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang- ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lempu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku..

πŸ’‘ Sekalipun berada dalam kekurangan, mari kita tetap bersyukur dan bersukacita di dalam Tuhan, sebab bersama Allah, hidup kita akan dipuaskan dan dicukupkan.

πŸ™ Doa:
Bapa di Surga, di saat pandemi ini ajar saya untuk tetap bersyukur, sekalipun dalam kekurangan, sebab bersama Engkau, saya akan berkecukupan. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.
~~~~~~
Bacaan besok : Zefanya 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 134
~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB ULANGAN

Bacaan hari ini : Ulangan 34:1-12
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~

LUKISAN HIDUP

Perikop ini berbicara tentang kematian Musa. Mungkin kita pernah mendengar pepatah yaitu β€œGajah mati meninggalkan gading. Harimau mati meninggalkan belang. Manusia mati meninggalkan hutang”. Bagaimana dengan Musa? Kenangan dan pengaruh macam apa yang ia tinggalkan sesudah kematiannya?

Tuhan tidak mengizinkan Musa memasuki tanah perjanjian karena ia gagal mempercayai Tuhan (Bil. 20:12). Tuhan masih mengizinkan Musa naik ke atas gunung Nebo dan melihat negeri perjanjian itu (1-4). Musa mati dalam keadaan mata yang belum kabur dan kekuatan yang belum hilang (5-8). Ia meninggal dalam usia 120 tahun. Bangsa Israel berkabung atas kematiannya selama 30 hari. Ini adalah peringatan kematian yang panjang, karena biasanya hanya selama 7 hari. Hal ini membuktikan bahwa Musa adalah seorang nabi Tuhan yang agung yang pernah hidup di Israel. Namun demikian, sekaligus kita diingatkan bahwa bukan Musa dan Taurat dapat membawa orang masuk ke dalam perhentian kekal. Hanya sang Pemimpin hidup sejati, sang Hidup itu sendiri yang dapat menuntun kita masuk ke tanah perjanjian kekal. Ialah Yesus Kristus, dan Injil-Nya yang berkuasa mengubah hidup. Hidup Musa seperti goresan di atas kanvas yang menghasilkan sebuah lukisan indah. Dari penggembala domba Allah menjadikannya pemimpin umat dan penyampai perjanjian dan hukum Allah. Semua yang ia sampaikan tentang kepemilikan Allah atas Israel bukan teori, tetapi penghayatan hidupnya sendiri. Tidak inginkah kita juga menjadi manifestasi kebenaran dan kemuliaan-Nya dalam tiap goresan hidup kita hari lepas hari?

Hidup kita bagaikan lukisan, musik, karya seni indah yang berpotensi mempengaruhi banyak orang dan kelak memainkan peran dalam liturgi yang memuliakan Allah. Firman dan Roh- Nya akan membentuk kita kepada kualitas hidup demikian.

Tekadku: Aku rindu hidupku menjadi lukisan karya Allah yang indah, supaya melalui
hidupku orang menemukan Allah.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab Ulangan
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~
Bacaan besok : Yosua 1:1-18 – Rencana Allah Melibatkan Anda
Puji Tuhan!!!
Jumat, 4 Juni 2021 kita selesai membaca dan menggali lebih dalam : KITAB ULANGAN.
Bagi yang sudah selesai Kitab Bilangan, Ulangan mendapatkan:
Reward πŸ…2

Sabtu, 5 Juni 2021 kita mulai :
GEMASSplus SH KITAB YOSUA
~~~~~~ πŸ…

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun B
Minggu Trinitas
Jumat, 4 Juni 2021
~~~~~~
KITA ADALAH SAUDARA

Bacaan hari ini:
Mazmur 130
Ulangan 1:34-40
2 Korintus 5:1-5
~~~~~~
Bacaan hari ini, membantu mempersiapkan kita untuk bacaan pada hari Minggu, 6 Juni 2021.

Mazmur 130
Menanti adalah pekerjaan yang sangat membosankan bagi sebagian besar orang. Namun demikian, bagi pemazmur, menanti Tuhan adalah satu-satunya pengharapan. Pemazmur menyadari apa yang Tuhan sudah lakukan di masa lalu saat umat membutuhkan pertolongan dan kelepasan. Tuhan membuktikan diri-Nya layak diharapkan. Karena itulah pemazmur selalu menanti dan berharap hanya pada Tuhan saja.

http://www.juswantori.com/mzm-100-150/121-130/mazmur-130.html

Ulangan 1:34-40
Tuhan menetapkan bahwa umat yang memberontak selama perjalanan di padang gurun akan mati dan tidak diijinkan memasuki Kanaan, termasuk Musa. Hanya anak-anak yang lahir di padang gurun, Yosua dan Kaleb berserta keluarga mereka. Musa mendapat tugas untuk mempersiapkan Yosua sebagai penggantinya. Mari terus peka terhadap setiap peringatan Tuhan.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

2 Korintus 5:1-5
Hidup di dunia ini hanya sementara saja. Hidup sekarang ini mempersiapkan kita untuk hidup dalam kekekalan bersama Allah. Tubuh kita akan mengalami transformasi. Alam sekitar juga akan mengalami transformasi. Roh Kudus menjamin bahwa kita akan mengalami transofmasi tersebut. Mari ijinkan Roh Kudus memimpin hidup kita selalu.
~~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 130
Kejadian 2:4-14
Lukas 8:4-15