Gemass 31 Agustus 2022

Rabu, 31 Agustus 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 227
Bagian 13 : CERITA SEJAUH INI
Bacaan hari ini: 2 Tawarikh 5-8
Ungkapan doa: Mazmur 72
~~~~~

8 hari lagi kita menyelesaikan pembacaan Alkitab Perjanjian Lama.
Ayo, makin semangat!!!

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 227
https://drive.google.com/folderview?id=1ThLZwOSdWxTHcmaWgzS8_tSZDcE3Fgj5

🌟 2 Tawarikh 7:19-20 (TB)
Tetapi jika kamu ini berbalik dan meninggalkan segala ketetapan dan perintah-Ku yang telah Kuberikan kepadamu, dan pergi beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepadanya, maka Aku akan mencabut kamu dari tanah-Ku yang telah Kuberikan kepadamu, dan rumah ini yang telah Kukuduskan bagi nama-Ku, akan Kubuang dari hadapan-Ku, dan akan Kujadikan kiasan dan sindiran di antara segala bangsa.

πŸ’‘ Setelah pentahbisan Bait Suci di Yerusalem yang dibangun Salomo, Tuhan menampakkan diri dan berpesan kepada Salomo bahwa IA tidak akan segan membuang rumah Allah itu, jikalau Salomo berbalik setia dari TUHAN kepada allah lain.
Pada masa sekarang ini, TUHAN tidak tinggal dalam kuil buatan manusia (Kis 17:24), sebab Bait Allah yang sejati adalah tubuh dan kehidupan seorang murid Kristus (1 Kor 6:19).

πŸ™ Doa:
TUHAN, aku mau berusaha hidup kudus di hadapan-Mu, karena hidupku bukan milikku sendiri, melainkan Kristus yang tinggal di dalam aku.
~~~~~
Bacaan besok : 2 Tawarikh 9-12
Ungkapan doa : Mazmur 73
 Rabu, 31 Agustus 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB MAZMUR JILID III (73-89)

Bacaan hari ini : Mazmur 86
Doa => Baca => Renungkan =>
Bandingkan => Doa
~~~~~

DEKAT DENGAN ALLAH

John Piper dalam salah satu artikelnya pernah berkata bahwa penderitaan memiliki berbagai macam tujuan, salah satunya adalah untuk membuat kita lebih mengenal dan dekat pada Allah.

Demikian pula pemazmur memahami makna penderitaan yang ia alami dalam teks hari ini. Mazmur 86 adalah gambaran dari relasi yang intim dengan Allah di tengah penderitaan. Keakraban pemazmur tampak dari cara ia menyebut Allah sebagai Tuhan (Adonai). Kata ini merupakan sebuah pengakuan akan kedaulatan Allah atas hidupnya. Ia adalah milik Allah. Sebab itu, ia menyerahkan semua pergumulan hidupnya kepada Tuhan. Sekalipun musuh dengan angkuh berupaya membinasakan dirinya (14,17). Namun, pemazmur yakin akan siapa pemilik hidupnya. Ia mengenal karakter Allahnya (5,10,13). Karena itu, ia percaya bahwa pertolongan dari Allah akan datang baginya.

Bahkan bila dicermati lebih dalam, doa pemazmur justru lebih banyak menyatakan pengakuannya akan siapa diri Allah daripada ungkapan penderitaan yang ia alami. Ia mengenal Tuhan sebagai Allah yang sejati dan satu-satunya (8-10). Ia esa dan berdaulat, penuh kasih sayang kepada umat-Nya (15). Lewat pengenalan inilah, pemazmur dimampukan untuk bersyukur di tengah segala kondisi yang sedang ia alami (12-13).

Bersyukur di tengah kondisi sulit, jelas bukan hal yang mudah. Namun, pengenalan dengan Allah yang terbentuk akibat adanya relasi yang intim dengan Dia, memampukan semuanya itu. Bagaimana cara kita dapat berelasi intim dengan Allah? Salah satunya adalah melalui membaca serta merenungkan firman-Nya dengan tekun dan sungguh-sungguh. Keintiman kita juga dapat dibina lewat doa yang tulus dan terbuka kepada-Nya. Seperti relasi suami dan istri, semakin lama dan semakin sering berkomunikasi maka akan semakin mengenal. Demikian pula kita dengan Allah.

Renungkan: Maukah kita mendisiplin diri untuk berelasi dengan Allah melalui doa dan pembacaan firman tiap harinya?

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab Mazmur (psl. 73-89)
https://www.su-indonesia.org

β–Ά Video Pelengkap Bacaan:
Bulatkan Tekad untuk Taat! (Mazmur 86) – Petrus Kwik | Bible Every Day

~~~~~
Bacaan besok: Mazmur 87 – Sion, Kota bagi Bangsa-bangsa
πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu biasa – 11
Rabu, 31 Agustus 2022
~~~~~
TERUS BELAJAR BERJALAN BERSAMA
SEBAGAI GEREJA
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 119:65-72
Yesaya 57:14-21
Lukas 14:15-24

Tersedia dalam apps GKI Layur
Https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 28 Agustus 2022.

Mazmur 119:65-72
Tuhan seringkali mengijinkan penderitaan atau kesusahan yang mendera sebagai alat untuk mempertobatkan hati manusia, agar kembali serta tidak hidup jauh dari Tuhan.
Melalui penderitaan, manusia kerap menyadari kemampuan dirinya yang rapuh, membuka hati dan menenangkan diri mencari keteduhan bersama Tuhan (ay. 67). Semoga kita belajar menghargai waktu atau kesempatan yang Tuhan berikan.

Yesaya 57:14-21
Akan tiba saatnya ketika manusia dengan sungguh-sungguh bertobat maka Tuhan akan melapangkan jalan pertobatan baginya. Tuhan mau membebaskan rintangan dan hambatan yang menghalangi pertobatan itu seturut dengan kasih setia dan anugerahNya. Keberadaan saudara-saudara seiman dapat saling menguatkan di dalam proses seseorang menuju pertobatannya. Inilah salah satu bentuk kepedulian Tuhan mengulurkan pertolonganNya.

Lukas 14:15-24
Undangan pertobatan kepada semua orang agar menerima anugerah melalui Juruselamat. Allah telah memberikan kesempatan melalui pekabaran Injil untuk mengetahui keselamatan ini dan Roh Kudus yang mengajar mengenalkan keselamatan kepada semua orang. Marilah kita menerima dan meneruskan undangan Tuhan sehingga banyak orang yang dapat menerima keselamatan yang Allah berikan. Selagi kesempatan ada.

Renungan pelengkap:
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat


~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 1