Gemass 30 April 2022

Sabtu, 30 April 2022
~~~~~
📖 GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
🗓 Hari 104
Bagian 7 : KEBANGKITAN DAN KEJATUHAN BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: 2 Raja-raja 12-14
Ungkapan doa : Mazmur 104
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 104
https://drive.google.com/folderview?id=10OmKh2LR8d-LDli-LzL12CAonmXs-EU3

🌟 2 Raja-raja 13:4 (TB)
Tetapi kemudian Yoahas memohon belas kasihan TUHAN, dan TUHAN mendengarkan dia, sebab Ia telah melihat, bagaimana beratnya orang Israel ditindas oleh raja Aram.

💡 Raja Yoahas memohon belas kasihan Tuhan karena beratnya penindasan Hazael, raja Aram. Hazael benar-benar menghancurkan Israel dengan kekejaman yang sangat berat. Karena kekejaman itulah Tuhan berbalik memberikan belas kasihan kepada Israel. Demikian juga kita semua. Kita saat ini tidak sedang berperang melawan raja Hazael, tetapi kita semua sedang berperang melawan godaan dosa. Biarlah kita belajar untuk senantiasa memohon belas kasihan Tuhan untuk menolong kita menang atas dosa.

🙏 Doa:
Ya Tuhan, aku sadar seringkali gagal untuk berjuang meninggalkan dosa dan hidup benar bagi-Mu. Ampunilah aku, ya Tuhan dan berikanlah belas kasihan-Mu seturut kehendak-Mu. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : 2 Raja-raja 15-17
Ungkapan doa : Mazmur 105

SUKU GANE
Lokasi : Maluku Utara
Populasi : 5100

Doakan :
. Alkitab berbahasa suku.
. Keterbukaan akan pembangunan.

https://joshuaproject.net/people_groups/11816/ID

Sabtu, 30 April 2022
~~~~~
📖 GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 1 Raja-Raja 12:25-13:10
Doa ⇒ Baca ⇒ Renungkan ⇒ Bandingkan ⇒ Doa
~~~~~

PENYALAHGUNAAN WEWENANG

Pada zaman ini banyak orang menyalahgunakan wewenang yang ada padanya untuk kepentingan pribadi, kroni, dan kelompoknya. Caranya bermacam-macam, namun yang mengerikan adalah ketika mereka menggunakan agama, tradisi, dan kebudayaan untuk mencapai tujuan mereka yang salah.

Yerobeam sudah berhasil selangkah mewujudkan yang Tuhan janjikan kepadanya. Ia menjadi raja atas sepuluh suku Israel, dan Tuhan melindunginya dari serangan Rehabeam dan pasukannya. Seharusnya Yerobeam menggunakan kesempatan ini untuk menyatukan suku-suku Israel agar mereka setia kepada Tuhan dan agar kerajaannya diberkati Tuhan.

Sayang sekali, Yerobeam hanya memikirkan diri sendiri, bukan kepentingan suku Israel, apalagi kemuliaan Tuhan. Ia tahu bahwa kesetiaan sepuluh suku Israel kepadanya belum teguh. Ia sadar bahwa mereka hanya tahu tempat beribadah kepada TUHAn adalah Bait Allah di Yerusalem. Kalau mereka secara rutin pergi ke Yerusalem (menurut Taurat tiga kali dalam setahun), maka pada akhirnya mereka akan kembali mengabdi kepada Rehabeam (12:26-27). Karena Yerobeam tidak ingin kehilangan takhta kerajaan, maka ia membangun berhala berbentuk lembu emas yang diakuinya sebagai TUHAN Israel di kota-kota perbatasan kerajaan Israel agar rakyat yang dipimpinnya tidak usah ke Yerusalem (28-29). Ia menciptakan agama politik. Allah melalui hamba-Nya menegur dan menghukum Yerobeam (13:1-10), sebab Yerobeam menyalahgunakan wewenangnya dan menyebabkan sepuluh suku Israel menyembah berhala.

Kekuasaan dan kemampuan mengendalikan diri sendiri adalah penting dalam kepemimpinan apa pun. Keduanya harus ditundukkan kepada kebenaran Allah bila tidak ingin terjerumus menjadi manipulasi dan lepas kendali.

Tekadku: Aku mau setia melayani Engkau, ya Tuhan. Tolong agar aku menjadi pemimpin yang peduli kepentingan orang lain, bukan kepentinganku sendiri.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 1 Raja-Raja 13:11-34 – Allah memakai hamba-Nya sampai tuntas

💠 BGA
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
BACA GALI ALKITAB 3

1 RAJA-RAJA 12:25-33
Saat ini banyak orang cenderung menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan yang ia inginkan, seperti: merampok, membunuh, korupsi, manipulasi (= berbuat curang), dan penipuan. Biasanya makin tinggi tingkat pengetahuan seseorang, cara yang digunakan semakin canggih. Misalnya, dalam usaha dagang: memakai ajaran tertentu dalam agama untuk menghancurkan produk dari pesaing; dalam politik memanfaatkan keadaan sosial/kebijaksanaan politik untuk memperoleh dukungan kelompok masyarakat demi mencapai tujuan tertentu.

💠 Apa saja yang Anda baca?
1. Apa yang dilakukan oleh Yerobeam untuk memperkuat kerajaannya (25)?
2. Apa yang dikhawatirkan oleh Yerobeam? Masalah apa? Masalah agama atau masalah politik? Mengapa ia mengkhawatirkan hal itu (26-27)? Apa yang dilakukan oleh Yerobeam untuk membereskan masalah itu (28-29; 31-33)?
3. Perhatikan kota-kota yang dipakainya untuk membereskan masalah itu. Kota Dan terletak paling utara dari kerajaan Israel. Kota Betel terletak di selatan, dekat perbatasan dengan kerajaan Yehuda. Apa pentingnya letak kota-kota itu bagi tujuan Yerobeam?
4. Apa akibat dari upaya Yerobeam memperkuat kerajaannya ini (30)? Menurut Anda apakah pengaruh jangka panjang yang akan dialami oleh Yerobeam maupun rakyatnya?
5. Adakah gejala manipulasi seperti ini di sekitar Anda? Bagaimana sikap Anda sebagai orang Kristen terhadap hal itu?

💠 Apa pesan yang Allah sampaikan kepada Anda?
1. Siapakah pemberi kekuasaan dan untuk apa?

💠 Apa respon Anda?
1. Bagaimana caranya manusia dapat mengendalikan kekuasaan yang dimilikinya secara bertanggung jawab?

POKOK DOA :
Agar pemimpin, penatua, dan aktivis gereja menyadari bahwa kekuasaan yang kita miliki adalah milik Tuhan semata.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org

📖 GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah III
Sabtu, 30 April 2022
~~~~~
KERAMAHAN YANG MENGGEMBALAKAN
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 30
Kejadian 18:1-8
Lukas 14:12-14

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 1 Mei 2022.    

Mazmur 30
Pemazmur mengajak umat untuk memuji dan bersyukur kepada Allah karena pertolonganNya nyata. Allah telah melepaskan umat dari pergumulan yang berat dan dahsyat seperti orang mati yang telah dihidupkan kembali. Allah pun juga rela mengampuni dosa umat. Karena itu Allah layak dipuji sepanjang hidup kita. Mari ingat terus kebaikan Tuhan supaya kita dimampukan untuk terus memuji dan bersyukur kepadaNya karena segala anugerahNya bagi kita.
 
▶️ Mazmur 30 – Velin Zalukhu
GKI Buaran https://youtu.be/wThzaJwbQ10

Kejadian 18:1-8
Di dalam perikop ini kita melihat gambaran dari Abraham yang sangat ramah. cekatan, dan murah hati terhadap tamu istimewa. Ia menjamu dengan sepenuh hati : mengolah roti terbaik, menyembelih ternak terbaik, dan menyajikan daging. susu, keju serta berdiri siap melayani semua permintaan. Tidak heran jika Abraham berkenan di hati Allah karena memang hatinya selalu mengutamakan Allah dalam setiap langkahnya. Bagaimana dengan kita?

Lukas 14:12-14
Yesus mengajarkan murid-Nya bahwa berbuat baik kepada sesama bukan untuk pamer atau mendapatkan pujian / balasan dari sesama melainkan untuk menyenangkan hati Tuhan. Pemberian kepada sesama akan mendatangkan berkat dari Allah jika dilakukan dengan motivasi yang benar. Mari periksa diri setiap kita hendak memberi apakah untuk kemuliaan Allah atau untuk kemuliaan diri?

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Kisah Para Rasul 9:1-20
Mazmur 30
Wahyu 5:11-14
Yohanes 21:1-19