Gemass 3 Maret 2021

📖 GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
🗓 Hari 45
Bagian 5: PADANG GURUN
Bacaan hari ini: Bilangan 17-18
Ungkapan doa: Mazmur 45
~~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 45
https://drive.google.com/folderview?id=1JbVPAGKR_aAQ4fDpDSDB3h11zWswg4cE

🌟 Bilangan 18:26 (TB)
“Lagi haruslah engkau berbicara kepada orang Lewi dan berkata kepada mereka: Apabila kamu menerima dari pihak orang Israel persembahan persepuluhan yang Kuberikan kepadamu dari pihak mereka sebagai milik pusakamu, maka haruslah kamu mempersembahkan sebagian dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN, yakni persembahan persepuluhanmu dari persembahan persepuluhan itu,

💡 Suku Lewi tidak bekerja, karena dikhususkan Allah untuk melayani Tuhan di Kemah Suci. Oleh karena itu biaya hidup mereka dicukupi oleh 11 suku yg lain, yang masing-masing suku memberi persembahan persepuluhan. Namun suku Lewi pun wajib memberikan persembahan persepuluhan dari persepuluhan yang didapatkan dari 11 suku.

🙏 Doa:
Allah yang adil. Ajarlah aku membagi berkat dan memberi, karena aku sudah diberi. Seperti ada tertulis: orang yang mengumpulkan banyak tidak kelebihan, dan orang yang mengumpulkan sedikit, tidak kekurangan. Amin.

~~~~~~
Bacaan besok: Bilangan 19-21
Ungkapan doa: Mazmur 46

~~~~~~
📖 GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB BILANGAN

Bacaan hari ini : Bilangan 16:1-22
Doa ⇒ Baca ⇒ Renungkan ⇒ Bandingkan ⇒ Doa
~~~~~~

PEMBERONTAKAN TERHADAP ALLAH

Pemberontakan yang dipimpin oleh Korah, Datan dan Abiram terhadap kepemimpinan Musa sangat jahat di mata Tuhan. Ada dua motif utama di baliknya.

Alasan pemberontakan Korah dan 250 pemimpin umat terdengar begitu rohani. Mereka menilai Musa telah “meninggikan diri di atas jemaat Tuhan” (3). Padahal, mereka iri hati. Korah tergolong bani Kehat, yang merupakan golongan tersendiri di antara bani Lewi. Ia memegang jabatan pengurus perabot Kemah Pertemuan (Bil. 4:1-20). Namun, ia tidak puas dengan kedudukan itu. Ia ingin menduduki jabatan imam seperti Harun (Bil. 16:10). Padahal, baik Musa maupun Harun, menjadi pemimpin umat bukan atas kemauan sendiri, melainkan Tuhan yang memilih dan mengangkat mereka. (5, 7). Jadi pemberontakan Korah dan sekutunya terhadap kepemimpinan Musa dan Harun, pada hakikatnya merupakan pemberontakan terhadap Tuhan sendiri (11).

Sedangkan pemberontakan Datan dan Abiram disebabkan kekecewaan terhadap kepemimpinan Musa. Mereka menilai Musa menipu mereka karena ia tidak membawa mereka ke “negeri yang berlimpah susu dan madu” dan tidak memberikan “ladang dan kebun anggur sebagai milik pusaka” kepada mereka. Musa membawa mereka keluar dari “negeri yang berlimpah susu dan madu” supaya mereka binasa di padang gurun (13-14). Jelas ini tidak benar! Bukan Musa yang menyebabkan mereka sengsara di padang gurun. Itu karena dosa mereka sendiri. Lagi pula dengan menganggap Mesir sebagai “negeri yang berlimpah susu dan madu” berarti mereka menghina Allah yang membebaskan dan memerdekakan mereka.

Renungkan: Memandang segala sesuatu berdasarkan kepentingan diri sendiri, seperti yang dilakukan Korah, Datan dan Abiram, terbukti tidak selalu benar. Sebab, iri hati dan membenarkan diri bisa membawa diri pada kehancuran. Marilah kita belajar melihat segala sesuatu dari sudut padang Allah. Untuk itu, kita perlu mempelajari firman-Nya.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab Bilangan
https://www.su-indonesia.org

~~~~~~
Bacaan besok : Bilangan 16:23-50 – Siapa yang Dipilih Tuhan?

📖 GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun B
Prapaskah II
Rabu, 3 Maret 2021
~~~~~~
HARGA MENGIKUT YESUS

Bacaan hari ini:
Mazmur 105:1-11, 37-45
Yeremia 30:12-22
Yohanes 12:36-43
~~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 28 Februari 2021

Mazmur 105:1-11, 37-45
Pemazmur mengajak umat untuk memuji dan meninggikan Tuhan karena perbuatan dan karya Tuhan yang luar biasa untuk menyelamatkan dan memelihara Israel dari sejak nenek moyang sampai mereka tiba di Mesir dan berjalan di padang gurun menuju Tanah Kanaan serta tinggal di Kanaan. Semua dilakukan Tuhan karena kasih-Nya dan perjanjian-Nya dengan Abraham, Ishak, dan Yakub. Mari memuji dan meninggikan Tuhan melalui keseharian kita sehingga sesama kita terdorong untuk mengenal dan menyembah-Nya.

Yeremia 30:12-22
Tuhan menghukum dan mendisiplin Yehuda karena kesalahan dan ketegartengkukan yang menolak peringatan para nabi. Karena itu tidak ada yang dapat memulihkan mereka kecuali Tuhan sendiri. Mereka menjadi tawanan dan buangan. Namun, bangsa yang menawan mereka akan mendapatkan balasan setimpal dari Tuhan. Tuhan juga yang akan memulihkan mereka dengan tuntas seperti sedia kala. Mereka akan kembali menjadi umat Allah dan Allah akan menjadi Allah mereka. Memilih bersandar dan tunduk pada pendisiplinan dan pemulihan dari Tuhan adalah pilihan terbaik kita.

Yohanes 12:36-43
Para pendengar khotbah Yesus terbagi menjadi dua tipe. Tipe pertama, menolak dan tidak percaya karena memang mereka telah dibutakan dan didegilkan. Tipe kedua, menerima namun tidak dengan terus-terang karena takut dikucilkan orang Yahudi. Tipe kedua ini lebih memilih kehormatan manusia daripada kehormatan dari Allah. Mari periksa diri: tipe manakah kita dan manakah yang lebih kita hidupi: dihormati Allah atau dihormati manusia?

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

~~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 19
Keluaran19:1-9
1 Petrus 2:4-10