Gemass 3 Febuari 2022

~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~

πŸ—“ Hari 18
Bagian 3: KELUAR DARI TANAH MESIR
Bacaan hari ini: Keluaran 4-6
Ungkapan doa: Mazmur 18
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 18
https://drive.google.com/folderview?id=1NyZZB7Galzlxvi_USNVh5cjf_QFwWq_m

β–Ά Video Serial Animasi Kitab Taurat : KELUARAN 1-18 – Bible Project Indonesia
https://youtu.be/uWnj3fGpDGc

🌟 Keluaran 6:11
Tetapi Musa berkata di hadapan TUHAN: “Orang Israel sendiri tidak mendengarkan aku, bagaimanakah mungkin Firaun akan mendengarkan aku, aku seorang yang tidak petah lidahnya!”

πŸ’‘ Jika Musa terus merasa tidak ada lagi dalam dirinya yang bisa dipakai membawa umat Tuhan keluar dari perbudakan Mesir, ia tidak akan pernah mengalami hal-hal besar yang sudah direncanakan Tuhan bagi dirinya. Namun akhirnya Musa bersedia patuh terhadap panggilan Tuhan.  Musa tidak fasih bicara tapi dia memiliki tongkat, tangan, mulut dan saudara yaitu Harun yang diutus Tuhan mendampinginya. Sekalipun merasa tidak mampu, Tuhan sanggup menjadikan yang tak mungkin menjadi mungkin asalkan kita taat dan setia kepada-Nya.

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan, Engkau sungguh luar biasa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu. Ajar saya untuk terus taat dan setia akan setiap panggilan-Mu. Amin.
~~~~~
Bacaan besok: Keluaran 7-9
Ungkapan doa: Mazmur 19

~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 SAMUEL

Bacaan hari ini : 1 Samuel 13:1-22
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

TAAT MUTLAK

Ketaatan kepada Tuhan sifatnya mutlak karena Dialah Raja sejati yang berdaulat penuh atas hidup umat manusia. Namun Saul yang adalah raja pilihan bangsa Israel, pada akhirnya gagal untuk taat mutlak kepada Tuhan.

Sebagai raja Israel yang sudah memerintah selama dua tahun (1), Saul memiliki kuasa, pasukan, serta dukungan dari umat Israel. Ketika pasukan Israel berada dalam keadaan terdesak oleh pasukan Filistin, Saul tidak sabar menunggu kedatangan Samuel untuk meminta pertolongan Tuhan. Ia memberanikan diri mengambil alih tugas Samuel untuk mempersembahkan kurban bakaran kepada Tuhan. Ia mengetahui bahwa tindakannya merupakan pelanggaran terhadap firman Tuhan. Sebab di Gilgal, tempat ia diangkat menjadi raja Israel, Samuel telah menyampaikan firman Tuhan agar raja dan rakyat Israel hidup takut akan Tuhan (1Sam. 12:20-25).

Alasan Saul tidak menaati firman Tuhan serupa dengan alasan yang sering kita pakai. Pertama, terdesak oleh keadaan karena pasukan Filistin menjepit mereka. Kita sering melanggar firman Tuhan karena kondisi mendesak, takut menghadapi kesulitan hidup, dan sebagainya. Kedua, ingin pertolongan dan jawaban instan dari Tuhan. Seperti Saul tidak sabar menunggu Samuel, kita juga tidak sabar menunggu jawaban Tuhan apabila sedang menggumuli sesuatu. Kita ingin secepat mungkin menyelesaikan masalah tanpa peduli kalau hal itu melanggar firman Tuhan.

Akibatnya, Saul ditolak Tuhan dan kerajaannya tidak akan kokoh (14), bukan karena kalah berperang dengan Filistin, melainkan karena tidak taat kepada firman Tuhan. Kita harus belajar taat mutlak kepada Tuhan dengan tidak mencari-cari alasan.

Renungkan: Kegagalan kita bukan karena serangan dari luar, melainkan karena sikap hati yang tidak sepenuhnya tunduk pada rancangan dan kehendak Tuhan.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Samuel
https://www.su-indonesia.org

β–Ά Video Pelengkap Bacaan:
Akibat Mengandalkan Manusia (1 Samuel 13) – Petrus Kwik
BIBLE EVERY DAY
https://youtu.be/Bm3tfTts2KE
~~~~~
Bacaan besok : 1 Samuel 13:23-14:23 – Bukan Jumlah, tapi Iman

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu ke-5 sesudah Epifani
Kamis, 3 Februari 2022    
~~~~~
DIPANGGIL, JANGAN MENOLAK
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 138
Bilangan 20:22-29
Kisah Para Rasul 9:14-25

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 6 Februari 2022

Mazmur 138
Ucapan syukur pemazmur dinaikkan karena mengalami sendiri pertolongan yang luar biasa. Ia merasakan kasih setia, perlindungan, dan janji Tuhan yang selalu ditepati. Ia melihat bahwa kemuliaan dan kebesaran Tuhan tidak menghalangiNya untuk menyapa dan memperhatikan mereka yang hina. Ucapan syukur pemazmur juga menjadi dasar untuk tetap memohonkan perlindungan bagi umat Allah.

▢️ Mazmur 138 – Maria Netta
GKI Nurdin https://youtu.be/JIVUVDmZw-I

Bilangan 20:22-29
Di Gunung Hor, Harun meninggal. Tuhan menilai tugasnya sudah selesai. Dia tidak diperkenankan melihat negeri Kanaan karena melawan Allah di hadapan seluruh umat. Anaknya menggantikan dia. Selama diberi kesempatan hidup, mari lakukan perintah Allah dengan setia dan taat supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Kisah Para Rasul 9:14-25
Karya Tuhan telah mengubah Saulus, yang tadinya menganiaya dan melawan Yesus sekarang menjadi pemberita ulung yang pemberani yang mengajak orang menyembah Yesus. Tentu saja sekutu lama tidak suka dan berbalik hendak membunuhnya. Tuhan melindungi Saulus dengan melepaskan dia dari kepungan musuh. Mari beritakan Injil dengan segenap hidup kita.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 138
Bilangan 27:12-23
Kisah Para Rasul 9:26-31