Gemass 3 Desember 2021

~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 320
Bagian 15 : UMAT KERAJAAN ALLAH
Bacaan hari ini: Efesus 5-6
Ungkapan doa : Mazmur 10
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 320
https://drive.google.com/folderview?id=1R-GxngLqdYBuRGdu42OB3MSVTcwcflPt

πŸ“š REKAMAN EKSPOSISI Surat GALATIA, EFESUS, FILIPI
Pembicara: Pdt. Irwan Hidayat, S.Th, M.pd
https://drive.google.com/folderview?id=18t_kD0Yh-RFAPpuTbd7ij1qcylj-efog

🌟 Efesus 5:15-17 (TB)
Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

πŸ’‘Hanya dengan mengerti kehendak Allah dan menaatinya kita tidak menjadi orang bebal yang menyia-nyiakan kasih karunia Allah!

πŸ™ Doa:
Tuhan, ampuni bila aku sering bermalas-malasan sehingga menyia-nyiakan kesempatan yang Engkau beri. Aku mau belajar mengerti kehendak-Mu dan melakukan dengan sepenuh hati. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : Filipi 1-2
Ungkapan doa : Mazmur 11
~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi SURAT 1,2 KORINTUS

Bacaan hari ini : 1 Korintus 13: 1-3
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~

KASIHLAH YANG TERUTAMA!

Di balik setiap tindakan yang manusia lakukan, pasti ada motivasi. Masing-masing orang bertindak dengan motivasi yang berbeda-beda. Dalam kehidupan kekristenan, setiap tindakan orang harus didasari oleh motivasi yang benar, yaitu cinta kasih. Mengapa? Paulus menjelaskan bahwa dalam kehidupan orang Kristen cinta kasih bukan sekadar identitas atau ciri khas kekristenan, tetapi jiwa dan jati diri Kristen. Dengan demikian, cinta kasih seyogyanya hadir dalam kehidupan orang Kristen.

Penjelasan Paulus tidak berhenti sampai di situ. Ia mengatakan bahwa semua karunia yang orang Kristen miliki, menjadi tidak berarti apa-apa apabila tidak didasari oleh cinta kasih. Paulus memberikan suatu pengajaran yang sangat keras kepada orang Kristen karena menyangkut keberadaan mereka sebagai milik Kristus, dan kehidupan keseharian mereka harus mencerminkan teladan Kristus.
 
Penekanan Paulus tentang cinta kasih sebagai jiwa dan identitas kekristenan orang-orang Kristen di Korintus merupakan salah satu bentuk ungkapan yang memprihatinkan dirinya. Jemaat Korintus yang merasa memiliki karunia Roh, menjadi sombong dan mulai menganggap bahwa dirinya lebih tinggi tingkatannya dibandingkan dengan jemaat yang tidak memiliki karunia tersebut. Karena itu, Paulus menegaskan bahwa kepandaian berbicara, bernubuat, memiliki hikmat dan pengetahuan manusia jika tidak disertai kasih hanya akan menciptakan kegaduhan, dan membuat dirinya tidak berharga (ayat 1,2,3). Penekanan Paulus ini memberikan pelajaran penting untuk kita, orang-orang Kristen masa kini, yaitu kita adalah orang yang dihidupkan oleh Kristus dan bagi Kristus. Karena itu kitalah orang-orang yang akan memiliki dan menyatakan kasih Kristus itu dalam segala aspek kehidupan kita.
 
Renungkan: Lakukan dan landasilah segala aktivitas hidup kekristenan Anda dengan kasih yang berasal dari Kristus.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Surat 1,2 Korintus
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~
Bacaan besok : 1 Korintus 13: 4-7 – Seperti apakah kasih?
πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu biasa 26
Jumat, 3 Desember 2021
~~~~~~
PERSIAPKAN DIRI UNTUK TUHAN
~~~~~~
Bacaan hari ini:
Maleakhi 3:13-18
Filipi 1:18-26
Lukas 1:68-79
~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca Minggu 5 Desember 2021.
 
Maleakhi 3:13-18
Anak Tuhan dituntut untuk tetap setia dan taat meski melihat β€œkemujuran” orang-orang yang melawan dan menolak taat kepada Tuhan. Seolah mereka luput dari kesalahan dan bebas dari hukuman. Pada akhirnya, Tuhan akan membuat perbedaan nasib antara mereka yang taat dan mereka yang melawan Tuhan. Tuhan mengenal siapa kepunyaanNya dan siapa yang tidak. Mari tetap taat dan setia sampai akhir.
 
Filipi 1:18-26
Hidup kita di dunia ini memang tidak selamanya. Namun justru karena itu harus menghasilkan buah bagi kemuliaan Kristus. Karena itu mari manfaatkan setiap karunia, talenta, waktu, dan apapun yang Tuhan percayakan bagi kita supaya dunia tertarik dan menerima Berita Injil dan rindu menjadikan Kristus sebagai pusat dan tujuan hidupnya seperti yang kita peragakan.
 
Lukas 1:68-79
Memasuki minggu Advent, mari kita mengingat kemurahan hati Tuhan yang rela melawat kita, umatNya yang telah berdosa. Seperti Zakharia kita juga bersyukur atas Tuhan yang tidak pernah lalai menepati janji-Nya. Marilah kita terus menjadikan hidup kita sebagai wujud penggenapan janji Tuhan agar sesama tertarik untuk datang pada Tuhan.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~~~
Bacaan besok:
Maleakhi 4:1-6
Lukas 9 :1-6
Lukas 1:68-79