Gemass 29 April 2022

Jumat, 29 April 2022
~~~~~
๐Ÿ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
๐Ÿ—“ Hari 103
Bagian 7 : KEBANGKITAN DAN KEJATUHAN BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: 2 Raja-raja 8-11
Ungkapan doa : Mazmur 103
~~~~~

ALKITAB SUARA
๐ŸŽง GEMASS – Hari 103
https://drive.google.com/folderview?id=10NfNMGASXah_IMOr9faj0WlC9LrAQQkV

๐ŸŒŸ 2 Raja-raja 8:17-18 (TB)
Ia (Yoram) berumur tiga puluh dua tahun pada waktu ia menjadi raja dan delapan tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem.
Ia hidup menurut kelakuan raja-raja Israel seperti yang dilakukan keluarga Ahab, sebab yang menjadi isterinya adalah anak Ahab. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN.

๐Ÿ’ก Pergaulan yang salah dapat mempengaruhi orang menjadi jahat. Karena itu tinggalkan pasangan yang tidak seimbang, mintalah pimpinan Tuhan dalam menemukan pasangan hidup baik untuk diri sendiri maupun untuk anak-anak kita sehingga rencana Tuhan dalam membentuk keluarga kita tidak gagal!

๐Ÿ™ Doa:
Tuhan pimpin aku dan keluarga agar dapat bergaul dalam lingkungan yang baik dan pertemukan setiap anggota keluargaku dengan pasangan hidup yang sesuai dengan rancangan-Mu sehingga kehidupan kami boleh memuliakan nama-Mu. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : 2 Raja-raja 12-14
Ungkapan doa : Mazmur 104

Jumat, 29 April 2022
~~~~~
๐Ÿ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi โ€“ Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 1 Raja-Raja 12:1-24
Doa โ‡’ Baca โ‡’ Renungkan โ‡’ Bandingkan โ‡’ Doa
~~~~~

HIKMAT ANAK MUDA VS ORANGTUA

Orangtua tidak selalu lebih benar daripada anak muda. Namun, orang tua yang takut akan Tuhan, memiliki pengalaman dan hikmat yang patut didengar dan ditaati oleh anak-anak muda. Orang yang lebih tua dan hidup dalam ketaatan pada firman Tuhan layak kita perhatikan nasihatnya.

Rehabeam adalah anak Salomo yang usianya masih muda ketika ia menjadi raja menggantikan Salomo. Para tua-tua yang telah melayani ayahnya mendampingi Rehabeam saat itu. Para tua-tua itu telah โ€œbanyak makan asam garamโ€. Mereka telah menyaksikan bagaimana Salomo memerintah, bagaimana reaksi orang yang diperintah dengan โ€œTangan adilโ€ atau โ€œTangan kerasโ€ serta akibat-akibatnya. Oleh sebab itu, ketika Rehabeam meminta nasihat mereka mengenai bagaimana harus menyikapi tuntutan Yerobeam, nasihat mereka keluar dari pengalaman-pengalaman hidup yang berharga (hikmat orang tua). Mereka menasihati Rehabeam untuk memenuhi permintaan Yerobeam dengan tujuan mengambil hati rakyat (6-8).

Sayang, Rehabeam memilih mendengar nasihat teman-teman sebayanya (hikmat anak muda), yang berpendapat bahwa keberhasilan memimpin harus ditunjukkan dengan kekuatan, kekerasan, dan teror (8-11). Akibatnya bisa dibayangkan, rakyat memberontak, melepaskan diri dari kekuasaan Rehabeam (16-20). Hampir saja terjadi perang saudara, jika Tuhan tidak campur tangan (21-24).

Ingatlah pelajaran melalui firman Tuhan hari ini. Kepemimpinan yang berhasil adalah kepemimpinan yang persuasif dan peka terhadap pimpinan Tuhan, yang belajar dari pengalaman hidup dan berkomunikasi dengan sesama manusia. Hikmat orang tua yang takut akan Tuhan melebihi hikmat anak muda, namun hikmat Ilahi jauh melampaui semua itu. Hikmat Ilahi mengajarkan kepemimpinan adalah pelayanan.

Renungkan: Kita dipanggil untuk menjalankan kepemimpinan ala Yesus, yaitu memimpin melalui melayani.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 1 Raja-Raja 12:25-13:10 โ€“ Penyalahgunaan Wewenang

๐Ÿ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah III
Jumat, 29 April 2022
~~~~~
KERAMAHAN YANG MENGGEMBALAKAN
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 30
Yesaya 6:1-4
Wahyu 4:1-11

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 1 Mei 2022.    

Mazmur 30
Dalam tradisi Yahudi, mazmur ini digunakan pada hari raya Pentahbisan Bait Allah. Mazmur ini kental dengan ucapan syukur.
Kita mengenal istilah hidup ini seperti roda, kadang di atas, kadang dibawah. Saat berada di bawah, dihimpit kesulitan, keadaan tertekan dan kesakitan, muncul keluhan dan mohon belas kasih Tuhan agar dilepaskan dari situasi itu. Ketika berada di atas, terlena dalam kenyamanan, lupa akan Tuhan. Maka  Tuhan akan menarik ke bawah untuk mengingatkan bahwa kita membutuhkan Dia. Daud pun mengalami kondisi seperti ini, dan dia menyaksikan pertolongan Tuhan.
Mazmur ini mengungkapkan kebaikan dan kasih Tuhan yang selalu siap menolong, karenanya Pemazmur mengajak umat yang dikasihi Tuhan untuk menaikkan pujian dan syukur bagi Tuhan.

โ–ถ๏ธ Mazmur 30 – Velin Zalukhu
GKIBuaran https://youtu.be/wThzaJwbQ10

Yesaya 6:1-4
Allah menyatakan kemuliaan, keagungan dan kekudusan – Nya kepada Yesaya melalui penglihatan. Allah yang Maha Kudus menghendaki umat – Nya juga kudus, agar dapat berelasi dengan Dia. Dengan mengenal kekudusan Allah, kita akan menyadari keberdosaan kita, dan hanya dengan dikuduskan oleh Dia, kita dilayakkan untuk melayani – Nya.

Wahyu 4:1-11
Penglihatan Yohanes ini menunjukkan sifat – sifat Allah. Tahta menggambarkan kedaulatan Allah. Allah mulia dan indah bagai permata. Dia penuh anugerah, digambarkan sebagai pelangi yang merupakan tanda perjanjian Allah untuk dunia. Dia Allah yang dahsyat menaklukkan bagai kilat dan guntur yang menderu.
Seluruh isi surga yang diwakili oleh 24 tahta dan seluruh ciptaan diwakili oleh 4 makhluk, tersungkur menyembah dan menaikkan puji – pujian, mengakui kekudusan, kekuasaan dan kekekalan Allah.
Apakah dalam penyembahan kita senantiasa takjub akan keagungan dan kekudusan Allah?

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 30
Kejadian 18:1-8
Lukas 14:12-14