Gemass 28 April 2022

Kamis, 28 April 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 102
Bagian 7 : KEBANGKITAN DAN KEJATUHAN BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: 2 Raja-raja 4-7
Ungkapan doa : Mazmur 102
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 102
https://drive.google.com/folderview?id=10H05UmT34qnYpMyRj14M_QZWkJk4z3R7

🌟 2 Raja-raja 7:18 TB
Dan terjadi juga seperti yang dikatakan abdi Allah itu kepada raja: “Dua sukat jelai akan berharga sesyikal dan sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal, besok kira-kira waktu ini di pintu gerbang Samaria.”

πŸ’‘ Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Firman-Nya pasti digenapi.

πŸ™ Doa:
Tuhan, ajar aku untuk tetap percaya dan berharap pada-Mu dalam segala keadaan dan tidak terjebak dalam keputusasaan.
~~~~~
Bacaan besok : 2 Raja-raja 8-11
Ungkapan doa : Mazmur 103

Kamis, 28 April 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 1 Raja-Raja 11:26-43
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

HIKMAT ALLAH DALAM PENGHUKUMAN-NYA

Seorang majelis di satu gereja dijatuhkan oleh lawan bisnisnya melalui cara keji, sehingga ia harus masuk ke penjara dan kehilangan bisnisnya. Tetapi, justru kejadian itu membawa pertobatan sejati bagi majelis ini, karena sebenarnya ia menjalankan bisnisnya secara kotor dan tidak jujur. Terkadang Tuhan bekejera dengan cara yang sulit kita mengerti. Terutama ketika Ia memperingatkan anak-anak-Nya yang jatuh dalam dosa melalui penghukuman.

Dalam bacaan hari ini, kita membaca bahwa Allah membangkitkan Yerobeam sebagai lawan Salomo. Yerobeam mendapatkan janji Allah untuk memimpin sepuluh suku yang akan dipecahkan Tuhan dari kerajaan Salomo (31-37). Bahkan ia mendapatkan janji yang sama seperti yang diperoleh Daud. Allah menjanjikan akan membuat dinasti Yerobeam berlangsung langgeng seperti yang pernah Allah rencanakan bagi keturunan Daud. Tentu dengan syarat Yerobeam berlaku seperti Daud, yaitu setia kepada Allah, tidak melakukan kesalahan yang sama seperti Salomo, dan membawa kembali umat-Nya menyembah kepada Allah Israel (38).

Ada dua tujuan di balik pemilihan Yerobeam sebagai raja. Pertama, supaya melalui Yerobeam, suku-suku Israel lainnya bisa beribadah kepada Allah secara benar dan kudus. Kedua, supaya melalui penghukuman kepada keturunan Salomo, bangsa Israel bertobat sehingga dinasti Daud tetap dipelihara. Hal kedua ini dimungkinkan terjadi, bila kerajaan yang akan dipimpin Yerobeam benar-benar setia kepada Allah. Sehingga berkat Allah karena kesetiaan Yerobeam menyebabkan rasa iri dari kerajaan Salomo yang kecil itu dan mereka akhirnya berpaling kepada Tuhan (39).

Jika Tuhan menghukum perbuatan dosa anak-anak-Nya, pasti karena Ia menginginkan pertobatan. Tuhan dapat memakai cara yang unik untuk mencapai tujuan-Nya itu.

Renungkan: Tuhan bertindak tegas melawan dosa karena Ia mengasihi kita dan ingin membimbing kita kepada pertobatan.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : Raja-Raja 12:1-24 – Hikmat Anak Muda vs Orangtua

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah III
Kamis, 28 April 2022
~~~~~
KERAMAHAN YANG MENGGEMBALAKAN
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 30
Yesaya 5:11-17
Wahyu 3:14-22

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 1 Mei 2022.              

Mazmur 30
Bait Suci baru akan dibangun dan ditahbiskan pada saat Daud sudah wafat, tetapi janji dan izin dari Tuhan akan pembangunan Bait Suci nanti oleh Salomo, membuat Daud merenungkan akan kehadiran Tuhan di sepanjang kehidupannya. Sebuah nyanyian syukur yang disampaikan dengan sukacita besar, lahir dari pergumulan Daud bersama Tuhan yang telah melindungi, menyembuhkan, memulihkan, dan berbelas kasih kepadanya. Pujian dan ungkapan syukur yang lahir dari kesadaran bahwa semua yang diberikan Tuhan adalah anugerah yang tak pantas diterima oleh Daud. Begitu juga dengan kita, kalau bukan karena belas kasihan Tuhan, keberadaan kita akan lenyap oleh debu tertiup angin, atau kita akan binasa di dalam lubang yang dalam. Daud mengingatkan kita untuk mengangkat nyanyian syukur bagi Tuhan selama-lamanya, karena Dia layak mendapatkannya.

▢️ Mazmur 30 – Velin Zalukhu
GKI Buaran https://youtu.be/wThzaJwbQ10

Yesaya 5:11-17
Sebuah penggambaran tentang Yehuda yang menolak Tuhan dengan hidup menyimpang dari hukum – hukum – Nya dan mengolok – olok kebijaksanaan dan keadilan – Nya (ay.11-12). Pembuangan serta pengasingan adalah hukuman dari Tuhan. Sebuah hukuman yang membuat sadar para umat bahwa Tuhan adalah kudus, Dia adalah sang pencipta yang patut dimuliakan. Allah kita adalah yang maha kudus, maha kuasa tetapi juga Allah yang penuh kasih dan pengampunan. Hukuman kita telah dihapuskannya, kuasa maut tidak lagi berkuasa atas hidup kita. Ini seharusnya menjadi pegangan buat kita untuk hidup berkenan kepada – Nya.

Wahyu 3:14-22
Ketidaksadaran akan keadaan diri yang sesungguhnya telah membutakan jemaat Laodikia. Kehidupan rohani mereka tidak menggambarkan keadaan diri mereka, dan itu membuat Tuhan muak. Namun, Tuhan yang penuh belas kasih itu tidak membiarkan keadaan ini terus terjadi. Undangan disampaikan Tuhan yang bangkit itu untuk membuka pintu dan beramah tamah dengan – Nya. Undangan ini juga disampaikan untuk kita. Kristus menunggu di depan pintu, Dia menunggu kita untuk menerima Dia dalam kehidupan kita. Sebuah undangan istimewa, siapakah yang ingin ambil bagian di dalamnya?.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 30
Yesaya 6:1-4
Wahyu 4:1-11