Gemass 26 Juni 2022

Minggu, 26 Juni 2022 

~~~~~

πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA 

Tersedia dalam apps GKI Layur

http://bit.ly/GKILayurApps

~~~~~

πŸ—“ Hari 161

Bagian 9 : HIKMAT BANGSA ISRAEL

Bacaan hari ini: Amsal 25-27

Ungkapan doa : Mazmur 6

~~~~~

 

ALKITAB SUARA

🎧 GEMASS – Hari 161

https://drive.google.com/folderview?id=146H2a07eFmsxgT_b7SAUWNUEnmTHu8-5

 

🌟 Amsal 25:11 (TB)  

Perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak.

 

πŸ’‘Sebagai anak Tuhan, memiliki sikap hidup yang bijak adalah satu sikap hidup yang harus kita praktekkan. Berbicara di saat yang tepat adalah sikap yang bijak dan memberkati.

 

πŸ™ Doa:

Allah Bapa di sorga, tolonglah aku agar bisa memiliki sikap hidup yang bijaksana sehingga hidupku ini menjadi berkat bagi sesama. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin. 

~~~~~

Bacaan besok : Amsal 28-31

Ungkapan doa : Mazmur 7

 

Minggu, 26 Juni 2022

~~~~~

πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022

Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 RAJA-RAJA 

 

Bacaan hari ini : 2 Raja-Raja 24:8-25:21

Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa

~~~~~

 

MASA ANUGERAH TELAH BERAKHIR 

 

  Dalam pemerintahan, seorang raja yang jahat dapat dikudeta oleh rakyatnya. Namun karena pemerintahan Yehuda bersifat teokratis, raja-raja yang jahat langsung bertanggung jawab kepada Allah. Allah berdaulat untuk menghukum mereka.

 

  Dua raja terakhir Yehuda adalah raja-raja yang jahat (24:9,19). Yoyakhin hanya memerintah selama tiga bulan karena raja Babel mengepung Yerusalem dan menangkapnya serta merampas kekayaan istana dan Bait Allah serta menawan sebagian penduduk. Yerusalem ke Babel (11-16). Zedekia, paman Yoyakhin, diangkat oleh Nebukadnezar menjadi β€œraja boneka” Babel. Zedekia menjadi raja di saat kerajaan Yehuda begitu miskin dan lemah. Dalam kondisi demikian, ia juga melakukan apa yang jahat di mata Allah, tepat seperti yang dilakukan Yoyakim. Walaupun Allah terus menerus mengingatkannya melalui para nabi, ia tidak kunjung bertobat (lih. 2 Taw. 36:15-16). Bahkan setelah merasa kuat, ia memberontak terhadap Babel. Perbuatan bodoh Zedekia mengakibatkan Yerusalem dikepung oleh tentara Babel selama dua tahun, sehingga sisa penduduk kota itu mengalami kelaparan dahsyat (25:1-13). Upaya Zedekia melarikan diri menambah sengsara dirinya juga bangsanya (24:4-7). Puncaknya, seluruh kota itu dimusnahkan dan Bait Allah diratakan dengan tanah (8-21).

 

  Renungkan: Sepanjang sejarah bangsa Israel, Allah berulang kali mengampuni pelanggaran dan dosa umatNya, akan tetapi kali ini Allah tidak mengampuni mereka. Masa anugerah bagi bangsa Israel telah berakhir, tetapi masa anugerah bagi umat Tuhan masa kini masih tersedia. Akan tiba waktunya masa itu diambil. Karena itu, periksalah hidup anda apakah sudah di dalam Kristus. Kalau belum, sekaranglah kesempatan anda untuk bertobat. Jangan sia-siakan kasih dan kesabaranNya.

 

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja

https://www.su-indonesia.org

~~~~~

Bacaan besok : 2 Raja-Raja 25:22-30 – Dihancurkan untuk Dipulihkan

 

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI

Tahun C

Minggu Biasa-2

Minggu, 26 Juni 2022

~~~~~

TUHAN, AKU INGIN MENGIKUT ENGKAU

~~~~~

Bacaan hari ini:

1 Raja-raja 19:15-21

Mazmur 16

Galatia 5:1, 13-25

Lukas 9:51-62 

 

Tersedia dalam apps GKI Layur

https://bit.ly/GKILayurApps

~~~~~

SELAMAT HARI MINGGU,

SELAMAT BERIBADAH

 

1 Raja-raja 19:15-21 

Elia mengira ia telah bekerja keras, berjerih lelah dan berkorban untuk kepentingan Tuhan. Pada akhirnya, ia pun lelah. Di tengah kelelahannya, Tuhan memberinya dua kejutan.

Pertama, Tuhan sungguh peduli kepada Elia, bukan hanya dalam hal yang bersifat rohani, melainkan Ia juga peduli bahwa Elia butuh makan dan tidur. 

Dengan kata lain, Tuhan peduli pada keseluruhan hidup kita sebagai manusia.

Kedua, walau Elia mengira pertempurannya dengan nabi-nabi Baal merupakan klimaks pengalaman rohaninya bersama Tuhan, namun Ia menyatakan hal yang berbeda. Ia hadir bukan di tengah ingar bingar panggung dan di bawah lampu sorot, melainkan Ia hadir di tengah keheningan.

Panggung itu telah menguras habis energi Elia, tetapi di tengah keheningan dan kesendirian Elia, Tuhan menjumpai dia dan memulihkan energinya sebelum mengutusnya kembali.

Di tengah rutinitas kita, apakah kita sudah menyediakan waktu untuk menenangkan hati, berdiam diri, dan belajar mengenal Tuhan secara pribadi?

 

Mazmur 16

Doa Pemazmur mengungkapkan imannya kepada Allah. Imannya senantiasa menyadarkannya akan realita kehidupan yang sering kali tidak bersahabat.

Perbedaan antara orang yang beriman dan yang tidak dapat diidentifikasi dengan melihat perbuatan dan perkataan mereka.

Iman juga membuat orang puas dengan kehidupannya. Ini tidak berarti iman membuat orang menjadi cepat berpuas diri sehingga tidak ada niat dan kerja keras untuk terus memperbaiki taraf hidupnya. Namun, kepuasan ini yang memampukan orang beriman untuk mensyukuri setiap hal yang dimilikinya dan tidak iri hati terhadap apa yang dimiliki orang lain.

Selain itu, iman juga akan menjauhkan orang percaya dari rasa kuatir berlebihan dalam menghadapi masa depan, sebab masa depan terletak dalam genggaman tangan Tuhan.

Apakah kita sudah memiliki iman yang sehat di dalam Tuhan?

 

Galatia 5:1, 13-25 

Paulus mengimbau jemaat Galatia untuk kembali setia pada ajaran Injil sejati dan menolak dengan tegas Injil palsu yang memperhamba diri mereka pada Taurat. Orang yang kembali pada hukum Taurat akan menerima konsekuensi.

Pertama, ia berada di luar keselamatan karena menolak Kristus yang di salib. Karena baginya Kristus tidak dapat menyelamatkan dirinya, maka hanya ia sendiri yang dapat menyelamatkan diri melalui hukum Taurat.

Kedua, hukum Taurat menjadi alat pendakwa dirinya karena keselamatannya bergantung penuh pada kemampuannya menaati secara sempurna hukum tersebut.

Jemaat Galatia sudah memiliki anugerah keselamatan itu, maka mereka seharusnya tidak membiarkan diri mereka disesatkan. Termasuk pemahaman yang salah akan kemerdekaan dalam Kristus. Merdeka bukan berarti hidup tanpa aturan. Dan Taurat adalah aturan menjalani hidup bagi orang yang sudah dimerdekakan oleh Kristus, yakni saling mengasihi.

Jadi, Kristus memerdekakan kita dari tuntutan Taurat agar kita dengan kasih melakukan Taurat untuk memuliakan Tuhan dan memberkati sesama.

Itulah kemerdekaan di dalam Kristus.

 

Lukas 9:51-62

Mengikut Yesus berarti menjadikan Yesus sebagai prioritas utama dalam hidup kita. Maka seorang pengikut Kristus yang sejati seharusnya tidak mementingkan hal-hal yang bersifat duniawi. Mengikut Yesus juga berarti melepaskan diri dari ikatan-ikatan yang mengalihkan perhatian kita dari Kristus. 

Yesus tidak bermaksud melemahkan semangat orang yang hendak mengikut Dia. Yesus hanya ingin orang benar-benar memahami makna menjadi murid-Nya. Mengikut Kristus memang hak istimewa, tetapi jalannya tidak selalu mudah.

Bagi kita yang sudah menerima anugerah keselamatan dengan cuma-cuma, mantapkanlah hati untuk berkomitmen mengikuti Kristus dengan segenap hati. Jadikanlah hidup kita sebagai persembahan yang hidup yang memuliakan nama-Nya.

 

Renungan pelengkap:

https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

 

https://youtu.be/bZdqtOo6wsk

~~~~~

Bacaan besok:

Mazmur 140 

Kejadian 24:34-41, 50-67

1Yohanes 2:7-11