Gemass 25 Mei 2022

 Rabu, 25 Mei 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 129
Bagian 8 : NABI-NABI SEBELUM MASA PEMBUANGAN
Bacaan hari ini: Hosea 11-14
Ungkapan doa : Mazmur 124
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 129
https://drive.google.com/folderview?id=12-oLljAfTq3HuoJfW5Yvq7oIhSrT_lcN

🌟 Hosea 11:9 (TB)
Aku tidak akan melaksanakan murka-Ku yang bernyala-nyala itu, tidak akan membinasakan Efraim kembali. Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan.

πŸ’‘Kekudusan TUHAN dan keadilan-Nya mengharuskan Israel binasa karena dosa-dosa. Tetapi kasih-Nya yang Mahabesar telah menahan murka-Nya yang bernyala-nyala itu.

πŸ™ Doa:
Jangan biarkan aku seperti Israel yang berkali-kali jatuh dalam dosa pemberontakan, ya Allah. Aku mau meninggalkan dosa dan pelanggaranku, demi mengingat kasih setia-Mu yang besar itu.
~~~~~
Bacaan besok : Yoel 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 125
Rabu, 25 Mei 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1-2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 2 Raja-Raja 5:15-27
Doa => Baca => Renungkan =>
Bandingkan => Doa
~~~~~

IMAN, AMAN, ATAU SERAKAH?

Respons yang tepat atas anugerah Allah seharusnya iman yang disertai pengucapan syukur. Hal itu terjadi karena menyadari diri telah menerima apa yang bukan haknya dan yang tidak layak diterimanya.

Sepertinya Naaman percaya pada Tuhan, karena Dia telah menyembuhkan penyakitnya. Ia merasa perlu membayar sebagai ungkapan terima kasih (15). Oleh karena hamba-Nya tidak bersedia dibayar dengan harta, maka Naaman akan membayar dengan cara menyembah Tuhan orang Israel di negerinya sendiri (17). Namun, ia akan tetap menyembah dewa bangsanya karena risiko jabatan (18). Sikap Naaman ini bukan sikap iman, tetapi sikap mencari aman. Di mata Naaman, Tuhan dan Elisa hanyalah sarana untuk memberikan kesembuhan dari penyakitnya. Naaman menetapkan nilai kesembuhannya itu sepuluh talenta perak dan enam ribu syikal emas plus sepuluh potong pakaian atau sekitar 10 miliar rupiah (6). Sikap Gehazi tidak berbeda dari sikap Naaman. Gehazi melihat uang dan kekayaan sebagai segala-galanya (20-23). Gehazi bagaikan pengusaha Kristen yang melihat pelayanan tidak lebih dari bisnis jasa yang menguntungkan. Sebab itu, Gehazi rela mencoreng ketulusan Elisa demi mendapatkan harta tersebut. Harta ia dapatkan, namun kusta Naaman hinggap padanya (26-27).

Sungguh menyedihkan melihat orang menjual imannya demi rasa aman, karena diterima di lingkungannya, atau orang yang menjajakan imannya demi harta yang fana. Gereja yang cepat mengkompromikan nilai-nilai kebenaran agar diterima masyarakat, atau gereja yang memanipulasi pelayanan untuk memperkaya kantong segelintir orang adalah gereja palsu.

Camkan: Kalau kesalehan kita tidak lebih baik daripada kebutuhan rasa aman, atau hanya untuk meraup keuntungan duniawi, maka kita tidak layak menyebut diri anak-anak Tuhan.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok: 2 Raja-Raja 6:1-23 – Hikmat dalam Melayani Tuhan
 πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah VI
Rabu, 25 Mei 2022
~~~~~
WARISAN DAMAI SEJAHTERA
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 93
2 Tawarikh 34:20-33
Lukas 2:25-38

Tersedia dalam apps GKI Layur
Https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 22 Mei 2022.

Mazmur 93
Seringkali Tuhan digambarkan dengan sosok sesuai gambaran pikiran manusia, bahkan tak jarang dengan perasaan yang dialami manusia seperti menangis, bersedih atau bersukacita. Pada bacaan ini digambarkan Tuhan sebagai Raja dengan penampilan seperti raja pada umumnya di dunia, dengan kemegahan dan kekuatan yang dimiliki. Walau Tuhan adalah Raja yang berkuasa atas segala raja di bumi yang termegah dan terkuat sekalipun, namun hatiNya penuh kasih setia. Tidak ada yang menandingiNya dalam hal apapun. KekuasaanNya kekal dan berdaulat penuh atas seluruh semesta, hanya kepada Dialah manusia dan semua makhluk patuh serta menyembah. Maka janganlah menyembah dan mempercayai kekuatan lain yang sudah pasti tidak seperti Allah kita.

2Tawarikh 34:20-33
Yosia diangkat menjadi seorang raja dalam usia sangat belia. Namun sedari muda itu, ia hidup mengasihi Tuhan, sehingga pada suatu hari melakukan reformasi yang sangat populer. Bahkan ia mengindahkan peringatan nabiah Hulda agar rakyat bertobat dari kehidupan berhala yang menyesatkan, sehingga terhindarkan dari murka Allah. Marilah kita rajin membaca Firman dan mengindahkan petunjukNya bagi kehidupan kita sehingga beroleh kasih karuniaNya setiap waktu.

Lukas 2:25-38
Sudah banyak tulisan kesaksian di Alkitab bahwa orang yang menyimak dan melakukan Firman Tuhan, memiliki kepekaan untuk lebih memahami kehendak Tuhan dalam kehidupannya. Itulah sebabnya pengenalan kepada Allah melalui Alkitab dimulai sejak usia dini. Sayangnya, kebanyakan orang tua lebih mengutamakan kepentingan lahiriah seperti ilmu pengetahuan dan keterampilan dibandingkan kebutuhan spiritual. Peran dan tanggung jawab orang tua sangat penting membawa anak kepada Allah serta menjadi teladan kehidupan spiritual, bukan sekedar menyerahkan sepenuhnya kepada kegiatan Sekolah Minggu atau pelajaran Agama di Sekolah. Doronglah anak-anak untuk beribadah dan mengenal Penciptanya sejak usia mereka belia sehingga mengalami pertumbuhan iman yang kuat.

Renungan pelengkap:
Https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Kisah Para Rasul 1:1-11
Mazmur 47
Efesus 1:15-23
Lukas 24:44-53