Gemass 25 Febuari 2022

Jumat, 25 Februari 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 40
Bagian 5 : PADANG GURUN
Bacaan hari ini: Bilangan 1-4
Ungkapan doa: Mazmur 40
~~~~~
ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 40
https://drive.google.com/folderview?id=1G3ua-cyGsLcIuYS3nTMK4VPCW2ZOGjT4

β–Ά Video Baca Alkitab:
Penjelasan secara umum BILANGAN – Bible Project Indonesia.
https://youtu.be/GlZpY2VJqPk

🌟 Bilangan 2:34 (TB)
Maka orang Israel berbuat demikian; tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah mereka berkemah menurut panji-panji mereka, dan demikianlah mereka berangkat, masing-masing menurut kaumnya dan sukunya.

πŸ’‘ Seperti Tuhan mengatur penempatan dan urutan suku-suku Israel, Dia juga mengatur urutan dan penempatan kita dalam keluarga, gereja maupun masyarakat. Bersyukurlah untuk pengaturan Tuhan dan lakukan tugas kita dengan sukacita sehingga Tuhan semakin dipermuliakan!

πŸ™ Doa:
Tuhan, terimakasih atas pengaturan-Mu dalam hidupku. Engkau telah menempatkan aku di keluarga yang tepat dengan urutan yang tepat juga. Ajar aku untuk mengerti rencana-Mu dalam hidupku sehingga aku menjalaninya dengan penuh sukacita dan memuliakan Nama-Mu. Amin.
~~~~~
Bacaan besok: Bilangan 5-7
Ungkapan doa: Mazmur 41

Jumat, 25 Februari 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 SAMUEL

Bacaan hari ini : 1 Samuel 29:1-11
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

KEMURAHAN TUHAN

Upaya manusia untuk menyelesaikan masalahnya sering kali menambah masalah menjadi lebih parah. Sepertinya kita berusaha menutupi satu dosa dengan dosa lainnya. Oleh karena itu, kita butuh mendekat kepada Tuhan dan membiarkan-Nya campur tangan dalam setiap masalah yang kita hadapi.

Daud berada dalam situasi yang serba salah karena ia berupaya mencari jalan keluar dari permasalahannya. Sejak awal Tuhan sudah campur tangan dalam mengatasi masalahnya, namun Daud tidak merasakan hal itu. Hal ini terlihat jelas dari pelariannya ke Gat, yang pada akhirnya membuahkan masalah baru. Perintah raja Akhis jelas bahwa Daud dan pasukannya harus membantu Filistin melawan Israel (1Sam. 28:1). Itu berarti Daud harus berhadapan dengan Saul, Yonatan, dan pasukan Israel. Jikalau ini sampai terjadi, bukankah Daud benar-benar menjadi pengkhianat bangsanya? Sekali ini, Daud tidak tahu harus bertindak apa.

Syukur kepada Tuhan yang masih berkenan menolong Daud, walau ia telah bersalah sebab mencari jalannya sendiri. Tuhan memakai kecurigaan dan ketidakpercayaan raja-raja Filistin lainnya terhadap kumpulan orang Ibrani itu. Ketidakpercayaan para raja lainnya menyebabkan raja Akhis terpaksa melepaskan Daud dan pasukannya dari kewajiban berperang bagi Filistin (6-7). Hal ini menimbulkan kelegaan besar bagi Daud. Keputusan dewan raja Filistin mengangkat beban berat Daud.

Renungkan: Adakah pengalaman Anda yang mirip dengan apa yang Daud alami? Pernahkah Anda melakukan kesalahan, yang oleh karena kemurahan dan keajaiban Tuhan, yang akibatnya tidak harus Anda tanggung sendiri? Kita harus bersyukur atas segala kebaikan Tuhan. Ia adalah Allah yang murah hati dan panjang sabar. KemurahanNya begitu besar sehingga Ia mau melepaskan kita dari jerat yang kita perbuat. Kita harus bertekad untuk lebih setia lagi mengikuti petunjuk firman-Nya, serta lebih bersungguh hati melayani Tuhan.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Samuel
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 1 Samuel 30:1-15 – Bersandar kepada Tuhan

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Transfigurasi
Jumat, 25 Februari 2022
~~~~~
KEMAH ALLAH SELUAS DUNIA

Bacaan hari ini:
Mazmur 99
Ulangan 9:6-14
Kisah Para Rasul 10:1-8

Terdapat dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 27 Februari 2022     

Mazmur 99
Allah, Sang Raja Sejati, bukanlah manusia yang memuja dirinya sendiri. 
Ia adalah Allah yang maha mulia yang mengungkapkan karakter-Nya yang murni dalam hukum yang tak bercela.
Tak ada penyelewengan kuasa dalam diri-Nya.
Sama sekali tak terbesit dalam pikiran-Nya untuk menindas umat-Nya.
Kekudusan Allah dinyatakan di dalam dan dipancarkan ke seluruh dunia yang dimulai dari umat-Nya sendiri.
Kekudusan Allah menegaskan bahwa Ia mencintai hukum dan menegakkan keadilan.
Maka Kristus datang tidak hanya untuk mengampuni dosa, tetapi juga untuk mewujudkan kebenaran, keadilan dan kekudusan Allah di dalam dan melalui kita di dunia.
Sudahkah kita merepresentasikan kebenaran, keadilan dan kekudusan Allah di tengah dunia yang jauh dari kebenaran, keadilan dan kekudusan-Nya?

▢️ Mazmur 99 – GKI Peterongan https://youtu.be/Lt0ve0vGGAI

Ulangan 9:6-14
Musa mengingatkan umat Israel bahwa mereka adalah bangsa yang tegar tengkuk, susah diberitahu dan susah diarahkan, keras kepala, cenderung menuruti pendapat dan nasihat. Hal tersebut terbukti dari peristiwa pembuatan patung lembu Emas padahal Musa sedang mendaki ke Sinai untuk menerima dua loh batu yang ditulisi jari Allah. Bahkan sempat ada niat Tuhan untuk memusnahkan mereka dan membangun keturunan baru dari Musa. Jadi, Musa mengingatkan bahwa hanya karena anugerah Tuhan sajalah, mereka bisa menduduki dan menikmati negeri Perjanjian. Janganlah lupakan anugerah, kebaikan, dan pertolongan Tuhan sepanjang hidup kita.

Kisah Para Rasul 10:1-8
Allah memperhatikan Kornelius yang saleh dan tulus hati serta berbakti kepada Allah. Ketaatan Kornelius terbukti saat mendapat perintah dari malaikat Allah untuk menjemput Petrus supaya datang ke rumahnya. Kita belajar dari Kornelius untuk tetap taat dan setia beribadah dan melakukan kehendak Allah, meski tidak ada manusia yang melihat, tetapi Allah selalu melihat dan tidak pernah melupakan kesalehan kita.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 99
Ulangan 9:15-24
Lukas 10:21-24