Gemass 24 November 2021

Rabu, 24 November 2021
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~
πŸ—“ Hari 311
Bagian 15 : UMAT KERAJAAN ALLAH
Bacaan hari ini: 2 Korintus 5-6
Ungkapan doa : Mazmur 1
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 311
https://drive.google.com/folderview?id=1O1BlhME7bPELYgnZnX1URwAANEMhGQm5

🌟 2 Korintus 5:8-9 (TB)
tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan. Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya.

πŸ’‘ Tantangan yang dihadapi Paulus dalam pelayanan terkadang dirasakan amat berat, sehingga secara manusiawi Paulus akan memilih segera berjumpa dengan Tuhan daripada hidup di dunia ini. Namun seberat apa pun tantangan yang menerpanya, tidak menghalanginya untuk tetap berkarya mencari apa yang diperkenan Tuhan dan bukan manusia.

πŸ™ Doa:
Bapa, di dalam segala keadaan, bangkitkanlah semangatku untuk terus mencari perkenanan Tuhan dan bukan manusia.
~~~~~
Bacaan besok : 2 Korintus 7-8
Ungkapan doa : Mazmur 2
Rabu, 24 November 2021
~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi SURAT 1,2 KORINTUS

Bacaan hari ini : 1 Korintus 9: 1-18
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~

HAK RASUL DAN PEMBERITAAN INJIL

Mungkin kita pernah mendengar rumor tidak baik mengenai sekelompok hamba Tuhan yang memasang tarif dalam pelayanannya. Kalau rumor itu benar, maka mereka harus meneladani Paulus dalam pelayanannya sebagai hamba Tuhan. Paulus dikenal sebagai salah satu hamba Tuhan yang melayani gereja-Nya tampa pamrih. Meski demikian, ia tidak menentang jemaat yang hendak memberi. Ia juga tudak menentang apabila hamba Tuhan itu menerima pemberian umat.
 
Jemaat Korintus menyangsikan kerasulan Paulus karena ia tidak mau menerima bayaran dari mereka. Pada masa itu, di dunia Yunani- Romawi, ada banyak guru agama dan filsuf yang menghidupi diri mereka sendiri dari menerima bayaran. Tetapi, ada juga yang menghidupi diri mereka tanpa menerima bayaran, khususnya para filsuf. Tindakan Paulus menolak bayaran berarti menolak tunduk pada si pembayar. Hal ini menyebabkan Paulus dihujat. Paulus membela dirinya dengan mengatakan bahwa kerasulannya itu terbukti dari buah-buah yang dilihat dan dinikmati oleh jemaat Korintus (1, 2). Sebagai seorang rasul, Paulus memiliki sejumlah hak yang sama dengan para rasul lainnya (4, 5). Paulus menyatakan bahwa dirinya berhak menerima bayaran dari jemaat Korintus. Alasannya, yaitu: Pertama, pikiran logis manusia (6- 8); dan kedua firman Tuhan Perjanjian Lama (9-10) mengatakan setiap pelayan jemaat berhak mendapatkan upahnya dari jemaat yang bersangkutan (11-12a).
 
Paulus menolak pemberian jemaat Korintus karena ia tidak mau menjadi batu sandungan dalam penginjilan. Mengapa? Pertama, pemberitaan Injil adalah tugas. Kedua, Injil yang diberitakannya memiliki makna lebih penting daripada upah yang berhak diterimanya. Sikap Paulus tersebut semakin menjelaskan kepada kita bahwa upah yang paling penting bagi Paulus adalah upah kebebasan untuk tidak menerima upah demi Injil (18).
 
Renungkan: Seberapa jauh kita berani mengorbankan hak kita demi Injil dan jiwa-jiwa yang dimenangkan bagi Tuhan?

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Surat 1,2 Korintus
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~
Bacaan besok : 1 Korintus 9: 19-27 – Hidup baru yang menghidupkan
πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun B
Minggu biasa 25
Rabu, 24 November 2021
~~~~~~
YESUS, RAJA YANG SEJATI
~~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 76
Yehezkiel 30:20-26
Yohanes 16:25-33
~~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 21 November 2021.

Mazmur 76
Pemazmur memuji Allah sebagai Raja yang sejati dan tak terkalahkan. Semua penguasa dan semua raja takluk di hadapan-Nya. Allah sebagai Raja datang untuk membawa damai. Semua para pahlawan tunduk. Semua senjata perang dihancurkan. Tidak ada yang berani melawan Allah. Karena itu mari terus tundukkan diri dan hidup kita kepada-Nya.

Yehezkiel 30:20-26
Tuhan menunjukkan kepada raja Mesir dan rakyatnya bahwa hanya Tuhanlah yang layak ditinggikan. Tuhan akan melemahkan Mesir dan menguatkan raja Babel untuk menjadi alat penghukuman Tuhan dan membuat tersebar rakyat Mesir. Hanya Tuhan yang layak disembah dan ditinggikan karena itu lebih baik menundukkan diri dengan menaati semua firman-Nya.

Yohanes 16:25-33
Sebelum Yesus ditangkap dan diadili, Yesus mempersiapkan hati murid-muridNya agar tetap teguh dan beriman bahwa Yesus datang dari Allah. Yesus menegaskan bahwa Ia telah mengalahkan dunia melalui salib. Kita bersyukur karena Allah tahu apa yang paling kita butuhkan dan berkuasa memberikanNya. Sadari bahwa Allah selalu mengusahakan damai sejahtera bagi anak-Nya.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 25:1-10
Nehemia 9:6-15
1 Tesalonika 5:1-11