Gemass 23 September 2021

πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~

πŸ—“ Hari 249
Bagian 14 : YESUS DAN KERAJAAN ALLAH
Bacaan hari ini: Matius 27-28
Ungkapan doa : Mazmur 94
~~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 249
https://drive.google.com/folderview?id=10Fsppp7NAzR0w2VlmelT6LzT5Ai4e2rZ

β–ΆVideo Tema : GOSPEL OF THE KINGDOM
Bible Project
thebibleproject.com
Saksikan :

(Tersedia terjemahan Indonesia)

🌟 Matius 28:6 (TB)
Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.

πŸ’‘ Kebangkitan Yesus memberi pengharapan yang pasti dan kabar sukacita ini harus kita beritakan kepada dunia; sudahkah kita melakukannya?

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan, mampukan saya untuk menjadi pewarta-Mu saja. Amin.
~~~~~~
Bacaan besok : Markus 1-2
Ungkapan doa : Mazmur 95
~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB INJIL MARKUS

Bacaan hari ini : Markus 6:1-13
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~

GAYA HIDUP KEMURIDAN

Gaya hidup (lifestyle) menentukan arah hidup. Pola pikir yang terbalik ini telah merasuk di sekitar kita, terutama yang tinggal di kota besar. Indera kita dibombardir dengan pesan- pesan: inilah gaya hidup orang sukses, dengan mobil merek A, handphone cap B, tinggal di kompleks C, nasabah bank D, makan malam di E, berprestasi dalam bidang F dst. Arah hidup banyak orang akhirnya berbelok menjadi bagaimana memperoleh dan memelihara simbol-simbol tadi. Keputusan-keputusan hidup yang penting pun didasarkan, dan selalu merujuk kepada pemenuhan gaya hidup yang diidealisasikan.
 
Nas bacaan kita menunjukkan bagaimana hidup yang dijalani Yesus dan para murid-Nya sebagai pemberita. Yesus mengalami penolakan dari orang-orang sekampung-Nya (3) karena ketidak-percayaan mereka (6). Yesus menyimpulkan ini bagi murid-murid-Nya (termasuk kita) bahwa seorang pemberita harus siap mengalami penolakan, bahkan oleh orang-orang yang dekat dengannya (4). Inilah risiko, “salib”, yang harus siap diterima para pengikut-Nya.
 
Tidak hanya yang bersifat insidentil, Yesus juga mengajarkan para murid untuk tidak membawa bekal apa-apa dalam perjalanan penginjilan mereka. Perintah ini bersifat kontekstual hanya untuk pengutusan waktu itu saja (sudut pandang Markus menyatakan para murid kemudian memiliki bekal makanan [6:38]). Yang penting adalah penekanan yang mendasari perintah Yesus. Tiadanya bekal yang dibawa menunjukkan kegentingan – Injil perlu diberitakan sesegera mungkin – dan kebergantungan penuh kepada Allah untuk mencukupi mereka. Bagaimana memenuhi panggilan dari Allah, itulah yang harus menjadi penentu gaya hidup tiap Kristen.
 
Renungkan: Gaya hidup Kristen bukanlah menurut kategori-kategori kaya atau miskin, rohani atau sekuler, tetapi gaya hidup akibat mengikut panggilan dan kehendak Allah, apapun konsekuensinya.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab Injil Markus
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~
Bacaan besok : Markus 6: 14-29 – Peringatan!

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun B
Minggu biasa 16
Kamis, 23 September 2021
~~~~~~~~
KITA DAN MEREKA
Bacaan hari ini:
Mazmur 19:7-14
Keluaran 18:13-27
Kisah Para Rasul 4:13-31
~~~~~~~
Bacaan hari ini, membantu mempersiapkan kita untuk bacaan pada hari Minggu 26 September 2021.

Keluaran 18:13-27
Allah memakai mertua Musa untuk menyampaikan bagaimana Musa memimpin dan menjadi hakim bagi bangsa Israel yang mempunyai persoalan atau perkara. Sebelumnya semua ditangani oleh Musa sehingga baik Musa dan seluruh bangsa menjadi capek. Sesudah nasihat mertuanya maka dibagi menjadi kelompok pemimpin 1000, 100, 50, dan 10; dimulai dari jenjang terkecil terus ke atas jika tidak selesai sehingga mereka yang punya kualifikasi bisa diberdayakan dan tidak semua menumpuk di Musa. Mari belajar untuk dengan rendah hati mendengarkan masukan dari orang lain supaya kita lebih efisien dan efektif dalam mengelola talenta.

Mazmur 19:7-14
Dengan membaca, mempelajari, mentaati, dan mencintai firman Tuhan kita akan mendapatkan pengertian, kebenaran, keadilan, dibebaskan dari segala hal tidak kita sadari, dijauhkan dari kesesatan, dan mendapatkan pengenalan akan Tuhan yang semakin lama semakin mendalam dan intim. Membiarkan diri dikuasai kebenaran firman Tuhan membuat kita makin merasakan perlindungan dan penebusan Tuhan.

Kisah Para Rasul 4:13-31
Kuasa dari Roh Kudus memampukan dan memberikan keberanian kepada para murid untuk memberitakan Kabar Baik bahwa Yesus, Raja Penyelamat sudah datang dan menebus dosa manusia. Meski Petrus dan Yohanes diancam dan dilarang memberitakan tentang Yesus mereka tetap memberitakan karena sadar bahwa hanya
Allah yang perlu ditaati dan ditakuti, bukan manusia. Di dalam pergumulan doa, para murid menjadi sadar apa yang terjadi dan apa yang dikehendaki Tuhan sehingga tanpa ragu mereka tetap memberitakan Kabar Baik dari Allah meski bahaya dan derita menghadang. Mari ambil bagian dalam pemberitaan Kabar Baik melalui doa, dana, dan daya kita.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat
~~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 19:7-14
Ulangan 1:1-18
Kisah Para Rasul 12:20-25