Gemass 23 Oktober 2020

πŸ“– GEMASSreguler 2020 – FIRMAN UNTUK SEMUA
πŸ—“ Hari 278
Bagian 14 : YESUS DAN KERAJAAN ALLAH
Bacaan hari ini: Lukas 23-24
Ungkapan doa : Mazmur 119:129-152
~~~~~~
Selamat pagi! 

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 278
https://drive.google.com/folderview?id=1EmNxrEDuXaOKJCD3-hAOcSllbe_1pi_j

Gemass Reguler berikut audio alkitab suara dan video animasi perkitab sesuai bacaan bisa didapatkan juga pada aplikasi GKI LAYUR :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gkilayur.gkilayur

β–Ά Video Injil Menurut Kitab LUKAS pasal 24 – The Bible Project
thebibleproject.com
Saksikan :

🌟 Lukas 24:25 (TB)
Lalu Ia berkata kepada mereka: “Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!

πŸ’‘ Jangan menjadi orang yang bodoh karena tidak berani mempercayai kebenaran Alkitab. Baca, pelajari Firman Tuhan setiap hari sehingga kita semakin mengenal Dia dan mentaati kehendak-Nya!

πŸ™ Doa:
Tuhan, aku mau membaca dan merenungkan Firman-Mu agar aku semakin mengenal dan berani mempercayai Firman-Mu Dan tidak menjadi orang yang bodoh. Amin!

~~~~~~
Bacaan besok : Kisah 1-2
Ungkapan doa : Mazmur 119:153-176

~~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2020
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi INJIL.MATIUS

Bacaan hari ini : Matius 11:1-15
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~~

MENGATASI RAGU DAN BIMBANG

Yohanes Pembaptis dipenjarakan karena berani menegur Herodes Antipas yang menikahi istri saudaranya. Dari penjara Yohanes mengutus murid-muridnya untuk bertanya kepada Yesus (ayat 3). Bimbang dan ragukah ia kini? Bukankah ia pelopor dalam pemberitaan tentang Yesus? Tampaknya Yohanes bukan sekadar menyampaikan pertanyaannya pribadi (Perhatikan bentuk jamak `kami’ dalam ayat 3). Ia dan para muridnya butuh kepastian bahwa Yesus sungguh adalah Mesias yang mereka nanti-nantikan. Yohanes ingin Yesus memberi bukti jelas melalui perkataan dan perbuatan Yesus bahwa kesaksian Yohanes selama ini tentang Yesus benar. Bagaimana Yesus mengatasi keraguan itu?

Pertama, Yesus menunjuk pada demonstrasi nyata kuasa Allah dalam pelayanan-Nya. Pelayanan Yesus mengokohkan kesaksian Yohanes selama ini tentang Dia. Kedua, ucapan Yesus itu menunjuk kepada Yesaya 35:5-6; 61:1. Yesus adalah penggenap nubuat Yesaya. Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, merupakan petunjuk bahwa Roh Allah bekerja dalam dan melalui diri Yesus. Ini tanda kehadiran Allah di dunia. Ketiga, Yesus menunjuk pada nubuatan Maleakhi tentang peran Yohanes (ayat 10). Yesus mengakui pentingnya pelayanan Yohanes (ayat 11a). Posisi Yohanes pembaptis adalah seperti titik temu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Karena itu di antara segala nabi, ia yang terbesar. Namun, karena orang masuk surga melalui Yesus bukan melalui Perjanjian Lama, yang terkecil dalam surga pun menjadi lebih besar daripada Yohanes (ayat 11b).

Pelayanan dan pergumulan Yohanes menunjukkan keutamaan Yesus. Tatkala keraguan muncul, Yesus tidak tinggal diam. Ia tidak ingin orang terus ragu tentang Dia. Karya Yesus, kesaksian firman tentang Yesus, dan perlakuan kasih Yesus akan menguatkan iman dan pengharapan yang tergoyah.

Responsku: Yesus, firman tentang Yesus, dan karya Yesus untukku, ingin kupegang teguh sepanjang jalan imanku.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Injil Matius
https://www.su-indonesia.org

~~~~~~~
Bacaan besok : Matius 11:16-30 – Mengenal Allah Adalah Anugerah

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Minggu Biasa 19
Jumat, 23 Oktober 2020
~~~~~~~
KELUARGA YANG MEMAHAMI FIRMAN

Bacaan hari ini:
Ulangan 9: 25-10: 5
Titus 2: 7-8, 11-15
Mazmur 1
~~~~~~~
Bacaan hari ini, membantu mempersiapkan kita untuk bacaan pada hari Minggu, 25 Oktober 2020.

Ulangan 9: 25–10: 5
Tuhan tetap mengingat perjanjian dan kasih-Nya sehingga mengabulkan doa Musa dan memerintahkan Musa untuk membuat loh batu untuk ditulisi lagi Hukum Taurat dan disimpan dalam tabut. Umat Israel diminta untuk mengasihi dan mentaati Tuhan dengan setia melakukan Taurat. Apakah kita juga setia merenungkan dan melakukan Firman-Nya?

Titus 2: 7-8, 11-15
Tuhan menyelamatkan kita untuk dididik meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi, supaya hidup bijaksana, adil dan beribadah, supaya kita menjadi kudus, rajin berbuat baik, dan menjadi umat kesayangan Allah. Mari kita hidup sesuai dengan status kita sebagai umat Allah.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

Mazmur 1
Kita harus menentukan pilihan: hidup sebagai orang benar atau orang fasik. Orang benar menyukai Firman Tuhan dan merenungkannya setiap saat, selalu berbuah, dan segala perbuatannya berhasil. Orang fasik berjalan menuju kebinasaan dan tidak tahan dalam penghakiman Tuhan. Monggo dipilih.

http://www.juswantori.com/koleksi-mazmur/1—10/mazmur-1.html

~~~~~~~
Bacaan besok:
Amsal 24: 23-34
Yohanes 5: 39-47
Mazmur 1