Gemass 23 April 2022

Sabtu, 23 April 2022
~~~~~
📖 GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Sudah tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~
🗓 Hari 97
Bagian 7 : KEBANGKITAN DAN KEJATUHAN BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: 1 Raja-raja 11-13
Ungkapan doa : Mazmur 97
~~~~~
ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 97
https://drive.google.com/folderview?id=1oab5BJITpfIRo4ayYruF0sx7hgYrbHtO

🌟 1 Raja-raja 11:5-6 (TB)
Demikianlah Salomo mengikuti Asytoret, dewi orang Sidon, dan mengikuti Milkom, dewa kejijikan sembahan orang Amon,
dan Salomo melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan ia tidak dengan sepenuh hati mengikuti TUHAN, seperti Daud, ayahnya.

💡 Meskipun Allah telah menampakkan diri-Nya kepada Salomo sebanyak 2 kali yang menandakan ia dikasihi Allah (sesuai dengan namanya YEDIDYAH), namun jika Salomo menyimpang dan tidak hidup menurut ketetapan-Nya, maka ada akibat yang harus ditanggungnya (keluarga dan keturunannya). Penyebab utama kejatuhan Salomo adalah mencintai banyak perempuan asing (yang bukan penyembah Allah Israel) dan hatinya terpaut untuk melakukan penyembahan berhala kepada allah-allah lain.

🙏 Doa:
Ya Tuhan, jagalah hatiku dengan segala kewaspadaan untuk tetap taat kepada Firman-Mu, agar jangan aku jatuh dalam dosa dan mengikuti kedaginganku. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : 1 Raja-raja 14-16
Ungkapan doa : Mazmur 98

SUKU MAMUJU
Lokasi : Sulawesi Barat
Populasi : 62.000

Doakan :
. Kebutuhan Alkitab berbahasa suku.
. Kebutuhan pengetahuan tentang kesehatan dan gizi. Banyak anak-anak kekurangan gizi dan angka kematian anak tinggi.
. Kebutuhan sumber daya untuk pendidikan lanjut.

https://joshuaproject.net/people_groups/12570/ID

Sabtu, 23 April 2022
~~~~~
📖 GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 1 Raja-raja 8:54-66
Doa ⇒ Baca ⇒ Renungkan ⇒ Bandingkan ⇒ Doa
~~~~~

DOA BERKAT

Akhir sebuah ibadah, biasanya ditutup dengan doa berkat yang dilakukan oleh pemimpin umat. Demikian juga ibadah penahbisan rumah Allah yang didirikan oleh Salomo ditutup dengan doa berkat. Dalam kesempatan ini, Salomo bertindak sebagai raja dan imam untuk menyampaikan pengajaran, menaikkan doa, dan memberi berkat (54-61). Kelak, tindakan Salomo ini sepenuhnya digenapi oleh Yesus Kristus, yang adalah Nabi, Imam, dan Raja sejati, yang melalui-Nya kita beroleh pendamaian dan berkat Ilahi.

Salomo mempersembahkan kurban keselamatan, sajian, dan bakaran bagi Allah (62-64). Semua persembahan ini bertujuan untuk menyucikan Bait Allah. Ia memanjatkan doa syukur karena Allah rela menyediakan “Tempat. perhentian” bagi umat-Nya. Biasanya istilah “Tempat perhentian” ini dipakai untuk menunjukkan tanah perjanjian. Dengan berdirinya Bait Allah, bangsa Israel merasakan bahwa semua yang Allah janjikan kepada mereka sebagai suatu bangsa sudah lengkap. Rakyat Israel sudah memiliki wilayah dan UUD berupa Hukum Taurat. Mereka juga memiliki seorang raja sebagai pemimpin politik mereka. Ditambah bangunan Bait Allah secara simbolis menyatakan kehadiran “Raja atas segala raja” dalam kehidupan mereka. Apa lagi yang mereka butuhkan?

Sebagai bentuk doa syukur atas kebaikan Allah, Salomo mengadakan perayaan bersama umat Israel selama tujuh hari (65-66). Di balik pengucapan syukur itu ada kesadaran bahwa semua anugerah itu tidak menjamin mereka tetap diberkati. Berkat-Nya akan terus mengalir apabila ikatan perjanjian itu tetap dipelihara (57,58).

Renungkan: Hakikat berkat terpusat pada si pemberi berkat, dan bukan si penerima berkat. Kehadiran Allah di dalam Kristus Yesus sebagai Imanuel merupakan berkat terbesar. Ia bukan hanya menopang kita, tetapi juga menyertai perjalanan hidup kita dalam suka dan duka.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 1 Raja-raja 9:1-9 – Peringatan untuk Tetap Setia

📖 GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah II
Sabtu, 23 April 2022
~~~~~
KEBANGKITAN KRISTUS YANG MEMULIHKAN
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 150
1 Samuel 17:32-51
Lukas 24:36-40

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 24 April 2022.

Mazmur 150
Kitab Mazmur ditutup dengan puji-pujian kepada Allah. Banyak ungkapan perasaan Pemazmur kepada Allah, dituangkan dalam kitab ini. Hatinya penuh dengan kekaguman akan kebesaran Allah. Nyanyian pujian terakhir ini merupakan klimaks dari luapan penyembahannya kepada Allah. Berbagai alat musik digunakan untuk mengungkapkannya. 
Pemazmur mengajak kita semua yang bernafas untuk memuji Tuhan.

▶️ Mazmur 150 – Yoshia Benedict – Yamuger https://youtu.be/0VgL_xOD4yw

1 Samuel 17:32-51
Semua orang Israel, bahkan Saul boleh takut dan gemetar karena Goliat. Namun Daud tidak demikian. Daud memiliki sudut pandang iman yang benar. Daud melihat Allah yang besar melebihi kebesaran Goliat. Ia percaya bahwa Allah tidak akan membiarkan diri – Nya dipermalukan dan dihina oleh Goliat. Keberanian Daud dilandasi oleh kehendak untuk memuliakan nama Allah berbekal pengalaman rohani dan keahlian mengumban yang dimilikinya. Mari periksa diri bagaimana kita menghadapi pergumulan dan masalah kita?

Lukas 24:36-40
Yesus memahami bahwa murid – murid – Nya perlu dikuatkan imannya. Karena itu Ia menampakkan diri dan menunjukkan bahwa Ia sungguh bangkit dan rela memperlihatkan tangan dan kaki supaya murid – murid – Nya tahu bahwa yang mereka lihat adalah Yesus yang kemarin benar – benar mati namun sudah bangkit. Yesus memastikan bahwa murid – murid – Nya tidak melihat hantu melainkan melihat Yesus. Dalam menghadapi pergumulan apa pun, mari ingat bahwa kita memiliki Allah yang hidup dan yang selalu memahami dan menyertai kita.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Kisah Para Rasul 5:27-32
Mazmur 118:14-29
Wahyu 1:4-8
Yohanes 20:19-31