Gemass 22 April 2022

Jumat, 22 April 2022
~~~~~~
๐Ÿ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Sudah tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
๐Ÿ—“ Hari 96
Bagian 7 : KEBANGKITAN DAN KEJATUHAN BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: 1 Raja-raja 8-10
Ungkapan doa : Mazmur 96
~~~~~
ALKITAB SUARA
๐ŸŽง GEMASS – Hari 96
https://drive.google.com/folderview?id=1WGogBmpGB3vHSIDtEpUMZzC1tcVQePGN

๐ŸŒŸ 1 Raja-raja 8:60-61 (TB)
_supaya segala bangsa di bumi tahu, bahwa TUHANlah Allah, dan tidak ada yang lain,
dan hendaklah kamu berpaut kepada TUHAN, Allah kita, dengan sepenuh hatimu dan dengan hidup menurut segala ketetapan-Nya dan dengan tetap mengikuti segala perintah-Nya seperti pada hari ini.”_

๐Ÿ’ก Tuhan mau kita sungguh mengenal Dia sehingga tidak lagi ada ilah-ilah yang lain. Hidup kita dikhususkan hanya buat Dia sehingga tidak ada lagi konflik ketika kita menaati FirmanNya bahkan kita melakukan perintah-perintah-Nya dengan sukacita.

๐Ÿ™ Doa:
Tuhan pisahkan aku dari keinginan dosa serta nilai-nilai dunia sehingga aku dapat menuruti perintah-perintah-Mu dengan sukacita. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : 1 Raja-raja 11-13
Ungkapan doa : Mazmur 97

๐Ÿ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah II
Jumat, 22 April 2022
~~~~~
KEBANGKITAN KRISTUS YANG MEMULIHKAN
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 150
1 Samuel 17:19-32
Kisah Para Rasul 5:17-26

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 24 April 2022.     

Mazmur 150
Kitab Mazmur ditutup dengan puji-pujian kepada Allah. Banyak ungkapan perasaan Pemazmur kepada Allah, dituangkan dalam kitab ini. Hatinya penuh dengan kekaguman akan kebesaran Allah. Nyanyian pujian terakhir ini merupakan klimaks dari luapan penyembahannya kepada Allah. Berbagai alat musik digunakan untuk mengungkapkannya. 
Pemazmur mengajak kita semua yang bernafas untuk memuji Tuhan.

โ–ถ๏ธ Mazmur 150 – Yoshia Benedict. – Yamuger https://youtu.be/0VgL_xOD4yw

1 Samuel 17:19-32
Ketika Daud melaksanakan tugas dari ayahnya untuk menjenguk kakak – kakaknya di medan perang, dia melihat Goliat, orang Filistin, mencemooh orang Israel. Goliat yang berbadan besar itu membuat takut orang Israel. Jiwa patriot Daud tergerak, dia menawarkan diri untuk melawan Goliat yang tidak ber Tuhan. Sedangkan orang Israel punya Tuhan yang perkasa.
Dalam menghadapi tantangan, jangan melihat besarnya masalah, tetapi andalkan Tuhan yang Maha Besar.

Kisah Para Rasul 5:17-26
Pemberitaan Injil mulai tersebar, orang percaya pun bertambah. Hal ini menimbulkan iri hati Imam Besar dan pengikutnya. Mereka menangkap dan memenjarakan para Rasul. Mujizat terjadi, malaikat Tuhan melepaskan para Rasul dan memerintahkan mereka untuk terus memberitakan Injil. Pemberitaan Injil juga menjadi tugas kita selaku anak – anak Tuhan. Apapun halangannya, beritakanlah Injil dengan mengandalkan kuasa Tuhan.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 150
1 Samuel 17:32-51
Lukas 24:36-40

Jumat, 22 April 2022
~~~~~
๐Ÿ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi โ€“ Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 1 Raja-Raja 8:22-53
Doa โ‡’ Baca โ‡’ Renungkan โ‡’ Bandingkan โ‡’ Doa
~~~~~

RUMAH DOA

Apa artinya rumah bagi anda? Seberapa pentingkah rumah dalam hidup anda? Dalam bahasa Inggris, rumah mengacu pada dua kata, yaitu house dan home. Kata โ€œhouseโ€ lebih mengacu kepada struktur bangunan rumah untuk ditempati. Sedangkan kata โ€œhomeโ€ mengacu pada kondisi, tempat atau suasana hati di mana seseorang merasa betah, nyaman, dan merasa memiliki atau menjadi bagian dari tempat tersebut. Jikalau demikian, apa artinya Bait Allah sebagai rumah doa?

Setelah Salomo melihat peristiwa kemuliaan Allah memenuhi Bait-Nya, sejak itu Ia menyapa Allah dengan sebutan โ€œTUHAN, Allah Israelโ€ (17,20,23,25-26,28,53). Sebutan ini memperlihatkan bahwa keberadaan serta kesejahteraan Israel tergantung dan bersumber kepada diri Allah dan perjanjian-Nya (23-25,53). Dalam doanya, Salomo menginginkan Bait Allah ini menjadi rumah doa yang terbuka bagi seluruh bangsa. Hal itu terlihat dalam permohonan Salomo kepada Allah, yaitu: doa permohonan agar keadilan dan pengampunan Allah dinyatakan bagi mereka yang mengakui dosa mereka (31-34); permohonan akan berkat Allah atas kesuburan tanah dan iklim yang baik (35-40); permohonan akan berkat untuk orang asing yang mencari Allah (41-43); permohonan akan perlindungan Allah dalam menghadapi musuh di medan peperangan (44-45); permohonan akan pengampunan dosa dan pemulihan setelah menerima penghukuman Allah (45-51). Segala macam kebutuhan dan persoalan hidup boleh dipanjatkan dalam Bait-Nya yang mulia dan kudus, sebab Allah Pencipta langit dan bumi rela โ€œtinggalโ€ di rumah buatan manusia yang kecil, tidak kekal serta mudah rusak ini (27).

Renungkan: Gereja seyogianya menjadi rumah doa yang terbuka bagi setiap lapisan sosial, agar setiap orang dapat memiliki kesempatan untuk mengenal dan menyerahkan hidupnya dengan bersandar penuh kepada Dia.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 1 Raja-raja 8:54-66 โ€“ Doa Berkat