Gemass 21 Mei 2022

Sabtu, 21 Mei 2022
~~~~~
📖 GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
🗓 Hari 125
Bagian 8 : NABI-NABI SEBELUM MASA PEMBUANGAN
Bacaan hari ini: Yesaya 61-64
Ungkapan doa : Mazmur 120
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 125
https://drive.google.com/folderview?id=11iL_3VCGtSKHAjCCl0ct42hno6K5CIYX

🌟 Yesaya 64:4 (BIMK)
Belum pernah ada yang mendengar, dan belum pernah ada yang melihat bahwa selain Engkau, ada ilah yang bertindak, bagi orang yang berharap kepadanya.

💡 Jika kita sedang dalam masalah, apapun bentuknya, jangan ragu datang kepada Tuhan dan berserah penuh kepada-Nya, maka kita akan dimampukan untuk melewatinya, karena Dia tahu yang terbaik bagi umat-Nya.

🙏 Doa:
Ya Tuhan, ajar aku semakin datang menjalin dan berelasi intim pada-Mu sehingga segala yang terjadi saat ini maupun ke depan nanti hanya kehendak dan rencana-Mu yang berlaku dalam hidupku. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : Yesaya 65-66
Ungkapan doa : Mazmur 121

SUKU BERAU
Lokasi : Kalimantan Timur
Populasi : 23.000

Doakan :
. Kebutuhan Alkitab terjemahan berbahasa suku.
. Kebutuhan akan pendidikan formal, terkhusus untuk yang masih hidup nomaden.
. Pengelolaan secara optimal sumber daya alam yang sebenarnya sangat melimpah, sehingga dapat memberikan kehidupan yang lebih baik dan mandiri bagi suku Berau.

https://joshuaproject.net/people_groups/13439/ID

Sabtu, 21 Mei 2022
~~~~~
📖 GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 2 Raja-Raja 3:1-27
Doa ⇒ Baca ⇒ Renungkan ⇒ Bandingkan ⇒ Doa
~~~~~

SIAPA YANG ANDA ANDALKAN?

Siapa atau apa pusat hidup seseorang akan nyata melalui tindakan-tindakan yang ia ambil. Kalau Tuhan yang menjadi pusat hidupnya, maka ia pasti menaati pimpinan-Nya dan hidup dalam kebenaran dan kesalehan.

Yoram memang tidak meniru dosa ayah dan ibunya menyembah Baal dan Asyera (2), tetapi ia juga tidak berpaling kepada Tuhan, Allah Israel. Ia mengikuti dosa Yerobeam bin Nebat, yaitu menyembah lembu emas di Betel dan Dan (lih. 1 Raj. 12:25-33). Itu sebabnya ketika raja Mesa memberontak, Yoram memilih bergantung pada sekutunya daripada meminta petunjuk Allah. Israel (4-8). Sikap Yoram untuk mengatasi pemberontakan Moab menunjukkan kepada siapa ia berharap. Seharusnya Yoram lebih dulu meminta petunjuk Tuhan sebelum mencari bantuan raja Yehuda dan Edom, bukan mencari Tuhan setelah ia menemui kesulitan di padang gurun Edom dan hilang semangatnya (10).

Sebaliknya, Yosafat mencari Tuhan melalui. perantaraan nabi Elisa, walaupun ia ikut-ikutan melawan Moab. Sikap nabi Elisa yang mencari petunjuk Tuhan dalam perkara Yoram patut kita teladani. Ia tidak menjadikan pengakuan pegawai raja bahwa dirinya pengganti nabi Elisa sebagai jalan untuk memegahkan diri sendiri (11-12,15). Ia juga tidak menolak membantu Yoram walaupun ia tidak suka terhadap sikap Yoram (13-14). Yoram yang telah berjalan menurut rencananya sendiri kini menghadapi fakta bahwa Tuhan, Allah Israel berkuasa memberikan kemenangan baginya. (16-25). Kemenangan
Yoram juga membuktikan bahwa Tuhan, Allah Israel lebih berkuasa daripada para allah sesembahan Moab (26-27).

Renungkan: Bila andalan hidup anda adalah Tuhan, maka bersama-Nya anda akan menang terhadap segala masalah.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org

▶ Video Pelengkap Bacaan:
Berpikir Negatif terhadap Tuhan (2 Raja-raja 3) | Petrus Kwik | Bible Every Day
https://youtu.be/IRbK7RlLgVs
~~~~~
Bacaan besok : 2 Raja-Raja 4:1-7 – Hamba Tuhan bagi Semua Orang

📖 GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah VI
Sabtu, 21 Mei 2022
~~~~~
WARISAN DAMAI SEJAHTERA
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 67
Amsal 2:9-15
Lukas 19:1-10

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 22 Mei 2022.

Mazmur 67
Pemazmur mengharapkan tiga aspek berkat dari Tuhan yaitu perlindungan, kasih karunia dan damai sejahtera. Tapi berbeda dengan kebanyakan orang yang mengharapkan berkat untuk dirinya sendiri, disini pemazmur mengharapkan belas kasihan dan berkat Tuhan harus mengalir juga  bagi seluruh umat manusia melalui bangsa pilihan Tuhan yang telah menerima berkat-Nya. 
Begitu jugalah dengan kita yang telah menerima berbagai berkat Tuhan, janganlah kita menyimpannya hanya untuk diri kita saja. Mari alami kepenuhan anugerah Tuhan dengan membagikan berita keselamatan, sehingga semakin banyak orang yang menikmati anugerah Tuhan.

▶️ Mazmur 67 – Kolinda Marta Nauli – GKI Raya Hankam https://youtu.be/4U1sF_rQa3M

Amsal 2:9-15
Setiap orang tua selalu ingin dapat mewariskan hal yang paling berharga kepada anak-anaknya. Itulah yang disampaikan dalam Amsal ini. Warisan yang paling berharga itu adalah ajaran dan nasihat untuk dapat memahami kehidupan dengan bijaksana, terus mencari dan mengejarnya sampai menemukan apa artinya takut akan TUHAN dan mendapatkan pengetahuan tentang-Nya. Sehingga si anak akan menjalani kehidupan yang penuh dengan hikmat dan kebijaksanaan Tuhan, penuh kebaikan, kejujuran dan keadilan. Semua pengertian dan kecerdasannya akan melindungi, serta mencegahnya dari mengikuti cara hidup yang tidak baik. Sehingga kehidupannya kelak menjadi kesaksian tentang Tuhan bagi orang banyak.
Sudahkah kita mempersiapkan warisan ini untuk generasi kita selanjutnya?

Lukas 19:1-10
Pertobatan yang dialami Zakheus sungguh luarbiasa. Zakheus yang ingin melihat Yesus, dengan tulus rela merendahkan diri menerobos segala penghalang dan berupaya sampai bisa melihat-Nya. Yesus melihat dan mengenal hal ini. Yesus mengundang diri-Nya sendiri untuk datang ke rumah Zakheus dan Dia membukakan hati Zakheus untuk menerima-Nya. Zakheus tidak dibenarkan oleh perbuatannya, tetapi Zakheus membuktikan di depan umum bahwa dia telah menjadi petobat sejati melalui perbuatannya yang baik. Zakheus dinyatakan sebagai orang yang bahagia karena dia telah diselamatkan, berbalik dari dosanya dan hidup dalam Tuhan.
Tidak ada keselamatan di luar Yesus Kristus, Dia datang ke dunia yang terhilang ini untuk mencari dan menyelamatkan semua manusia berdosa. Semua kita yang telah percaya dan telah diselamatkan menjadi rekan kerja-Nya untuk terus mewujudkan rencana keselamatan-Nya ini.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Kisah Para Rasul 16:9-15
Mazmur 67
Wahyu 21:10,22-22:5
Yohanes 14:23-29