Gemass 21 Juni 2022

Selasa, 21 Juni 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 156
Bagian 9 : HIKMAT BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: Amsal 10-12
Ungkapan doa : Mazmur 1
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 156
https://drive.google.com/folderview?id=13hRqDpCWq0VcimHlnQ4WjWLDCDVxWhGH

🌟 Amsal 12:28 (TB)
Di jalan kebenaran terdapat hidup, tetapi jalan kemurtadan menuju maut

πŸ’‘ Jalan mana yang akan kita pilih untuk mengisi kesempatan-kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita?

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan, ajar aku mengerti kehendak-Mu, sehingga dapat memilih jalan kebenaran dan bukan pemberontakan. Amin.
~~~~~~
Bacaan besok : Amsal 13-15
Ungkapan doa : Mazmur 2
Selasa, 21 Juni 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1-2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 2 Raja-Raja 20:12-21
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

KETIKA HARTA MENJADI YANG TERUTAMA

Orang yang bijaksana menaruh pengharapannya pada hal-hal yang bernilai kekekalan. Baginya, hal-hal yang sementara seperti: kekayaan, kesehatan, kepandaian, dan kekuasaan walaupun penting, bukan hal yang utama. Ia tidak akan menjadikan hal-hal tersebut sebagai alat pengukur kebahagiaan. Sebab kebahagiaan adalah anugerah Tuhan yang membuat seseorang beroleh persekutuan denganNya dan dapat menikmati. kebaikan-Nya.

Sebagai seorang raja, Hizkia tentu tidak kekurangan apa-apa bahkan berlimpah dalam segala sesuatu. Kekayaannya pasti signifikan sehingga ia dengan bangga memperlihatkannya kepada para utusan raja Babel (13). Sebenarnya untuk apa Hizkia pamer kekayaan? Sangat mungkin untuk menimbulkan kesan pada raja Babel bahwa Yehuda berjaya dan rajanya perkasa. Atau untuk menunjukkan bahwa Hizkia dapat membayar upeti kepada Babel demi keamanan bangsanya, Yehuda. Tanpa disadari, Hizkia sudah terjebak oleh ukuran dunia tentang jaminan hidup, yaitu kekayaan, kekuasaan, dan hikmat. Padahal peringatan Allah kepada raja Israel akan godaan kekayaan sudah disampaikan di dalam kitab Ulangan (Ul.17:17b). Itu sebabnya, nabi Yesaya mengingatkan raja Hizkia bahwa semua kekayaan itu kelak akan diangkut ke Babel, termasuk keturunan Hizkia juga akan ditawan di tanah pembuangan (2 Raj. 20:17-18). Respons Hizkia menunjukkan ketidakpekaannya bahwa sikap menggantungkan diri pada kekayaan adalah dosa. Bagi Hizkia, kekayaannya sekarang menjamin hidup damai dan keamanan (19b).

Renungkan: Ajaran Tuhan Yesus mengenai hidup ini adalah β€œcarilah dahulu Kerajaan Allah, maka semua (kebutuhan hidup) akan ditambahkan kepadamu.” Waktu kita belajar mengutamakan. Tuhan, bukan harta dan takhta, Dia akan. melimpahkan hal-hal itu sesuai dengan kehendak-Nya.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org

β–Ά Video Pelengkap Bacaan:
Kesombongan dan Egoisme yang Tak Disadari (2Raja-raja 20) | Petrus Kwik | Bible Every Day

~~~~~
Bacaan besok: 2 Raja-Raja 21:1-26 – Manasye dan Amon, Raja yang Keji
 πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Biasa-1
Selasa, 21 Juni 2022
~~~~~
KUASA KRISTUS MEMBAWA PERUBAHAN
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 64
Ayub 19:1-22
Efesus 2:11-22

Tersedia dalam apps GKI Layur
Https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 19 Juni 2022.

Mazmur 64
Pemazmur menghadapi musuh yang sangat kejam, tanpa ampun, suka memfitnah, merencanakan kejahatan yang rapi dan keji. Namun perlindungan Allah membuat rencana musuhnya gagal dan porak poranda bahkan semua berbalik menjadi senjata makan tuan. Karena itu pemazmur berani mengajak para pembacanya untuk selalu berlindung pada Tuhan. Mereka yang jujur akan dibela Tuhan dan bermegah pada akhirnya.

Ayub 19:1-22
Ayub tidak terima dituduh teman-temannya telah melakukan dosa sehingga mengalami semua penderitaan. Ayub membela diri bahwa apa yang dialaminya itu bukan karena kesalahannya melainkan ia merasa Allah sedang melawan dia dan sedang tidak ada di pihaknya. Penderitaan Ayub jadi dobel karena kawan-kawannya tidak memahaminya dengan baik. Mungkin diantara kita juga ada yang sedang merasakan apa yang dialami Ayub, tetap berfokus kepada Yesus agar dikuatkan dan mengalami kemenangan.

Efesus 2:11-22
Di dalam Kristus, kita semua dipersatukan oleh pendamaian yang dilakukanNya melalui kematian dan kebangkitanNya. Kesatuan ini membuat semua perbedaan tidak menjadi pemisah melainkan menjadi satu kesatuan yang indah dan saling memperlengkapi dan saling melayani satu sama lain. Tidak boleh ada yang merasa sendirian dan asing di dalam persekutuan tubuh Kristus (gereja). Mari ambil bagian kita masing-masing untuk mewujudkan kesatuan ini khususnya di gereja kita.

Renungan pelengkap:
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat


~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 64
Yehezkiel 32:1-10
Lukas 9:37-43