Gemass 21 Februari 2021

📖 GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
🗓 Hari 35
Bagian 4 : PERJANJIAN DI GUNUNG SINAI
Bacaan hari ini: Imamat 16-18
Ungkapan doa: Mazmur 35
~~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 35
https://drive.google.com/folderview?id=12EeAdhC6QTao82vjuf8dNM80x07OouSP

🌟 Imamat 16:30 (TB)
Karena pada hari itu harus diadakan pendamaian bagimu untuk mentahirkan kamu. Kamu akan ditahirkan dari segala dosamu di hadapan TUHAN.

💡 Hanya orang yang suci dan dibersihkan dari dosa bisa menghadap Allah yang Maha Suci. Oleh sebab itu, manusia yang berdosa harus bertobat dan ditahirkan agar bisa bergaul karib dengan Allah.

🙏 Doa:
Tuhan, ajar aku untuk terus menjaga kesucian hidupku sehingga aku bisa terus dekat dengan Engkau. Dalam nama Yesus, aku berdoa. Amin.

~~~~~~
Bacaan besok: Imamat 19-20
Ungkapan doa: Mazmur 36
~~~~~~
📖 GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB BILANGAN

Bacaan hari ini : Bilangan 12:1-15
Doa ⇒ Baca ⇒ Renungkan ⇒ Bandingkan ⇒ Doa
~~~~~~

HORMATI HAMBA TUHAN 

Menjadi pelayan Tuhan tidak membuat seseorang kebal dari isu atau hasutan yang menimpa orang yang bekerja di bidang bisnis atau politik. Bak pohon yang makin tinggi makin sering diterjang angin, begitulah pelayan Tuhan sering mendapat sorotan. Musa pun mengalami hal serupa. Hasutan itu ditiupkan oleh saudaranya, yaitu Miryam dan Harun (1-2). Mereka iri terhadap otoritas yang dimiliki Musa. Mereka beranggapan bahwa status mereka sederajat dengan Musa.

Bagaimana Musa menghadapi isu tersebut? Musa tidak bereaksi. Ia adalah seorang yang berhati lembut (3). Kelembutannya lahir dari kedekatannya dengan Tuhan (7-8). Tidak ada yang dilakukannya untuk menyanggah serangan kata-kata Miryam dan Harun. Tuhan yang kemudian bertindak membela Musa. Campur tangan Tuhan memperlihatkan betapa seriusnya masalah ini bagi Tuhan. Untuk mencegah terjadinya perpecahan, Tuhan mempertemukan ketiga orang tersebut dan membuka isu itu dalam terang firman-Nya (4-8). Tuhan menyatakan firman-Nya secara khusus kepada Musa, lebih istimewa daripada kepada nabi lain (6-8). Tuhan menyatakan hak-Nya yang memercayai Musa mengemban tugas membebaskan bangsanya keluar dari Mesir. Karena itu, Tuhan sangat murka atas Miryam dan menghukumnya dengan penyakit kusta (9-10). Mungkin Miryam adalah “otak” dari hasutan ini. Melihat hal itu, Harun menyatakan penyesalannya dan meminta belas kasihan Musa. Lalu Musa, pria yang lembut hati itu, datang kepada Tuhan dan memohon kesembuhan untuk Miryam (11-13). Namun, Tuhan tetap menginginkan Miryam dihukum selama tujuh hari (14-15).

Renungkan: Bagi para pelayan Tuhan kisah ini menjadi penghiburan yang menguatkan. Tuhan memerhatikan dan turun tangan membela pelayan-Nya. Ini juga menjadi peringatan keras bagi sesama hamba Tuhan untuk tidak saling bersaing, melainkan saling mendukung dan menghormati. Menghormati Tuhan berarti menghormati hamba-hamba-Nya.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab Bilangan
https://www.su-indonesia.org

~~~~~~
Bacaan besok : Bilangan 12:16-13:20 — Karya Sebagai Bukti

💠 BACA GALI ALKITAB (BGA) 3
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
BILANGAN 12:1-15

Kisah ini menceritakan bahwa Miryam dan Harun merasa tidak puas atas posisi Musa sebagai pemimpin bangsa Israel. Keduanya iri hati terhadap kekuasaan yang dimiliki oleh Musa. Saat Musa ditantang oleh orang-orang dekatnya, ia belajar bersandar kepada Allah dan percaya bahwa Allah akan menolong dan melindunginya.

💠 Apa saja yang Anda baca?
1. Siapa yang menghujat dan mempertanyakan kepemimpinan Musa (1-2)?
2. Apa reaksi Musa saat ia melihat orang-orang dekatnya mengajukan protes (3)?
3. Apa pembelaan yang Tuhan lakukan terhadap Musa(4-10)?
4. Apa hukuman Tuhan kepada Miryam (9-10)?
5. Siapakah yang memohon pengampunan kepada Musa dan apa yang dilakukan Musa (11-15)?

💠 Apa pesan yang Allah sampaikan kepada Anda?
1. Pelajaran apa yang Anda pelajari tentang figur hamba Allah?
2. Apa peringatan yang Anda dapatkan berkenaan dengan pelecehan terhadap hamba Tuhan?

💠 Apa respon Anda?
1. Apa yang Anda lakukan ketika Anda berbuat kesalahan terhadap hamba Tuhan di gereja Anda?

POKOK DOA :
Agar kita diberi kepekaan oleh Tuhan untuk menghargai para rohaniwan yang ada di gereja.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab Bilangan
https://www.su-indonesia.org

📖 GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun B
Prapaskah I
Minggu, 21 Februari 2021
~~~~~~
KASIH SETIA ALLAH KEPADA CIPTAAN-NYA

Bacaan hari ini:
Kejadian 9:8-17
Mazmur 25:1-10
1 Petrus 3:18-22
Markus 1:9-15
~~~~~~

SELAMAT MEMASUKI MINGGU PRAPASKAH I, SELAMAT BERIBADAH!

Kejadian 9:8-17
Setelah air bah surut Nuh, keluarganya, serta semua mahluk hidup yang ada dalam bahtera keluar dari bahtera, Tuhan berjanji akan memelihara Nuh sekeluarga dengan semua ciptaan yang masih hidup. Tuhan berjanji tidak akan memusnahkan dengan air bah lagi. Janji tersebut diteguhkan dengan munculnya pelangi. Kita pun juga wajib untuk mentaati perjanjian tersebut dengan sikap memelihara kehidupan manusia dan semua ciptaan.

Mazmur 25:1-10
Pemazmur rindu untuk berjalan dalam kebenaran Tuhan. Ia menyadari bahwa Tuhan yang baik dan benar layak dipercaya, diandalkan, dan ditaati kehendak-Nya. Tuhan berkenan kepada orang yang dengan rendah hati mengakui dosa dan kembali kepada Tuhan. Karena itu pemazmur tetap mengandalkan Tuhan supaya tidak dipermalukan musuh. Apakah kita rindu untuk terus berjalan dalam jalan kebenaran Tuhan ataukah masih memilih jalan sendiri?

▶ Mazmur 25:1-10 – Acien
YKB GKI TV

1 Petrus 3:18-22
Perikop ini tidak berbicara tentang penginjilan untuk orang mati. Petrus hendak menegaskan perlunya tetap bertahan meski diejek dan menderita karena percaya menantikan kedatangan Tuhan. Kita yang sudah diselamatkan berkewajiban untuk menyatakan hidup yang sudah diubahkan Kristus supaya sesama kita datang mengenal dan menyembah Yesus Kristus.

Markus 1:9-15
Kita dibaptis menjadi murid Kristus dan diperlengkapi Roh Kudus supaya kita menjadi agen Kerajaan Allah yang membawa suasana sorgawi ke dalam dunia yang sudah makin rusak karena dosa. Hidup kita harus memperagakan pertobatan dan nilai-nilai Kerajaan Allah yang kita bawa. Itu modal utama kita untuk memberitakan pertobatan dan kedatangan Kerajaan Allah. Mari pakai minggu pertama Pra Paskah ini untuk memeriksa hidup kita dan mengambil langkah pertobatan.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat
~~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 77
Ayub 4:1-21
Efesus 2:1-10