Gemass 21 April 2022

Kamis, 21 April 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Sudah tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 95
Bagian 7 : KEBANGKITAN DAN KEJATUHAN BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: 1 Raja-raja 4-7
Ungkapan doa : Mazmur 95
~~~~~
ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 95
https://drive.google.com/folderview?id=1HRxvepKiXCSJ048uEYSae6DhZCx3gTm_

🌟 1 Raja-Raja 4:29-30
Dan Allah memberikan kepada Salomo hikmat dan pengertian yang amat besar, serta akal yang luas seperti dataran pasir di tepi laut, sehingga hikmat Salomo melebihi hikmat segala bani Timur dan melebihi segala hikmat orang Mesir.

πŸ’‘ Berkat Tuhan selalu mengikuti kehidupan orang-orang yang takut akan Tuhan.Tempat, keadaan, situasi, waktu, siapa pun dan apa pun tidak akan mampu menghentikan berkat-berkat Tuhan selama kita mengasihi Tuhan dan mengutamakan Dia, karena Dia adalah Sumber segala berkat. Ketika Salomo hidup takut akan Tuhan berkat-berkat Tuhan selalu mengikutinya.

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan, ajar aku untuk taat dan setia kepada Firman-Mu, karena berkat terbesar yaitu keselamatan sudah ku terima dari Mu. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : 1 Raja-raja 8-10
Ungkapan doa : Mazmur 96

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah II
Kamis, 21 April 2022
~~~~~
KEBANGKITAN KRISTUS YANG MEMULIHKAN
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 150
1 Samuel 17:1-23
Kisah Para Rasul 5:12-16

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 24 April 2022.            
Mazmur 150
Kitab Mazmur diakhiri dengan penggambaran umat Allah yang terlibat dalam penyembahan kepada Tuhan dengan penuh sukacita. Dialah satu-satunya yang layak mendapatkan pujian paling megah dan paling mulia. Sebuah kesimpulan yang menggambarkan semua kisah kebesaran kasih dan karya Tuhan dalam sepanjang sejarah hidup manusia. Dia yang telah berulang kali bertindak demi kesejahteraan dan keselamatan umat-Nya, harus dan layak menjadi objek kasih terdalam umat-Nya. Kita pun diajak untuk memuji Tuhan atas apa yang telah Dia lakukan untuk membebaskan umat-Nya. Keselamatan kita dijaminkan di dalam diri Yesus Kristus dan itu semua karena anugerah-Nya. Sudah sepatutnya hati kita tergerak untuk melakukan apa yang pemazmur katakan: Pujilah Tuhan!
 
▢️ Mazmur 150 – Yoshia Benedict – Yamuger https://youtu.be/0VgL_xOD4yw

1 Samuel 17:1-23
Deskripsi Goliat menimbulkan rasa takut – tubuh yang besar, baju zirah dan peralatan militer yang besar, kata – kata yang mengejek dan merendahkan. Walaupun Saulus dan seluruh tentaranya biasa dan mahir berperang, tetapi sosok Goliat yang besar membuat mereka cemas dan sangat takut. Sementara Daud, penggembala domba, anak bungsu Isai – melihat dengan mata dan telinga yang berbeda. Dia melihat dan mendengar Goliat dari perspektif yang berbeda, perspektif yang memandang bahwa Tuhan jauh lebih besar dan berkuasa dari apapun. Daud mengajarkan kita untuk melihat dan mendengar dari perspektif Tuhan, caranya menempel dan lekat pada – Nya.

Kisah Para Rasul 5:12-16
Jemaat mula – mula berdoa agar Tuhan memberikan kuasa untuk mengadakan tanda dan mujizat (Kis.4:29-30) dan doa ini telah terjawab melalui para rasul. Para rasul banyak mengadakan tanda dan mujizat dalam nama Tuhan Yesus, sehingga banyak orang dipulihkan. Persekutuan yang erat dari para orang percaya ini membuat jumlah orang percaya semakin bertambah, baik laki – laki maupun perempuan. Kebangkitan Kristus, kenaikan – Nya dan turunnya Roh Kudus telah mengubah hati para rasul. Mereka tidak lagi gentar memberitakan Injil, menyembuhkan orang dalam nama Tuhan Yesus. Kebangkitan Kristus juga harus mengubah sikap hati dan mentalitas kita sebagai anak Tuhan saat ini. Memang kita tidak memiliki kuasa untuk mengadakan tanda dan mujizat, tetapi kita dapat menggunakan hidup kita sebagai sarana memberitakan Injil Kristus dalam berbagai aspek yang kita tekuni.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 150
1 Samuel 17:19-32
Kisah Para Rasul 5:17-26

Kamis, 21 April 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 1 Raja-Raja 8:1-21
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

HADIRAT ALLAH

Apa yang dilakukan oleh kebanyakan orang apabila rumahnya selesai dibangun? Hal pertama yang dilakukan adalah mengisi rumah baru dengan segala perabotan yang dibutuhkan. Tindakan serupa dilakukan Salomo saat Bait Allah selesai. dibangun. Ia memindahkan Tabut Perjanjian Allah serta segala barang kudus-Nya yang ada di Sion ke Yerusalem. Pemindahan Tabut Allah dilaksanakan pada hari raya Etanim (1-4).

Apa maksud Salomo di balik pemindahan Tabut Perjanjian itu? Ada tiga alasan utama, yakni: Pertama, menempatkan Tabut Allah pada tempat yang seharusnya karena tabut tersebut merupakan simbol kehadiran Allah (9). Kedua, mengingatkan bangsa Israel akan perjanjian Allah terhadap leluhur mereka di masa lampau dalam peristiwa di Mesir (9,16,21). Salomo secara tidak langsung menekankan bahwa perjanjian tersebut masih berlaku sampai saat ini. Ketiga, memenuhi keinginan hati Daud agar nama Allah ada di tengah-tengah umat-Nya (17-18). Di satu sisi, Salomo telah menyelesaikan amanah Daud (13). Di sisi lain, ia menggenapi janji Allah kepada ayahnya (20).

Saat Tabut Allah ditempatkan di ruang maha kudus, hadirat dan kemuliaan Allah menutupi Bait Allah (5-8). Melihat kemuliaan Allah, Salomo membuat pengakuan bahwa Allah Israel adalah Allah Pencipta yang bukan hanya berkuasa atas alam semesta, tetapi juga bertakhta dalam kekelaman atau kegelapan (12-13). Kekelaman yang dimaksud oleh Salomo adalah tempat yang tersembunyi, hening, dan penuh misteri serta keajaiban. Tanpa rahmat-Nya, manusia berdosa sulit menjangkaunya. Tempat itu hanya untuk orang-orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya. Dengan ini, Bait Allah bukan hanya menjadi rumah bagi Allah, tetapi juga tempat bagi umat-Nya menyembah dan mencari kehendak Allah.

Renungkan: Untuk dapat berkenan kepada Allah, seseorang harus hidup takut akan Allah (Ams 1:7).

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 1 Raja-Raja 8:22-53 – Rumah Doa