Gemass 20 November 2022

πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 308
Bagian 15 : UMAT KERAJAAN ALLAH
Bacaan hari ini : 1 Korintus 15-16
Ungkapan doa : Mazmur 148
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 308
https://drive.google.com/folderview?id=1NE9mt27qehg2VhDopt2Zb03Rq4VWzdbd

🌟 1 Korintus 15:58 (TB)
Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

πŸ’‘Nasihat Paulus di atas adalah nasihat yang sangat sesuai dengan teladan Paulus. Apa yang dinasihatkan Paulus kepada kita sudah dijalankan Paulus dalam kehidupannya sehari-hari. Beriman teguh, tidak goyah, giat selalu dalam melayani Tuhan sangat penting kita kerjakan sebagai murid Kristus sehingga nama Tuhan sungguh dimuliakan dalam hidup kita.

πŸ™ Doa:
Bapa di sorga, terimakasih untuk teladan Paulus bagiku. Tolong aku terus bersemangat menyenangkan hatiMu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : 2 Korintus 1-2
Ungkapan doa : Mazmur 149

~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi INJIL YOHANES

Bacaan hari ini : Yohanes 20: 19-23
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~
β–Ά Video Pelengkap Bacaan.
Yohanes 20: 19-31 | LUMO Indonesia

DIUTUS UNTUK BERSAKSI Β 
Β 
Malam pada hari kebangkitan-Nya, Yesus tiba-tiba hadir di tengah-tengah para murid untuk mengutus mereka supaya mereka menyatakan keselamatan bagi umat manusia (21-23). Padahal murid-murid Yesus baru saja melarikan diri ketika Ia ditangkap dan dibunuh, dan saat itu sedang ketakutan terhadap orang-orang Yahudi sehingga mereka harus mengunci pintu rapat-rapat. Lalu bagaimana mungkin mereka bisa menjadi wakil Yesus untuk menyatakan pengampunan dosa bagi manusia (19)?
Β 
Jawabannya ada pada kehadiran Yesus di tengah-tengah mereka yang menerobos segala keterbatasan. Ia hadir bukan untuk menegur sikap pengecut mereka, yang melarikan diri dan meninggalkan Dia saat Ia di salib. Yesus hadir untuk menyatakan damai sejahtera bagi mereka (19b, 21a). Damai sejahtera itu bukan didasarkan pada kondisi iman para murid melainkan pada kehadiran Yesus yang sudah bangkit.
Β 
Kehadiran Yesus membuktikan bahwa misi yang mereka emban bukan merupakan suatu misi yang mustahil karena di balik pengutusan itu, Roh Kudus akan berperan aktif. Apa artinya Yesus menghembusi mereka Roh Kudus? Kata menghembusi sama dengan kata yang dipakai Kejadian 2:7, ketika Allah “menghembuskan” nafas hidup kepada debu tanah yang dibentuk-Nya menjadi manusia pertama. Artinya, oleh Roh Kudus para murid menjadi lahir baru (bdk. Yoh. 3:5). Pada hari Pentakosta, apa yang Yesus telah berikan dalam ruang tertutup itu akan dinyatakan secara terbuka kepada orang banyak. Hal itu sekaligus menandakan era Roh Kudus yang memulai misi para murid Yesus dan gereja.
Β 
Yesus yang bangkit telah mengutus para murid-Nya untuk menjadi saksi-saksi-Nya. Dengan kuat kuasa Roh Kudus, gereja di sepanjang zaman dan segala tempat akan melanjutkan misi penyelamatan ini. Hari ini, tugas penginjilan ini diletakkan di pundak kita. Maukah kita menjadi saksi-saksi-Nya?

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Injil Yohanes
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : Yohanes 20:24-31 – Sikap kritis dan iman
πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Kristus Raja
Minggu, 20 November 2022
~~~~~
KRISTUS RAJA YANG
MENYELAMATKAN
~~~~~
Bacaan hari ini:
Yeremia 23:1-6
Mazmur 46
Kolose 1:11-20
Lukas 23:33-43

Tersedia dalam apps GKI Layur
Https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
SELAMAT HARI MINGGU,
SELAMAT BERIBADAH

Yeremia 23:1-6
Tuhan menuntut para gembala Yehuda, yakni para raja, imam dan nabi untuk bertanggung jawab atas semua bencana dan malapetaka yang didatangkan-Nya sebagai hukuman atas umat-Nya yang berdosa. Sebab penghukuman itu datang karena para gembala membiarkan umat-Nya tersesat dan malah menggiring mereka untuk menjalani hidup yang tercela di hadapan Allah. Karena itu, Allah sendiri yang akan turun tangan untuk mengumpulkan umat-Nya yang sudah tercerai-berai dan mengangkat pemimpin-pemimpin baru demi pembaruan hidup domba-domba-Nya. Suatu hari Ia akan mengganti para pemimpin yang korup tersebut dengan Seseorang yang berasal dari keturunan Daud. Seorang Raja nan bijaksana yang akan menegakkan keadilan dan kebenaran, serta memberikan keselamatan kepada umat yang sudah dipulihkan dan diperbarui. Juruselamat itu adalah Yesus Kristus. Melalui kematian-Nya, Ia memberikan teladan sempurna yang mencirikan seorang pemimpin sejati, yaitu selalu siap melayani sesama meskipun harus mengalami kerugian, bahkan penderitaan.
Mari jadikan Kristus sebagai teladan dalam setiap peran yang Tuhan percayakan kepada kita.

Mazmur 46
Dalam hidup ada begitu banyak kekhawatiran, ketakutan, dan ketidakpastian yang kita rasakan. Pertanyaannya, siapakah yang akan menjadi pegangan dan sandaran kita? Pemazmur mengingatkan bahwa kita punya Allah yang adalah kota benteng yang teguh. Karena itu, di tengah pergumulan dan kesukaran yang kita alami, Pemazmur mendorong kita untuk memandang pekerjaan Tuhan dan berdiam diri di hadapan-Nya. Ingatlah apa yang Tuhan kerjakan di dalam hidup kita dan lihatlah betapa Ia punya kuasa untuk mengatur segala sesuatu demi kebaikan kita. Jangan mengandalkan kekuatan sendiri, tetapi andalkanlah Tuhan. Dia tidak akan pernah mengecewakan kita.

▢️ Mazmur 46| Elly Diah P| YKB GKI TV

Kolose 1:11-20
Jemaat Kolose sudah percaya kepada Kristus. Tetapi, untuk dapat berbuah dalam pekerjaan baik, jemaat perlu terus memperoleh hikmat dan pengetahuan akan kehendak Allah. Tanpa itu, jemaat akan sangat mudah diombang-ambingkan oleh ajaran yang sesat. Karena itu, jemaat Kolose perlu menerima kekuatan dari Tuhan agar mereka dapat berpegang pada iman yang sejati secara kokoh. Jika tidak, jemaat akan mudah dikalahkan oleh orang-orang yang menentang iman mereka.
Seperti jemaat Kolose, kita juga membutuhkan hikmat, kekuatan dan mengenal kehendak Tuhan. Maka disiplin rohani harus terus kita kerjakan. Jika kita tetap setia membaca Alkitab, merenungkan dan menjadi pelaku firman, niscaya iman kita akan senantiasa berakar kuat, bertumbuh dan berbuah lebat, sehingga tidak mudah diombang-ambingkan oleh pengajaran dan situasi apa pun.

Lukas 23:33-43
Peristiwa pertobatan salah seorang penjahat yang disalibkan bersama-sama Yesus memiliki makna yang sangat luas. Pertobatan seorang penjahat di kayu salib merupakan contoh gemilang kemenangan Kristus atas para pemerintah dan penguasa, bahkan di saat Dia seolah-olah sudah dikalahkan oleh mereka. Sayangnya, salah satu dari kedua penjahat itu tetap berkeras hati meskipun sedang kesakitan dan berada dalam bayang-bayang maut. Ia tetap saja tidak mau merendahkan diri. Bahkan, ia ikut menghujat Yesus seperti yang lainnya. Namun, hal sebaliknya terjadi pada penjahat yang bertobat. Hatinya dilembutkan pada saat-saat terakhirnya. Penjahat tersebut diselamatkan di detik-detik terakhir hidupnya, saat ia hampir jatuh ke dalam cengkeraman Iblis. Ia menyatakan pertobatannya dan memperlihatkan imannya terhadap Yesus.
Dari kisah pertobatan ini, kita dapat belajar bahwa keselamatan hanya diperoleh melalui beriman pada apa yang telah Tuhan Yesus kerjakan. Mari kita demonstrasikan kasih yang sudah Yesus buktikan melalui kematian-Nya agar semakin banyak jiwa yang diselamatkan.

Renungan pelengkap:

DEVOTION


~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 24
Yeremia 46:18-28
Wahyu 21:5-27