Gemass 20 Mei 2022

Jumat, 20 Mei 2022
~~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~
πŸ—“ Hari 124
Bagian 8 : NABI-NABI SEBELUM MASA PEMBUANGAN
Bacaan hari ini: Yesaya 58-60
Ungkapan doa : Mazmur 119:153-176
~~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 124
https://drive.google.com/folderview?id=11XrCkT_1hLzEmK0oXtxyHXSwfzuwOAEd

🌟 Yesaya 59:1-2 (TB)
Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.

πŸ’‘ Tinggalkan semua dosa yang menghalangi relasi kita dengan Tuhan dan ijinkan Tuhan membersihkan hidup kita dengan Firman-Nya setiap hari sehingga terang Tuhan bersinar atas kita bagi kemuliaan-Nya!

πŸ™ Doa:
Tuhan, ajar aku membenci dosa sehingga aku dapat mencintai dan menaati Firman-Mu yang begitu berharga. Amin.
~~~~~~
Bacaan besok : Yesaya 61-64
Ungkapan doa : Mazmur 120

Jumat, 20 Mei 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 2 Raja-Raja 2:15-25
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

PENEGUHAN HAMBA TUHAN

Dalam setiap alih kepemimpinan, biasanya muncul pertanyaan siapakah orang yang paling tepat menggantikan pemimpin yang lama. Pertanyaan ini mencuat bisa dikarenakan oleh pamor pemimpin lama yang masih disegani, sementara kemampuan calon pemimpin baru tersebut belum teruji.

Nabi Elia sudah terangkat ke surga. Elisa sudah ditetapkan menjadi nabi penggantinya. Semua itu adalah penetapan Allah yang berdaulat dan berhikmat. Namun, para pengikut nabi Elia belum melihat hal itu. Itulah sebabnya, mereka pun berniat mencarinya. Mereka memuja nabi Elia dan menganggapnya sebagai nabi besar yang tidak tergantikan. Maka, Elia harus ditemukan agar dapat dikuburkan di Israel. Dengan berbuat demikian, berarti mereka meragukan pernyataan Allah yang telah mengangkat nabi Elia ke surga (11,16-18).

Dua peristiwa yang dicatat di perikop hari ini menjadi peneguhan akan kenabian Elisa. Pertama, kuasa dan kasih Allah yang ada pada Elia kini ditujukan oleh Elisa. Sebagaimana Elia dulu peduli kepada janda di Sarfat akan bahaya kelaparan yang dialaminya, demikian pula sekarang Elisa peduli kepada rakyat biasa yang mengalami kesulitan hidup sehari-hari (19-22). Kedua, Tuhan sendiri menyatakan peneguhan-Nya terhadap Elisa dengan menghaja orang-orang yang meragukan, bahkan menghina hamba-Nya (23-25). Orang-orang di sini bukan anak kecil, melainkan pemuda-pemuda (bhs Ibr. naar) yang sudah cukup umur untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Bukti seorang hamba Tuhan adalah bukan menonjolkan kehebatannya, melainkan kehadiran kuasa dan kasih Allah yang nyata di dalam dirinya. Sikap dan tutur kata yang lahir dari karakter ilahi merupakan tanda yang jelas dari orang pilihan-Nya.

Renungkan: Hamba Tuhan sejati nyata dari sikap, perkataan, dan pengajarannya yang meneladani hidup Tuhan Yesus.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 2 Raja-Raja 3:1-27 – Siapa yang Anda Andalkan?

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah VI
Jumat, 20 Mei 2022
~~~~~
WARISAN DAMAI SEJAHTERA
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 67
Amsal 2:6-8
Kisah Para Rasul 16:1-8

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang yang kita baca pada Minggu 22 Mei 2022.

Mazmur 67
Melalui mazmur ini kita melihat keintiman hubungan pemazmur dengan Allah. Ia menggubah suatu lagu untuk menyatakan syukur atas segala berkatNya. Harapannya, seluruh bangsa merespon kasih Tuhan yang begitu besar dengan ucapan syukur.
Sudahlah kita menghitung berkat-berkatNya dan menaikkan syukur?

▢️ Mazmur 67 https://youtu.be/6z4jlh5WUAo

Amsal 2:6-8
Hikmat berasal dari Allah, dari mulut-Nya, yaitu Firman Tuhan. Hikmat menolong dan menjaga kita dalam menapaki perjalanan hidup. Hikmat diperoleh melalui persekutuan pribadi dengan Tuhan hari lepas hari. Hikmat bekerja ketika ada kerendahan hati dan ketaatan kepada Sang Sumber Hikmat.

Kisah Para Rasul 16:1-8
Sekalipun Timotius tidak disunat, yang bagi orang Yahudi merupakan tanda perjanjian dengan Allah, karena ayahnya seorang Yunani, namun ibunya seorang Yahudi, mendidik Timotius dalam takut akan Tuhan. Dia dikenal sebagai orang yang baik. Rasul Paulus kemudian menyunatkannya, menjadikannya murid dan mengajak serta dalam pelayanan. Paulus dan Timotius berkeliling dari satu kota ke kota lain untuk memberitakan Injil. Langkah mereka sepenuhnya bergantung pada pimpinan Roh Kudus. Diperlukan hikmat Tuhan untuk tahu kehendak-Nya kemana mereka harus pergi.
Apakah kita juga bergantung pada Roh Kudus dalam menjalankan tugas yang Tuhan percayakan pada kita?

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 67
Amsal 2:9-15
Lukas 19:1-10