Gemass 20 April 2022

Rabu, 20 April 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Sudah tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 94
Bagian 7 : KEBANGKITAN DAN KEJATUHAN BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: 1 Raja-raja 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 94
~~~~~
ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 94
https://drive.google.com/folderview?id=198tg8wT4mIJZ6w7fRCLZoo7L3n88X6k4

β–Ά Video Baca Alkitab:
Penjelasan secara umum kitab 1,2 RAJA-RAJA – Bible Project Indonesia
thebibleproject.com
Saksikan :

🌟 1 Raja-raja 3:9 (TB)
Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?”

πŸ’‘ Salomo tidak meminta kekayaan atau kemuliaan, melainkan hati yang faham menimbang perkara, dan kepekaan untuk memahami yang baik maupun jahat. Itulah hikmat dari TUHAN.
Hikmat tidak dapat dipelajari, karena datangnya dari TUHAN, akibat relasinya yang akrab dengan TUHAN.

πŸ™ Doa:
TUHAN, aku mau menjalin relasi yang akrab dengan-Mu, agar aku memperoleh hikmat-Mu, sehingga orang-orang yang Kau tempatkan di sekelilingku melihat kemuliaan-Mu.
~~~~~
Bacaan besok : 1 Raja-raja 4-7
Ungkapan doa : Mazmur 95
 Rabu, 20 April 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi 1-2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 1 Raja-Raja 7:13-51
Doa => Baca => Renungkan =>
Bandingkan => Doa
~~~~~

MEMPERSEMBAHKAN KEAHLIAN

Ada seorang hamba Tuhan berkomentar demikian, β€œZaman dulu jika kita mau melayani Tuhan selalu ditekankan motivasi dan hati, sedangkan kepandaian dan keterampilan nomor dua. Tetapi, zaman telah berubah. Walau kita memiliki hati tulus, namun tidak memiliki keterampilan, maka pelayanan kita kurang dihargai. Inilah wajah pelayanan masa kini.

Dalam membangun Bait Allah, Salomo senantiasa mengawasi sampai ke detailnya, baik dari bahan material, tata letaknya, dan caranya. Bahkan sumber daya manusianya pun dipikirkan secara serius olehnya. Baginya, pembangunan Bait Allah bukan hanya bentuk pengabdiannya kepada Allah, tetapi juga penghormatannya kepada Daud, ayahnya. Itu sebabnya ia merekrut dan menugasi orang yang ahli di bidangnya. Kali ini, Salomo menugasi ahli tembaga, Hiram, yang memiliki separuh garis keturunan Israel (13-14). Dari sini kita melihat bagaimana Salomo bekerja keras memikirkan semuanya itu. Ia ingin Bait Allah dibangun dengan sempurna sesuai dengan karakter Allah yang sempurna.

Hiram bekerja dengan cekatan, teliti, dan sempurna. Setiap bagian dipikirkan sesuai fungsinya dan dikerjakan dengan matang. Dengan keahlian, pengetahuan, dan pengalamannya, Hiram mengolah setiap lempeng perunggu menjadi sesuatu yang bernilai artistik sangat indah, persisi, dan sempurna (15-50). Hasilnya menakjubkan. Setelah semuanya selesai dikerjakan, Salomo memasukan semua milik Daud ke dalam Bait Allah (51). Tindakan Solomo ini memiliki dua makna, yaitu: Pertama, Allah telah menggenapi janji-Nya kepada Daud (bdk. 2 Sam. 7). Kedua, tanda bahwa Bait Allah selesai dibangun.

Renungkan: Dalam suatu pelayanan, dibutuhkan motivasi yang baik, pengetahuan yang memadai, ketrampilan yang matang, dan ketulusan yang murni. Keempat komponen ini yang memungkinkan kita memberi yang terbaik bagi Kristus.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org

β–Ά Video Pelengkap Bacaan:
Perbedaan Pintar dengan Berhikmat (1 Raja-raja 7 | Petrus Kwik | Bible Every Day

~~~~~
Bacaan besok:
1 Raja-Raja 8:1-21 – Hadirat Allah
 πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah I
Rabu, 20 April 2022
~~~~~
KEMENANGAN UNTUK KEHIDUPAN
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 118:1-2, 14-24
2 Samuel 6:1-15
Lukas 24:1-12

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 17 April 2022.

Mazmur 118:1-2, 14-24
Kebaikan Tuhan membuat hati Daud yakin dan percaya atas pemeliharaan-Nya daripada adanya jaminan perlindungan para penguasa dunia. Sehingga bukan sekedar puji-pujian dan ucapan syukur dari orang yang takut akan Tuhan akan menyukakan hatiNya, namun juga mereka mau bersandar dan mengandalkan pimpinan Tuhan sepanjang hidupnya.

▢️ Mazmur 118:1-2, 14-24 – Zenith Zeppelin – GKI Surya Utama https://youtu.be/IUkywd4qnAQ

2 Samuel 6:1-15
Pernahkah Anda berpikir seandainya Uza yang telah menyentuh kesucian tabut itu tidak mati, apa penilaian Anda terhadap diri Allah? Allah adalah kasih, namun Allah tidak mempermainkan atau menganggap rendah kekudusan atau kesucian diri-Nya. Dia telah berfirman, bagi orang yang menyentuh tabut akan mati. Jadi ada peringatan sebelumnya atas konsekwensi yang dapat timbul. Kiranya ini dapat mengingatkan kita bahwa Allah adalah kasih dan penyabar, namun tidak dapat dipermainkan oleh dosa sekecil apapun yang menurut kita sepele.

Lukas 24:1-12
Sungguh mulia para wanita yang mengasihi Yesus dengan ketulusan hatinya. Mereka bahkan bermaksud memberi balsem mayat-Nya agar bau yang dihasilkan tidak menyengat, dengan rempah-rempah yang disiapkan untuk diletakkan di sekeliling jenazah sebagai tanda kasih kepada Sahabat mereka. Mereka tidak keberatan untuk bersegera ke kubur pada pagi-pagi buta lepas hari Sabat bahkan tidak merisaukan keadaan jenazah penuh luka yang akan dihadapi. Apakah bentuk kasih kita kepada Yesus yang telah menyerahkan nyawa demi kita agar tidak binasa?

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 150
1 Samuel 17:1-23
Kisah Para Rasul 5:12-16