Gemass 2 Maret 2021

πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
πŸ—“ Hari 44
Bagian 5: PADANG GURUN
Bacaan hari ini: Bilangan 14-16
Ungkapan doa: Mazmur 44
~~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 44
https://drive.google.com/folderview?id=1b8eL4Mrtp81u00m3ow7VGwrhqDbaW5go

🌟 Bilangan 16:31-32 (TB)
Baru saja ia selesai mengucapkan segala perkataan itu, maka terbelahlah tanah yang di bawah mereka, dan bumi membuka mulutnya dan menelan mereka dengan seisi rumahnya dan dengan semua orang yang ada pada Korah dan dengan segala harta milik mereka.

πŸ’‘ Melawan dan melanggar apa yang sudah digariskan Tuhan merupakan pelanggaran serius dan mendatangkan hukuman berat dari Tuhan. Mari taati Tuhan.

πŸ™ Doa:
Tuhan, tolong aku untuk sungguh-sungguh mentaati semua perintah-Mu. Amin!
~~~~~~
Bacaan besok: Bilangan 17-18
Ungkapan doa: Mazmur 45

~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB BILANGAN

Bacaan hari ini : Bilangan 15:22-41
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~

SENGAJA ATAU TIDAK?

Segala peraturan tentang persembahan kurban yang disampaikan Musa kepada Israel bukan untuk memberi mereka kesempatan hidup dalam keberdosaan. Sebaliknya, semua itu dimaksudkan sebagai sarana anugerah-Nya agar umat Allah memperoleh kesempatan untuk bertobat dan memperbaiki diri setiap kali gagal menaati hukum Allah.

Ungkapan kunci dari bagian ini adalah β€œdengan tidak sengaja” (22,24-29). Ungkapan lawannya adalah β€œdengan sengaja” (30). Musa mengajarkan bahwa upacara pendamaian yang melibatkan kurban-kurban bakaran, sajian, curahan, dan penghapus dosa hanyalah efektif (mendatangkan pengampunan) bagi mereka yang dengan tidak sengaja melanggar perintah Allah. Hal ini berlaku baik untuk pelanggaran yang melibatkan seluruh bangsa (22-26) maupun yang dilakukan oleh satu orang (27-29). Sedangkan mereka yang melanggar perintah Allah dengan sengaja, entah orang Israel atau orang asing, harus dihukum mati karena telah menghina dan memanipulasi firman Allah (30-31; bdk. Ibr. 10:26,29).

Sebagai contoh, semasa Israel masih mengembara di padang gurun, seorang mengumpulkan kayu api pada hari Sabat. Dengan berbuat demikian, ia telah melanggar hukum Sabat dengan sengaja. Sebagai akibatnya, tanpa ampun ia dihukum mati dengan dirajam di luar tempat perkemahan (32-36).

Sebenarnya, Allah tidak ingin menghukum umat-Nya. Ia mengasihi mereka. Karena itu, Ia memerintahkan mereka untuk membuat sebuah tanda peringatan berupa jumbai-jumbai pada punca baju mereka, yang dibubuhi benang ungu kebiru-biruan. Jumbai-jumbai itu akan mengingatkan mereka kepada segala perintah Tuhan sehingga mereka melakukan dan tidak menuruti keinginan mereka sendiri (37-41).

Renungkan: Besarnya kasih dan anugerah Allah bukanlah alasan bagi kita untuk membenarkan perilaku yang berdosa. Hal itu jahat di mata Allah dan mendatangkan hukuman yang fatal.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab Bilangan
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~
Bacaan besok : Bilangan 16:1-22 – Pemberontakan terhadap Allah

 πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun B
Prapaskah II
Selasa, 2 Maret 2021
~~~~~~
HARGA MENGIKUT YESUS

Bacaan hari ini:
Mazmur 105:1-11, 37-45
Kejadian 22:1-19
Ibrani 11:1-3, 13-19
~~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 28 Februari 2021.

Mazmur 105:1-11, 37-45
Pemazmur mengajak umat untuk memuji dan meninggikan Tuhan karena perbuatan dan karya Tuhan yang luar biasa untuk menyelamatkan dan memelihara Israel dari sejak nenek moyang sampai mereka tiba di Mesir dan berjalan di padang gurun menuju Tanah Kanaan serta tinggal di Kanaan. Semua dilakukan Tuhan karena kasih-Nya dan perjanjian-Nya dengan Abraham, Ishak, dan Yakub. Mari memuji dan meninggikan Tuhan melalui keseharian kita sehingga sesama kita terdorong untuk mengenal dan menyembah-Nya.

http://www.juswantori.com/mzm-100-150/100-110/mazmur-105.html

Kejadian 22:1-19
Tuhan memenuhkan kebutuhan kita sesuai dengan waktu dan tempat yang Ia tentukan. Domba disediakan saat Abraham sudah tiba di gunung dan siap menyembelih Ishak sesuai dengan perintah Tuhan. Iman Abraham terbukti dan Allah berjanji bahwa keturunannya akan memenuhi bumi serta semua bangsa akan mendapat berkat karena Abraham. Jika kita setia mengerjakan perintah Tuhan, segala kebutuhan kita akan tersedia tepat pada waktu-Nya.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

Ibrani 11:1-3, 13-19
Hanya karena anugerah Tuhan, kita bisa beriman bahwa Allah akan membangkitkan kita dari antara orang mati. Kita berharap mendapatkan hidup kekal yang tidak bisa kita lihat dan alami sepenuhnya sekarang hanya berdasarkan iman kepada Yesus Kristus. Namun jangan-jangan hati kita lebih terpaut kepada dunia dengan segala kemegahan dan kenikmatannya daripada kepada Allah. Mari periksa dan jujur pada diri sendiri.
~~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 105:1-11, 37-45
Yeremia 30:12-22
Yohanes 12:36-43