Gemass 2 juni 2021

πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~
πŸ—“ Hari 136
Bagian 8 : NABI-NABI SEBELUM MASA PEMBUANGAN
Bacaan hari ini: Mikha 5-7
Ungkapan doa : Mazmur 131
~~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 136
https://drive.google.com/folderview?id=17ki184wBkpnyPyylDnxukIZ_y665vDvz

🌟 Mikha 7:18-19 (TB)
Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa, dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia? Biarlah Ia kembali menyayangi kita, menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut.

πŸ’‘Tuhan itu adil, maka kita yang diciptakan menurut gambar dan rupanya, juga mengenal nilai-nilai keadilan. Tetapi sayangnya keadilan kita telah tercemar dosa, sehingga terkadang kita baru merasa puas setelah seseorang dihukum setimpal dengan kesalahannya. Kita perlu belajar dari keadilan Allah yang berjalan berdampingan dengan kasih sayang-Nya. Ia mengampuni Israel yang sudah memberontak kepada-Nya.

πŸ™ Doa:
TUHAN, berikanlah aku hati seperti hatimu, yang rela mengampuni dan memaafkan kesalahan orang lain.
~~~~~~
Bacaan besok : Nahum 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 132
~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB ULANGAN

Bacaan hari ini : Ulangan 33:1-12
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~

BERKAT TUHAN

Berkat adalah pemberian Allah kepada anak-anak-Nya yang taat kepada-Nya. Allah memberikan yang terbaik meskipun kadang kita tidak mengerti. Kita diharapkan untuk percaya bahwa pemberian-Nya itu selalu yang terbaik.

Ucapan berkat Musa kepada suku bangsa Israel untuk terakhir kalinya menjadi bahan perenungan kita sekarang ini. Tuhan memerintahkan kepada Musa untuk memberikan berkat kepada Ruben yakni hidup dengan jumlah orang-orangnya yang sedikit (6); kepada Yehuda: akan menjadi pemimpin bagi bangsa Israel (7); kepada Lewi: akan menjadi imam karena kesetiaan kepada Allah Yahweh (8-11); kepada Benyamin: Allah akan melindungi secara terus menerus (12).

Allah memberi berkat yang berbeda kepada setiap suku Israel yang ada. Apakah ini berarti ada berkat yang lebih baik bagi satu suku tertentu dibandingkan dengan suku lainnya? Tidak. Hal ini bukan seperti pepatah β€œrumput tetangga selalu lebih hijau” yang memberikan indikasi bahwa apa yang kita miliki jika dibandingkan dengan milik orang lain, selalu kalah baik. Berkat yang Allah berikan kepada suku-suku bangsa Israel selalu yang terbaik. Bahkan di dalam setiap berkat yang Allah berikan, terdapat tugas dan tanggung jawab yang harus mereka pertanggungjawabkan kembali kepada Allah. Allah memberkati suku-suku Israel supaya mereka dapat menjadi berkat bagi sesama.

Prinsip ini bukan hanya berlaku saat itu dan hanya bagi bangsa Israel saja, tapi tetap berlaku sampai dengan saat ini dan berlaku bagi setiap orang percaya. Masing-masing orang percaya menerima berkat tersendiri dari Tuhan. Kita tidak berhak bertanya mengapa aku tidak mendapatkan seperti yang orang lain dapatkan dari Allah? Oleh karena itu, bersyukurlah atas berkat Tuhan yang Anda terima dan jadilah berkat untuk orang lain.

Renungkan: Jangan bandingkan berkat yang Anda terima dengan berkat orang lain. Jangan gunakan pertimbangan Anda yang terbatas untuk menilai berkat dari Allah. Setiap berkat dari Tuhan selalu yang terbaik bagi Anda dan untuk kebaikan sesama Anda.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab Ulangan
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~
Bacaan besok : Ulangan 33:13-29 – Kebahagiaanku
πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun B
Minggu Trinitas
Rabu, 2 Juni 2021
~~~~~~
HIDUP DALAM KASIH ALLAH TRINITAS

Bacaan hari ini:
Mazmur 20
Bilangan 6:22-27
Markus 4:21-25
~~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 30 Mei 2021

Mazmur 20
Mazmur ini merupakan doa permohonan untuk raja yang sedang bertahta. Raja pun memerlukan berkat dan perkenan Tuhan agar berhasil dalam memerintah dan mengelola rakyat dan kerajaan-Nya. Angkatan perang, senjata, dan perbekalan tidak menjamin kemenangan jika tidak ada penyertaan Tuhan.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

Bilangan 6:22-27
Tanpa berkat Tuhan segala usaha dan daya upaya kita akan sia-sia. Lima roti dan dua ikan diberkati Tuhan dan cukup untuk memberi makan lima ribu orang. Berkat Tuhan memampukan kita untuk terus setia dan taat. Mari kita cari wajah Tuhan dan perkenan-Nya agar hidup kita dipenuhi dengan damai sejahtera-Nya baik dalam suka maupun duka dan dalam segala keadaan.

Markus 4:21-25
Sebagai anak Allah sudah semestinya kita menjadi pelita dalam kegelapan. Seluruh hidup kita: perkataan, sikap, tingkah laku mesti mencerminkan karakter Allah dan membawa damai sejahtera. Seberapa pun yang Tuhan percayakan kepada kita, kita olah dan kembangkan agar Tuhan dimuliakan.

~~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 130
Yesaya 28:9-13
1 Petrus 4:7-19