Gemass 2 Desember 2021

~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~

πŸ—“ Hari 319
Bagian 15 : UMAT KERAJAAN ALLAH
Bacaan hari ini: Efesus 3-4
Ungkapan doa : Mazmur 9
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 319
https://drive.google.com/folderview?id=1QgfyreVruc0jrg5AVeZ11-RZ_M__toKZ

🌟 Efesus 4:30 (TB)
Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

πŸ’‘Orang yang telah mengenal Yesus harus membiarkan Roh Kudus mengerjakan karya pembaruan di dalam hidupnya agar dimampukan untuk hidup benar dan kudus.

πŸ™ Doa:
Roh Kudus tolong aku menjalani hidup sebagai manusia baru agar tutur kata dan perbuatanku menjadi berkat bagi orang lain dan memuliakan Tuhan.
~~~~~
Bacaan besok : Efesus 5-6
Ungkapan doa : Mazmur 10
~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi SURAT 1,2 KORINTUS

Bacaan hari ini : 1 Korintus 12: 12-31
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa

KERAGAMAN DALAM SATU TUBUH

Bhinneka Tunggal Ika, itulah semboyan bangsa Indonesia. Semboyan ini menunjukkan bangsa Indonesia terdiri dari beraneka ragam agama, bahasa, suku, dan budaya. Keberagaman itu tidak berarti menutup kemungkinan untuk bekerja bersama – sama. Paulus memakai keragaman ini melalui kesatuan tubuh Kristus dengan banyak anggota – Nya untuk menggambarkan kesatuan dan keutuhan gereja Kristus.
Diakui bahwa tubuh kita terdiri dari bagian – bagian yang unik, khas, berbeda bentuk dan fungsinya (ayat 18). Peranan dan fungsi masing – masing anggota tubuh itu baru bisa dirasakan apabila ditempatkan dalam kesatuan tubuh. Di luar kesatuan itu, masing – masing anggota tidak bisa berfungsi dan berperan sebagaimana mestinya ketika mereka dibentuk. Kesatuan tubuh itu sedemikian solidnya sampai ada satu anggota tubuh yang sakit, maka semua anggota tubuh ikut merasakannya. Contoh sederhana, yaitu ketika gigi kita yang berlubang terasa nyeri, maka kepala kita juga ikut pusing dan pada akhirnya seluruh anggota tubuh terganggu aktivitasnya (ayat 26).

Kiasan ini sebenarnya merupakan adaptasi Paulus dari kuil Asklepius di Korintus. Dalam kuil tersebut terdapat banyak sekali anggota tubuh yang dilukiskan secara terpisah. Paulus ingin menekankan kepada jemaat betapa pentingnya kesatuan tubuh Kristus. Jemaat Kristen di Korintus adalah gambaran tentang kondisi tubuh Kristus yang sebenarnya.

Ada orang – orang yang diberikan fungsi khusus dalam rangka kesatuan jemaat. Tetapi tidak dapat dikatakan bahwa karunia Roh yang satu lebih bernilai dibandingkan karunia Roh lainnya, meskipun satu sama lainnya berbeda. Paulus mengingatkan bahwa mereka bisa berfungsi sebagai tubuh Kristus, apabila mereka menyadari kebergantungan dan kesatuan dengan bagian tubuh lainnya.
 
Renungkan: Manfaatkanlah karunia Roh dengan bijak. Pakailah karunia tersebut untuk membangun iman jemaat agar nama Kristus semakin harum dan dipermuliakan

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Surat 1,2 Korintus
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~
Bacaan besok : 1 Korintus 13:1-3 – Kasihlah yang terutama!
πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu biasa 26
Kamis, 2 Desember 2021
~~~~~~
PERSIAPKAN DIRI UNTUK TUHAN
~~~~~~
Bacaan hari ini:
Maleakhi 3:5-12
Filipi 1:12-18
Lukas 1:68-79
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca Minggu 5 Desember 2021

Maleakhi 3:5-12
Menghormati Tuhan berarti bersedia menghidupi perintahNya: menghindari sihir, zinah, menjauhi dusta, tidak berbuat curang dalam pengupahan, tidak menindas janda, yatim piatu dan orang asing. Kembali kepada Tuhan berarti juga tidak menipu Tuhan dalam hal memberikan persembahan berupa uang. Murid Kristus menyadari bahwa hidupnya tidak bergantung pada uang melainkan pada pemeliharaan Tuhan. Orang yang mentaati Tuhan akan hidup dipenuhi damai sejahtera.
 
Filipi 1:12-18
Mari belajar dari Paulus yang selalu memfokuskan hidupnya pada Injil sehingga tidak terganggu hatinya saat menemukan bahwa ada banyak orang lain yang ternyata memberitakan Injil tidak dengan maksud dan motivasi yang murni. Bagi Paulus, yang jauh lebih penting adalah apakah Kristus diberitakan atau tidak. Mari terus jadikan hidup kita sebagai peraga Injil supaya sesama tertarik untuk menerima Berita Injil.
 
Lukas 1:68-79
Memasuki minggu Advent, mari kita mengingat kemurahan hati Tuhan yang rela melawat kita, umatNya yang telah berdosa. Seperti Zakharia kita juga bersyukur atas Tuhan yang tidak pernah lalai menepati janji-Nya. Marilah kita terus menjadikan hidup kita sebagai wujud penggenapan janji Tuhan agar sesama tertarik untuk datang pada Tuhan

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~~~
Bacaan besok:
Maleakhi 3:13-18
Filipi 1:18-26
Lukas 1:68-79