Gemass 19 April 2022

Selasa, 19 April 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Sudah tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 93
Bagian 7 : KEBANGKITAN DAN KEJATUHAN BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: 2 Samuel 22-24
Ungkapan doa : Mazmur 93
~~~~~
ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 93
https://drive.google.com/folderview?id=1NU4PSa7CHczk9iOR1vrcv8Oh2G4grfWU

🌟 2 Samuel 22:3 (TB)
Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku, tempat pelarianku, juruselamatku. Engkau menyelamatkan aku dari kekerasan.

πŸ’‘ Mari datang dan berlindung pada Tuhan untuk semua pergumulan dan persoalan hidup yang kita hadapi.

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan, ajari aku untuk selalu yakin akan kuasa-Mu dan selalu berlindung dalam naungan-Mu saja. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : 1 Raja-raja 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 94

Selasa, 19 April 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi 1-2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 1 Raja-Raja 7:1-12
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

MOTIVASI DAN TUJUAN PEMBANGUNAN

Setiap situs dan bangunan bersejarah memiliki kisah unik yang berbeda. Di balik kisah tersebut, ada alasan dan motif tertentu mengapa situs bersejarah itu dibangun. Salah satu contoh, yaitu menara Eiffel di Paris. Pada tahun 1889, Raja Edward VII mengadakan sebuah sayembara memperindah kota Paris sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan 100 tahun peristiwa Revolusi Perancis. Perayaan ini sangat penting bagi sejarah Perancis karena mereka berhasil menghapus kediktatoran raja dan menciptakan sistem pemerintahan demokratis. Untuk menunjukkan adanya kemajuan demokrasi dalam 100 tahun itu, rakyat dan pemerintah Perancis ingin memperindah kota Paris. Banyak arsitek dan insinyur mengajukan pelbagai gagasan baru dan secara tidak terduga justru rancangan Gustave Eiffel yang terpilih. Alhasil, menara Eiffel menjadi tempat wisata terkenal di dunia.

Hal serupa juga yang mendasari Salomo dalam membangun istananya. Jika Bait Allah dibangun selama tujuh tahun, maka Salomo membangun istananya hampir dua kali lebih lama, yaitu tiga belas tahun (1). Luas dan besar istananya jauh lebih luas dari pada Bait Allah. Bahan bangunan terbaik yang dipakai, baik untuk membangun istana maupun untuk Bait Allah. Semuanya berkualitas dan mahal harganya (8-12). Pertanyaannya adalah, apa manfaat membangun istana semegah itu? Apa motif kesombongan dan alasan ketenaran yang melandasi tindakan Salomo?

Renungkan: Sindrom Salomo juga menghinggapi orang-orang Kristen zaman sekarang. Mereka berlomba-lomba membangun gedung gereja mewah yang menghabiskan milyaran rupiah. Jarang sekali mereka memperhatikan sesamanya yang kekurangan. Ada hal yang lebih penting dari semuanya itu, yaitu membangun hidup sesama manusia dan hubungan antarmanusia. Kiranya Tuhan memberi kita bijaksana dalam berpikir dan bertindak.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org

~~~~~
Bacaan besok: 1 Raja-Raja 7:13-51 – Mempersembahkan Keahlian

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah I
Selasa, 19 April 2022
~~~~~
KEMENANGAN UNTUK KEHIDUPAN
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 118:1-2, 14-24
Hakim – Hakim 4:17-23; 5:24-31
Wahyu 12:1-12

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 17 April 2022.  

Mazmur 118:1-2, 14-24
Mazmur ini didaraskan saat perayaan Paskah karena sesuai dengan nuansa kemenangan yang dialami oleh Yesus setelah mengalami penderitaan salib dan kematian. Isinya adalah ajakan untuk selalu mengingat kasih setia Tuhan yang kekal tiada putusnya. Terbukti bahwa tidak percuma Yesus tetap setia sampai akhir hidupNya. Kuasa TUHAN memberi kemenangan. TUHAN melakukan perbuatan besar. Mari kita rayakan kebangkitan Kristus dengan terus mempraktekkan budaya yang berpihak pada perawatan kehidupan.

▢️ Mazmur 118:1-2, 14-24 – Zenith Zeppelin – GKI Surya Utama https://youtu.be/IUkywd4qnAQ

Hakim-Hakim 4:17-23, 5:24-31
Jika Tuhan turut bekerja maka tidak ada yang mustahil. Dibawah pimpinan Debora dan Barak, orang Israel bisa mengalahkan Yabin dan Sisera yang memiliki 900 kereta perang dari besi. Sayangnya di sini, Barak sebagai pria tidak bersedia menjadi orang terdepan dalam memimpin peperangan. Akibatnya kehormatan untuk mengalahkan panglima perang didapat oleh seorang wanita yang membunuh Sisera dengan pasak kemah. Kemenangan ini disambut dengan nyanyian syukur yang meriah yang menyatakan bagaimana Allah menyertai dan mendatangkan kemenangan bagi Israel.

Wahyu 12:1-12
Selaku umat Allah, kita pasti akan mengalami perlawanan dari Iblis dan antek – anteknya. Mereka bekerja keras untuk membuat umat menyerah dan takluk dan melawan Allah dengan berbagai penganiayaan dan penderitaan. Namun kita tidak perlu takut karena melalui kematian dan kebangkitan Kristus, Iblis dan segala kuasanya sudah ditaklukkan. Kita terus berjuang untuk tetap setia sampai akhir. Penghakiman Tuhan untuk mereka yang menolak dan melawan – Nya pasti akan tiba.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 118:1-2, 14-24
2 Samuel 6:1-15
Lukas 24:1-12