Gemass 18 Oktober 2022

*Selasa, 18 Oktober 2022*

~~~~~~~~~~~~~~~

πŸ“– *GEMASSplus SH KITAB – 2022*

Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi *INJIL YOHANES* 

 

Bacaan hari ini : *Yohanes 11:28-45*

Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa

~~~~~~~~~~~~~~~

 

*_LAZARUS, BANGKITLAH!_* 

 

  Tanpa pengenalan yang benar akan Allah, hidup ini tidak berpengharapan. Hidup yang tidak berpengharapan sama dengan hidup tidak beriman!

 

  Kemarahan Tuhan Yesus yang ditunjukkan-Nya dua kali (33, 38) bukan ditujukan kepada kesedihan hati dari keluarga yang berduka karena ditinggal kekasih hati mereka, seperti yang ditunjukkan Maria dengan kesedihannya yang mendalam (32). Kemarahan Tuhan Yesus ditujukan kepada kematian (maut) yang menyebabkan begitu banyak kepedihan hati. Komentar beberapa orang di Yohanes 11:37 menunjukkan bahwa mereka tidak percaya atau tidak memahami Tuhan Yesus sebagai Allah yang berkuasa membangkitkan orang mati. Demikian juga sikap Marta yang memprotes perintah Tuhan Yesus untuk membuka pintu kubur itu (39), menunjukkan bahwa ia belum sungguh-sungguh mengerti makna Tuhan Yesus sebagai Kebangkitan dan Hidup. Oleh karena itu, Tuhan Yesus mendemonstrasikan kuasa Ilahi-Nya (42) dengan membangkitkan Lazarus (43-44). Peristiwa itu disaksikan oleh banyak orang Yahudi yang sedang melawat keluarga yang berduka tersebut sehingga mereka pun menjadi percaya kepada-Nya (45). Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya (Yoh. 20:29b). 

  

  Yohanes sengaja mencantumkan kisah kebangkitan Lazarus ini untuk menunjukkan bahwa Tuhan Yesus sungguh-sungguh Mesias yang diutus Allah untuk membangkitkan manusia yang mati menuju hidup kekal di dalam Allah. Kebangkitan Lazarus menjadi kesaksian akan kuasa kebangkitan tersebut. Kiranya kita, umat-Nya yang hidup di masa kini, dengan bersandarkan kepada firman-Nya yang tertulis (Alkitab), dengan iman menaruh kepercayaan penuh kepada Dia yang berkuasa mengalahkan dosa dan maut. Kehadiran-Nya dalam hidup kita niscaya menghasilkan kualitas hidup yang berkemenangan.

 

Sumber : _Santapan Harian Gemass edisi Injil Yohanes_

https://www.su-indonesia.org 

~~~~~~~~~~~~~~~

*Bacaan besok* : Yohanes 11:46-57 – _Hati yang degil_

πŸ“– *GEMASSplus LEKSIONARI*

Tahun C

Minggu Biasa – 18 

*Selasa, 18 Oktober 2022*

~~~~~~~~~~~~~~~

KELUARGA YANG MEMILIKI KESATUAN BERGUMUL BERSAMA ALLAH

~~~~~~~~~~~~~~~

*Bacaan hari ini:*

Mazmur 57

1Samuel 25:23-35

Yakobus 5:7-12

 

_Tersedia dalam apps GKI Layur_

Https://bit.ly/GKILayurApps

~~~~~~~~~~~~~~~

Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 16 Oktober 2022.

 

*Mazmur 57*

Pemazmur lebih memilih untuk bersandar dan berharap kepada Tuhan saat mengalami kepungan musuh dan seolah tiada jalan keluar. Ia menyadari sepenuhnya bahwa hanya Allah yang akan sanggup melepaskannya dari jeratan musuh yang sangat kuat dan licik. Karena itulah dia memuji dan meninggikan Allah. Kasih setia Allah melebihi segalanya bagi pemazmur. 

 

*1Samuel 25:23-35*

Tuhan memakai Abigail untuk mencegah Daud dari menumpahkan darah orang yang tak bersalah akibat kelakuan Nabal yang tidak menuruti permintaan Daud bahkan menghina Daud. Abigail menyadari kesalahan suaminya dan mengambil tindakan yang tepat untuk datang dan meredakan amarah Daud. Syukurlah Daud berhasil dibujuk oleh Abigail untuk mengurungkan niatnya. Emosi Daud hampir saja menjatuhkannya. Jangan biarkan emosi menguasai hati, biarkan Tuhan yang memenuhi hati supaya jangan salah langkah.

 

*Yakobus 5:7-12*

Berfokus kepada Tuhan merupakan salah satu kekuatan agar orang beriman mampu bertahan dan tetap tekun di dalam menghadapi penderitaan karena setia mempertahankan iman. Membayangkan mahkota yang akan diterima jika kita tekun sekaligus mengingat bahwa Tuhan akan meengadili semua perbuatan kita membuat kita untuk tetap melakukan Firman Tuhan dan hidup dalam teladan Kristus, termasuk untuk berkata benar, tidak lebih, tidak kurang.

 

Renungan pelengkap:

https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

 

~~~~~~~~~~~~~~~

*Bacaan besok:*

Mazmur 57

Samuel 25:36-42

Lukas 22:39-46