Gemass 18 Oktober 2020

πŸ“– GEMASSreguler 2020 – FIRMAN UNTUK SEMUA
πŸ—“ Hari 273
Bagian 14 : YESUS DAN KERAJAAN ALLAH
Bacaan hari ini: Lukas 12-13
Ungkapan doa : Mazmur 118
~~~~~~
Selamat pagi! 

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 273
https://drive.google.com/folderview?id=16EZ6B72Wf-WNMTKI4Yg0NfccMXccGHa0

Gemass Reguler berikut audio alkitab suara dan video animasi perkitab sesuai bacaan bisa didapatkan juga pada aplikasi GKI LAYUR :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gkilayur.gkilayur

🌟 Lukas 12:20-21
Tetapi firman Allah kepadanya: Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kau sediakan, untuk siapakah itu nanti? Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah.

πŸ’‘ Apakah harta kita yang di surga terus bertambah tiap saat?

πŸ™ Doa:
Tuhan, sadarkan aku bahwa kalau aku mau mengumpulkan harta di Surga harus saat ini ketika aku masih di dunia ini dengan melakukan hal yang bernilai kekal dan yang menyenangkan hati Tuhan. Amin!

~~~~~~
Bacaan besok : Lukas 14-16
Ungkapan doa : Mazmur 119:1-32

~~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2020
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi INJIL MATIUS

Bacaan hari ini : *Matius 9: 14-17 *
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~~

YANG BARU MENIADAKAN YANG LAMA

Pada malam hari orang menyalakan lampu atau lilin supaya tidak kegelapan. Bila matahari sudah terbit semua alat penerang itu tidak lagi diperlukan. Demikian juga dengan semua upacara agama yang biasa dipraktikkan orang-orang Farisi, para ahli Taurat, termasuk murid-murid Yohanes pembaptis. Pada dasarnya peraturan-peraturan itu, misalnya berpuasa (ayat 14), dibuat untuk menolong orang mengharapkan kedatangan Mesias. Akan tetapi, Yesus Sang Mesias sudah hadir di tengah-tengah mereka. Mereka seharusnya berhenti menanti, dan mulai menikmati sukacita kehadiran-Nya (ayat 15).

Tuhan Yesus ingin menyatakan bahwa Ia datang bukan untuk sekadar menambalkan atau menambahkan sesuatu yang baru kepada ajaran agama yang lama. Kata “lama” (Yun.: palaios) berarti aus atau usang karena pemakaian. Ajaran Yahudi telah menjadi begitu tidak fleksibel karena akumulasi dari tradisi-tradisi nonalkitabiah selama berabad-abad. Ajaran Yahudi tersebut sudah berubah menjadi upacara semata-mata yang malah menjauhkan mereka dari Allah. Tuhan Yesus bukan sedang menambahkan ajaran baru ke dalam wadah yang lama itu. Ia sedang menyatakan bahwa masa yang baru (neos) dan kerajaan yang baru (kainos) sudah tiba dengan kehadiran-Nya. Dengan demikian, mereka yang ingin berbagian dalam kerajaan yang baru itu harus meninggalkan semua pemahaman agama dan sikap hidup yang lama lalu menerima Kristus dan hidup dalam kebenaran-Nya.

Apakah pesan Yesus ini dapat diartikan sebagai menolak tradisi rohani orang Kristen masa kini? Jawabnya : ya dan tidak. Kita tetap perlu bergereja, berdoa, membaca Firman, dsb. Namun, semua kebiasaan rohani tersebut menjadi sia-sia kalau kita tidak akrab dengan Tuhan Yesus.

Renungkan: Jika Tuhan Yesus hadir dalam hidup dan ibadah kita, pasti suasananya adalah kesukaan dan bukan kedukaan.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Injil Matius
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~~
Bacaan besok : Matius 9:18-34 , Sang Mesias

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Minggu Biasa 19
Minggu, 18 Oktober 2020
~~~~~~~
MENGELOLA KEKUASAAN DALAM KELUARGA

Bacaan hari ini:
Yesaya 45: 1-7
Mazmur 96: 1-9
1Tesalonika 1: 1-10
Matius 22: 15-22
~~~~~~~

SELAMAT HARI MINGGU, SELAMAT BERIBADAH!

Yesaya 45: 1-7
Tuhan berkuasa dan berdaulat atas hidup setiap manusia. Semua ada dalam kendali Tuhan. Koresh bisa berkuasa atas bangsa-bangsa hanya karena ijin dan kemurahan Tuhan. Masihkah kita menundukkan diri dan hidup kita dibawah kedaulatan Tuhan dengan hidup bertanggungjawab atas pertumbuhan diri dan keluarga kita masing-masing?

Mazmur 96: 1-9
Sudah sepatutnya kita memuji Tuhan setiap saat karena segala perbuatan tangan Tuhan yang sudah menyelamatkan dan memelihara hidup kita. Tuhan layak diharapkan karena kuasa dan kekuatan-Nya yang melampui segala ilah. Segala isi bumi wajib menyembah Dia karena kemuliaan-Nya.

β–Ά Mazmur 96: 1-9 – Christine S
YKB GKI TV

1Tesalonika 1: 1-10
Kita patut mengucap syukur untuk setiap dukungan dari saudara-saudara seiman untuk pekerjaan pelayanan yang dipercayakan kepada kita. Pekerjaan pemberitaan Injil tidak bisa dilakukan dengan paksa, namun harus dengan teladan hidup. Kiranya anggota keluarga dan keluarga lain melihat hidup kita menjadi peragaan Injil Kristus.

Matius 22: 15-22
Yesus tidak mau dijebak dengan pertanyaan dari Orang Farisi dan menjawabnya dengan bijaksana. Dalam melayani Tuhan, mari kita juga waspada dengan jebakan-jebakan yang dibuat untuk menjatuhkan kita. Mari kita jaga keluarga kita dari jebakan-jebakan Iblis yang ingin menghancurkan keluarga kita.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat
~~~~~~~
Bacaan besok:
Daniel 3: 1-18
Wahyu 18: 1-10, 19-20
Mazmur 98