Gemass 18 Maret 2022

Jumat, 18 Maret 2022
~~~~~
๐Ÿ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
๐Ÿ—“ Hari 61
Bagian 5: PADANG GURUN
Bacaan hari ini: Ulangan 24-27
Ungkapan doa : Mazmur 61
~~~~~
ALKITAB SUARA
๐ŸŽง GEMASS – Hari 61
https://drive.google.com/folderview?id=1GS5poiVDWQmg8fc_J8Juwifhp6_Yk60k

โ–ถ Video Taurat : ULANGAN – Bible Project – Indonesian
thebibleproject.com
Saksikan :
https://youtu.be/4z5aY7QPkcM

๐ŸŒŸ Ulangan 24:14-15 (TB)
Janganlah engkau memeras pekerja harian yang miskin dan menderita, baik ia saudaramu maupun seorang asing yang ada di negerimu, di dalam tempatmu. Pada hari itu juga haruslah engkau membayar upahnya sebelum matahari terbenam; ia mengharapkannya, karena ia orang miskin; supaya ia jangan berseru kepada TUHAN mengenai engkau dan hal itu menjadi dosa bagimu.

๐Ÿ’ก Jangan menahan berkat orang lain, tetapi segera bayarkan hak mereka, hidup kita harus menjadi berkat!

๐Ÿ™ Doa:
Tuhan, ajar aku memiliki hati-Mu yang penuh kemurahan, agar aku bisa menjadi berkat bagi orang lain seperti yang Engkau mau. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : Ulangan 28-29
Ungkapan doa : Mazmur 62

Jumat, 18 Maret 2022
~~~~~
๐Ÿ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi โ€“ Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 SAMUEL

Bacaan hari ini : 2 Samuel 13:23-39
Doa โ‡’ Baca โ‡’ Renungkan โ‡’ Bandingkan โ‡’ Doa
~~~~~

JANGAN MENYIMPAN DENDAM

Setelah pemerkosaan terhadap adiknya, Absalom menyimpan kepahitan dan sakit hati terhadap Amnon. Perbuatan Amnon bukan saja telah menyakiti Tamar, tetapi juga telah mempermalukan keluarganya. Karena itu, sebuah aksi pembalasan dendam pun direncanakan (28). Masa pengguntingan bulu domba dipakai sebagai saat yang paling tepat untuk pelaksanaan aksi tersebut.

Dengan mengundang seluruh keluarga raja Daud, Absalom bermaksud melaksanakan niatnya (23-24). Niat itu sudah bulat sehingga ketidakhadiran raja seolah jadi pendukung untuk mewujudkan niat itu. Drama tragis pun kembali terjadi di mana Absalom membunuh Amnon, anak Daud yang lain. Absalom sadar bahwa ia telah melakukan kesalahan. Sebab itu, Absalom melarikan diri (34).

Bila kita berada di pihak Absalom, tindakan apa yang akan kita ambil terhadap Amnon? Memang pahit apa yang diderita Tamar dan betapa memalukan aib yang harus dipikul oleh Absalom. Namun kisah ini memperlihatkan pada kita bahwa menyimpan dendam dan membalasnya ternyata tidak menghasilkan kepuasan dan damai sejahtera. Kita mungkin puas untuk sementara waktu saat dendam itu terbalaskan. Mungkin kita akan senang bisa mengatakan, โ€œRasakan apa yang aku alami akibat tindakanmu!โ€ Apakah amarah itu hilang dan kepahitan itu sirna? Ternyata tidak. Kisah Absalom dan Amnon ini memberi pelajaran bagi kita bahwa tanpa pengampunan tidak akan ada damai sejahtera.

Renungkan: Apabila terasa sulit bagi kita untuk mengampuni orang yang menyebabkan kita menderita, ingatlah firman Tuhan ini yang berbunyi, โ€œSabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.โ€ (Kol. 3:13). Memang sangat sulit, tetapi inilah perintah-Nya.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Samuel
https://www.su-indonesia.org

โ–ถ Video Pelengkap Bacaan:
Dosa, Sumber Pembawa Masalah (2 Samuel 13) | Petrus Kwik | BIBLE EVERY DAY
https://youtu.be/ngkhD6rMCRM
~~~~~
Bacaan besok : 2 Samuel 14:1-24 โ€“ Ampuni dan Terimalah Kembali