Gemass 18 Febuari 2022

Jumat, 18 Februari 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 33
Bagian 4 : PERJANJIAN DI GUNUNG SINAI
Bacaan hari ini: Imamat 11-13
Ungkapan doa: Mazmur 33
~~~~~
ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 33
https://drive.google.com/folderview?id=1o891OLnKf_P4vpANnqX6PVZJ1DO0luJA

🌟 Imamat 13:45-46 (TB)
Orang yang sakit kusta harus berpakaian yang cabik-cabik, rambutnya terurai dan lagi ia harus menutupi mukanya sambil berseru-seru: Najis! Najis! Selama ia kena penyakit itu, ia tetap najis; memang ia najis; ia harus tinggal terasing, di luar perkemahan itulah tempat kediamannya.

πŸ’‘ Dosa adalah kejijikan dan kenajisan yang memisahkan kita dari Allah. Jangan bermain-main dengan dosa, tetapi akui dan minta pengampunan-Nya sehingga kita berlayak hidup dekat dengan Dia!

πŸ™ Doa:
Tuhan ampuni ketidaktaatanku, yang seringkali hanya menuruti keinginanku sendiri sehingga melanggar perintah-perintah-Mu meskipun aku tahu hal itu sangat menjijikkan di hadapan-Mu yang begitu kudus. Sucikan dan bersihkan sehingga aku berlayak untuk hidup dekat, melekat kepada-Mu. Amin.
~~~~~
Bacaan besok: Imamat 14-15
Ungkapan doa: Mazmur 34

Jumat, 18 Februari 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 SAMUEL

Bacaan hari ini : 1 Samuel 23:14-28
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

GUNUNG BATU YANG MELUPUTKAN

Apakah anda pernah diluputkan dari bahaya maut? Siapa yang berperan besar dalam keselamatan anda saat itu? Pengalaman Daud sungguh luar biasa. Sebagai seorang buronan, Daud berulang kali terluput dari tangan musuh yang ingin menangkap dan membinasakannya.

Tidak mudah menjadi narapidana sambil meyakini bahwa pemeliharaan Tuhan dan pengurapan-Nya tidak berubah. Tuhan meneguhkan hal itu lewat dua hal. Pertama, Yonatan yang adalah anak musuh Daud malah dipakai Tuhan menjadi sahabat sejatinya. Yonatan menjadi penghiburan yang menguatkan Daud. Dialah sahabat sejati yang rela menempuh bahaya untuk mengingatkan Daud akan penyertaan Tuhan. Janji persahabatan Yonatan dan Daud memberikan kekuatan moril (18). Dukungan moril itu didasarkan pada pengenalan yang benar akan kehendak Tuhan (17), yakni Yonatan tahu bahwa Daud akan menjadi raja menggantikan Saul.

Kedua, melalui pertolongan Tuhan yang ajaib sewaktu Daud terkepung oleh pasukan Saul. Mereka mendapat bocoran dari penduduk Zif mengenai tempat persembunyian Daud. Di saat genting seperti itu, orang Filistin menyerbu Israel sehingga Saulbsebagai raja harus menunda ambisinya menangkap Daud.

Tuhan memang tidak pernah lalai memelihara umat-Nya, apalagi hamba-hamba-Nya. Bukan berarti tidak ada bahaya dan kesulitan. Namun dalam setiap masalah yang dihadapi, selalu ada jalan keluar. Saat masalah terlalu sukar diselesaikan, ingatlah bahwa Tuhan bekerja dengan cara yang ajaib.

Renungkan: Jangan undur apabila anda dirongrong kesulitan dan tekanan untuk meninggalkan pelayanan. Bila anda yakin apa yang sedang dikerjakan merupakan kehendak Tuhan, sudah pasti Dia akan campur tangan, entah lewat orang-orang yang setia kepadaNya atau melalui karya-Nya yang melampaui segala akal.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Samuel
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 1 Samuel 24:1-23 – Tidak Main Hakim Sendiri

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu ke-7 sesudah Epifani
Jumat, 18 Februari 2022
~~~~~
CARA MEMBALAS MUSUH

Bacaan hari ini:
Mazmur 37:1-11, 39-40
Kejadian 44:1-17
1 Yohanes 2:12-17

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 20 Februari 2022     

Mazmur 37:1-11, 39-40
Mazmur ini bukanlah sebuah doa, melainkan serangkaian ucapan yang mengandung pepatah atau petunjuk tentang hikmat rohani.
Temanya adalah sikap orang percaya terhadap orang fasik yang tampak berhasil dan kesukaran yang dialami orang benar. Mazmur ini mengajarkan bahwa pada akhirnya orang fasik akan jatuh dan kehilangan segala sesuatu yang mereka peroleh di dunia, sedangkan orang benar yang tetap setia kepada Allah akan mengalami kehadiran, pertolongan, dan pemeliharaan-Nya di dunia, serta mewarisi keselamatan dan tanah perjanjian. Dan warisan bagi orang percaya adalah ”langit yang baru dan bumi yang baru” (lih Why 21:1). Jadi, masihkah kita marah dan iri dengan kesuksesan orang fasik?

▢️ Mazmur 37:1-11, 39-40 – Kolinda Martha
GKI Raya Hankam https://youtu.be/omMKUlzZTHA

Kejadian 44:1-17
Yusuf sebagai pribadi bijaksana memiliki rencana tersendiri ketika memerintahkan kepala rumah tangga untuk menaruh sebuah piala ke karung adik yang bungsu agar ada alasan untuk mengetahui sejauh mana kakak – kakak memperlakukannya. Yusuf mau melihat apakah perlakuan mereka terhadap si bungsu sama dengan apa yang dahulu di alami Yusuf. Yusuf menguji dengan rencana menjadikan si bungsu sebagai budak karena di dalam karungnya ada piala Yusuf. Ini sebuah contoh : cerdik seperti ular, tulus seperti merpati.

1 Yohanes 2:12-17
Mengasihi Bapa dan mengasihi dunia adalah dua hal yang tidak bisa dipersatukan. Pengertian dunia di sini adalah segala sesuatu yang melawan kehendak Bapa demi memuaskan kedagingan : nafsu melakukan dosa, nafsu memiliki segala sesuatu yang dilihat mata, dan perasaan sombong atas apa yang kita miliki. Semua itu bersifat fana dan sementara. Mengasihi Bapa akan menuntun kita pada menjalani hidup yang makin serupa Kristus.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 37:1-11, 39-40
Kejadian 44:18-34
Lukas 12:57-59