Gemass 18 April 2022

PENGANTAR BACAAN GEMASS Reguler Minggu ke-14 (18 s/d 24 April 2022)

Bacaan minggu lalu mungkin membuat kita sedikit kecewa saat mendekati masa-masa akhir pemerintahan Daud. Sepertinya agak tidak jauh berbeda dengan Saul. Daud mengalami rangkaian peristiwa yang membuat keluarga dan dirinya menuju kehancuran. Meski dia kembali bisa bertahta, namun tidak seperti yang diungkapkan di bagian awal 2 Samuel.

Epilog kisah ini menampilkan beberapa kisah yang tidak kronologis, namun penting untuk diperhatikan (pasal 21-24). Daud mengungkapkan perenungan yang serius dan puitis untuk mencerna 1 dan 2 Samuel yang semestinya membuat kita memiliki keyakinan bahwa Tuhan tetap bekerja meskipun arogansi dan manusia yang tekebur menganggu rencana-Nya.

Lebih penting lagi, hal tersebut merefleksikan bahwa Tuhan akan memenuhi janjinya untuk mewujudkan Raja mesianik yang akan menjadi penyelamat. Kita juga akan melihat bagaimana memberi pesan dan mewariskan tahtanya kepada Salomo, anaknya, sebelum Daud meninggal.

Minggu ini, setelah kita membaca kisah tentang Raja Salomo kita akan bertanya-tanya, bukankah ini adalah orang yang paling bijaksana di bumi? Seperti tokoh-tokoh lain dalam Alkitab ternyata Salomo juga memiliki kelebihan dan sekaligus kekurangan juga. Tidak terkecuali.

Salomo memang meminta hikmat Tuhan (pasal 3-4), yang Tuhan kabulkan, dan itu menolong dia untuk bisa mendirikan Bait Allah yang indah untuk Tuhan (pasal 5-8). Namun, ketika kita membaca pasal 9-11, keputusan buruk Salomo membawa efek bola salju untuk kejatuhan kerajaannya dengan begitu cepat. Penulis kitab ini tampaknya sengaja menyejajarkan kisah Salomo dengan kisah Firaun.

Sayang sekali, Rehabeam, anak Salomo tidak sebijaksana ayahnya. Dia mengawali pemerintahannya dengan buruk dan semakin buruk sehingga kerajaannya tidak akan mengalami kejayaan seperti sebelumnya.

(diterjemahkan ulang secara bebas dari thebibleproject.com )
 EMOTICON GEMASS
Minggu 13 : 🀴
Minggu 14 : 🏰
Minggu 15 : βš”
Minggu 16 : 🌠
 BACAAN GEMASS Reguler Minggu ke-14 (Hari ke 92-98)

Emoticon : 🏰

Bagian 7 : KEBANGKITAN DAN KEJATUHAN BANGSA ISRAEL
β–« H92; Senin, 18 April 2022: 2 Samuel 19-21 ; Mazmur 92
β–« H93; Selasa, 19 April 2022: 2 Samuel 22-24 ; Mazmur 93
β–« H94; Rabu, 20 April 2022: 1 Raja-raja 1-3 ; Mazmur 94
β–« H95; Kamis, 21 April 2022: 1 Raja-raja 4-7 ; Mazmur 95
β–« H96; Jumat, 22 April 2022: 1 Raja-raja 8-10 ; Mazmur 96
β–« H97; Sabtu, 23 April 2022: 1 Raja-raja 11-13 ; Mazmur 97
β–« H98; Minggu, 24 April 2022 : 1 Raja-raja 14-16 ; Mazmur 98
Senin, 18 April 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Sudah tersedia dalam apps GKI Layur

~~~~~
πŸ—“ Hari 92
Bagian 7 : KEBANGKITAN DAN KEJATUHAN BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: 2 Samuel 19-21
Ungkapan doa : Mazmur 92
~~~~~
ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 92
https://drive.google.com/folderview?id=1IaGvp2NXFgi2oZQk7ab90aMTxOQhyL7a

🌟 2 Samuel 21:1 (TB)
Dalam zaman Daud terjadilah kelaparan selama tiga tahun berturut-turut, lalu Daud pergi menanyakan petunjuk TUHAN. Berfirmanlah TUHAN: “Pada Saul dan keluarganya melekat hutang darah, karena ia telah membunuh orang-orang Gibeon.”

πŸ’‘ Dosa tidak bisa dipandang remeh dan selalu membawa konsekuensi. Mesti dibereskan!

πŸ™ Doa :
Tuhan, tolong aku agar dapat mengingat dosa-dosaku, memohonkan ampunan dari-Mu dan bertobat, menang melawan kebiasaan dosa. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : 2 Samuel 22-24
Ungkapan doa : Mazmur 93
 Senin, 18 April 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi 1-2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 1 Raja-Raja 6:1-38
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

MEMBERI YANG TERBAIK

Bila ada kesempatan memberikan sesuatu yang bernilai kepada kepala negara, hadiah apakah yang akan anda persiapkan untuknya? Sudah pasti anda akan mempersiapkan hadiah terbaik sebagai bentuk penghormatan kepada kepala negara. Namun, mengapa kita hendak yang terbaik bagi kepala negara? Karena, dialah pemimpin dan harapan seluruh rakyat untuk membawa dan menegakkan kebenaran, keadilan, dan kesejahteraan bagi rakyat dan bangsanya.

Setelah empat tahun mengukuhkan posisinya sebagai raja Israel, Salomo mulai membangun Bait Allah (1,37-38). Desain bangunan Bait Allah dibuat berdasarkan instruksi Daud, ayahnya (bdk. 1Taw. 28:19). Jauh sebelum Salomo menjadi raja, Daud telah menyerahkan cetak biru bangunan Bait Allah ke tangan Salomo. Dalam cetak biru tersebut, telah dilukiskan bagaimana cara membangunnya secara terperinci (2-10). Di balik semuanya itu, Allah adalah Arsitek Agung Bait Allah, sedangkan Salomo adalah pelaksananya. Dengan sepenuh hati Salomo melakukan tugas itu dan ia mendatangkan pelbagai bahan material terbaik, serta menyediakan sumber daya manusia terpandai agar Bait Allah dapat dikerjakan dengan sempurna. Setiap bagian disekat dan seluruh bangunan serta Tabut Perjanjian dilapisi dengan emas kertas dan diukir dengan indah (14-36). Proyek ini diselesaikan Salomo dalam kurun waktu tujuh tahun lamanya (38). Hal ini memperlihatkan kesungguhan hatinya untuk memberikan yang terbaik dan terindah bagi Allah Israel.

Renungkan: Di tengah zaman yang cenderung mengejar materi, kita belajar dari Salomo tentang persembahan terbaik kepada Allah. Sudahkah Anda memberikan yang terbaik bagi Tuhan? Pemberian yang terbaik tidak hanya terfokus pada harta benda, tetapi bisa juga waktu, ide, tenaga, doa serta segala sesuatu yang diperlukan bagi pekerjaan-Nya. Hal itu dimulai dengan ketaatan dan komitmen kepada perintah dan firman-Nya.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org

β–Ά Video Pelengkap Bacaan:
“Solomon’s Temple 3D”

~~~~~
Bacaan besok: 1 Raja-Raja 7:1-12 – Motivasi dan Tujuan Pembangunan
 πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah I
Senin, 18 April 2022
~~~~~
KEMENANGAN UNTUK KEHIDUPAN
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 118:1-2, 14-24
Yosua 10:16-27
1 Korintus 5:6-8

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang yang kita baca pada Minggu 17 April 2022.

Mazmur 118:1-2, 14-24
Mazmur ini didaraskan saat perayaan Paskah karena sesuai dengan nuansa kemenangan yang dialami oleh Yesus setelah mengalami penderitaan salib dan kematian. Isinya adalah ajakan untuk selalu mengingat kasih setia Tuhan yang kekal tiada putusnya. Terbukti bahwa tidak percuma Yesus tetap setia sampai akhir hidupNya. Kuasa TUHAN memberi kemenangan. TUHAN melakukan perbuatan besar. Mari kita rayakan kebangkitan Kristus dengan terus mempraktekkan budaya yang berpihak pada perawatan kehidupan.

▢️ Mazmur 118:1-2, 14-24 – Zenith Zepelin – GKI Surya Utama https://youtu.be/IUkywd4qnAQ

Yosua 10:16-27
Tuhan memang berjanji bahwa umat Israel akan memiliki tanah perjanjian di bawah kepemimpinan Yosua namun bukan berarti mereka boleh berpangku tangan dan tidak aktif melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan. Tuhan mengajar umat – Nya untuk bekerja keras dan bukan malas – malasan. Terlihat bagaimana Tuhan meneguhkan janji – Nya dan Yosua pun mengingatkan terus bangsa Israel agar tidak melupakan janji Allah. Mari kita pun terus mengingat janji berkat Allah namun juga aktif melakukan bagian kita.

1 Korintus 5:6-8
Menghayati makna kebangkitan Kristus dalam kehidupan kita berarti siap meninggalkan segala dosa dan kejahatan yang masih bercokol dalam diri kita. Paulus pun mengingatkan jemaat Korintus agar meninggalkan segala praktek kejahatan dan dosa yang mereka lakukan karena meniru lingkungan dan gaya hidup kota besar yang bertentangan dengan status mereka sebagai murid dari Kristus yang bangkit. Ibarat ragi hidup mereka haruslah dipengaruhi oleh hal – hal yang murni dan yang berkenan kepada Allah. Mari terus memurnikan hidup kita dengan pertolongan Roh Kudus dan kesetiaan kita mengerjakan bagian kita.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 118:1-2, 14-24
Hakim – Hakim 4:17-23, 5:24-31
Wahyu 12:1-12