Gemass 16 November 2022

*Rabu, 16 November 2022*
~~~~~~~~~~~~~~~
πŸ“– *GEMASSreguler 2022* – FIRMAN UNTUK SEMUA
_Tersedia dalam apps GKI Layur_
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~~~~~~~~~~
πŸ—“ *Hari 304*
*Bagian 15 : UMAT KERAJAAN ALLAH*
*Bacaan hari ini* : 1 Korintus 7-8
*Ungkapan doa* : Mazmur 144
~~~~~~~~~~~~~~~

*ALKITAB SUARA*
🎧 GEMASS – Hari 304
https://drive.google.com/folderview?id=1MZ5FvZPz6DWN2L4EF-m9JUEEopWRwRlk

🌟 *1 Korintus 8:13* (TB)
_Karena itu apabila makanan menjadi batu sandungan bagi saudaraku, aku untuk selama-lamanya tidak akan mau makan daging lagi, supaya aku jangan menjadi batu sandungan bagi saudaraku._

πŸ’‘ Sebenarnya Paulus bebas makan apa saja, sebab di dalam Kristus tidak ada lagi haram atau halal, melainkan apa yg berguna dan membangun. Tetapi jika sikapnya ini bisa menjadi batu sandungan bagi orang Yahudi, maka ia rela menanggalkan kebebasannya itu, agar saudaranya bisa datang mendekat kepada Kristus. Inilah teladan karakter Kristus, yang rela mengosongkan diri-Nya sendiri untuk orang lain.

πŸ™ *Doa:*
Tuhan Yesus, Engkau telah membebaskan aku dari kuk hukum Taurat. Jangan biarkan aku menggunakan kebebasan itu untuk hidup dalam dosa, melainkan untuk melayani saudaraku.
~~~~~~~~~~~~~~~
*Bacaan besok* : 1 Korintus 9-10
*Ungkapan doa* : Mazmur 145

Rabu, 16 November 2022*
~~~~~~~~~~~~~~~
πŸ“– *GEMASSplus SH KITAB – 2022*
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi *INJIL YOHANES*

Bacaan hari ini : *Yohanes 19: 17-37*
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~~~~~~~~~~
β–Ά Video Pelengkap Bacaan.
Yohanes 19: 19-30 | LUMO Indonesia

*_SALIB BUKAN KEKALAHAN_*
 
Bagi para musuh Yesus, salib yang Yesus pikul dan tempat Yesus digantung merupakan lambang kemenangan mereka dan kekalahan Yesus. Apalagi Yesus ditempatkan di antara dua penjahat (lihat Luk. 23:33), sehingga Ia pun terhitung sebagai penjahat (Mrk. 15:28).
 
Namun, penulis Injil Yohanes menyajikan peristiwa penyaliban Yesus sampai kematian-Nya bukan sebagai tanda kekalahan Anak Manusia. Papan nama yang diletakkan di atas-Nya, berbunyi, “Yesus, orang Nazaret, raja orang Yahudi.” Bagi orang Yahudi dan imam-imam kepala, tulisan itu sangat mengganggu mereka. Kebenaran sejati tidak bisa ditenggelamkan oleh hiruk pikuk “Salibkan Dia, salibkan Dia” (6, 15). Bahkan peristiwa jubah dan pakaian Yesus yang dibagikan di antara para prajurit, seruan Yesus, “Aku haus!,” dan tulang-tulang Yesus yang tidak dipatahkan, serta ditikamnya lambung Yesus adalah penggenapan nubuat Perjanjian Lama (ayat 24: Mzm. 22:19; ayat 28: Mzm. 22:16, 69:22; ayat 33-36: Mzm. 34:21; ayat 37, Za. 12:10). Hal ini menyatakan peristiwa penyaliban dan kematian Yesus ada dalam rencana dan kedaulatan Allah Bapa. Sikap Yesus saat Ia disalib menunjukkan bahwa Ia tidak kalah terhadap semua musuh-Nya. Sebaliknya, Ia mampu memperhatikan kebutuhan Maria, ibu jasmani-Nya yang akan ditinggalkan-Nya, dengan menyediakan putra angkat yang akan merawat dan mengasihinya.
 
Salib Yesus adalah kemenangan kasih dan kuasa Allah yang menyelamatkan manusia berdosa. Kematian-Nya memang ditentukan Allah Bapa untuk membereskan belenggu-belenggu dosa yang mematikan manusia. Oleh karena itu, jangan pernah kita malu terhadap salib Yesus karena Dia memikulnya dengan penuh kewibawaan. Dia naik ke salib dengan kepastian bahwa misi penyelamatan Ilahi sedang digenapi.
 
_Tekadku: Aku akan meninggikan salib Kristus karena salib itu adalah lambang kemenangan Yesus atas kuasa dosa dan maut._

Sumber : _Santapan Harian Gemass edisi Injil Yohanes_
https://www.su-indonesia.org

β–Ά Video Pelengkap Bacaan:
Peduli Sampai Mati (Yoh. 19:25-27) – Pdt. Yakub Tri Handoko

~~~~~~~~~~~~~~~
*Bacaan besok* : Yohanes 19: 38-42 – _Dimanakah Anda?_
πŸ“– *GEMASSplus LEKSIONARI*
Tahun C
Minggu Biasa-22
*Rabu, 16 November 2022*
~~~~~~~~~~~~~~~
WASPADA DAN BERTAHAN
~~~~~~~~~~~~~~~
*Bacaan hari ini:*
Mazmur 141
Yehezkiel 43:1-12
Matius 23:37-24:14

_Tersedia dalam apps GKI Layur_
Https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~~~~~~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 13 November 2022.

*Mazmur 141*
Tidak mudah hati kita menerima berbagai bentuk teguran yang disampaikan, karena menyentuh harga diri dan pendirian kita. Apalagi jika orang yang Tuhan pakai untuk menegur, menyampaikannya dengan gaya bahasa atau volume suara yang tidak kita suka, rasanya diri kita mendidih dan siap meledak di hadapannya. Padahal jika kita tenang dan mencerna isinya, mungkin tegurannya itu Tuhan pakai untuk membangun atau mengkoreksi kita agar menjadi lebih baik. Didikan Tuhan selalu memberi kebaikan dan nilai kekekalan, tergantung respon kita menerimanya. Teguran yang mendidik itu jalan kehidupan (Ams. 6:23). Maukah diri Anda dapat bertumbuh lebih bijaksana ?

*Yehezkiel 43:1-12*
Oleh karena hidup manusia yang tercemar dosa maka tidak satupun yang dapat dibenarkan Allah, jika Kristus tidak menebus dari keberdosaan. Misalnya hati yang memiliki belas kasih kepada seseorang namun saat bersamaan kebenciannya kepada seorang lainnya belum terhapus dari hatinya. Seakan hanya setebal dinding kedua hal tsb kita pisahkan, antara kekudusan dan kecemaran.
Marilah kita menata hidup agar dinding kecemaran tidak berubah-ubah tebal tipis tergantung kehendak namun hanya kekudusan yang kita bangun di dalamnya.

*Matius 23:37-24:14*
Semakin hari dunia mengalami kemajuan dan kemegahan karena manusia membangunnya sedemikian bernafsu untuk kesohoran pribadi. Kalau bisa, namanya selalu teratas dalam peringkat-peringkat dunia yang mengandung pujian atas prestasi pribadinya. Namun Alkitab mengingatkan kita, bahwa sehebat-hebatnya manusia membangun dunia, itu semua akan mengalami kehancuran pada waktu tertentu. Nama baik seseorangpun demikian, dapat saja tercemar karena setitik noda. Dunia tidak abadi dan akan sia-sia jika tembok kesombongan yang dibangun, bukan kesejahteraan bersama untuk kebaikan. Jadi dunia malah mengalami kemunduran dan tantangan untuk membangun kehidupan spiritual menuju kekekalan nantinya.

Renungan pelengkap:
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat


~~~~~~~~~~~~~~~
*Bacaan besok:*
Mazmur 46
2Tawarikh 18:12-22
Ibrani 9:23-28