Gemass 15 Oktober 2020

πŸ“– GEMASSreguler 2020 – FIRMAN UNTUK SEMUA
πŸ—“ Hari 270
Bagian 14 : YESUS DAN KERAJAAN ALLAH
Bacaan hari ini: Lukas 6-7
Ungkapan doa : Mazmur 115
~~~~~~
Selamat pagi! 

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 270
https://drive.google.com/folderview?id=1ALhXhq-QjTlMoV9D3kcUcGiD9z09yoS1
(alkitab suara juga dapat didengarkan melalui app revivo, silahkan download : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.revivo.mobile )

🌟 Lukas 6:48b (TB)
Ketika datang air bah dan banjir melanda rumah itu, rumah itu tidak dapat digoyahkan, karena rumah itu kokoh dibangun.

πŸ’‘ Kita harus membangun ‘rumah rohani’ kita: membangun iman, ketaatan, ketekunan, kesetiaan dan sebagainya, yang kesemuanya harus berlandaskan firman Tuhan yang didirikan di atas dasar batu karang yaitu Tuhan Yesus sendiri. Perbedaan kualitas ‘bangunan rohani’ masing-masing orang akan terlihat nyata saat badai persoalan itu datang dan menyerang kita. Sudahkah kita membangun ‘rumah rohani’ kita dengan benar? Jika belum, segeralah berbenah sebelum terlambat.

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan, saya mau terus berusaha membangun ‘rumah rohani’ dengan bersumber kepada-Mu saja. Pimpin saya ya Tuhan, dan mampukan saya. Amin.

~~~~~~
Bacaan besok : Lukas 8-9
Ungkapan doa : Mazmur 116

~~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2020
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi INJIL MATIUS

Bacaan hari ini : Matius 8:18-27
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~~

APA MOTIFNYA?

Beberapa peristiwa yang berurutan dicatat Matius dalam perikop ini. Dengan mudah dapat kita lihat bahwa pesannya masih menyambung perikop yang kita renungkan kemarin. Perikop ini mencatat peristiwa yang kembali menyangkut mukjizat (ayat 23-27), didahului oleh percakapan soal arti dan syarat mengikut Yesus (ayat 18-22). Jadi, peristiwa mukjizat itu adalah dalam rangka mengajar kita tentang arti mengikut Yesus.

Dua macam sikap orang dan dua macam respons Tuhan Yesus tentang orang yang mengikut Dia, muncul dalam peristiwa pertama. Kepada yang ingin mengikut Dia, dengan tegas Yesus memintanya memperhitungkan konsekuensi menderita bersama Dia (ayat 20). Jangan mengira dengan mengikut Yesus ia akan mendapat keuntungan besar. Kemungkinan besar motivasi ahli Taurat ini justru mencari pengaruh sosial melalui Yesus. Kepada murid-Nya sendiri yang perhatiannya terbagi dua oleh urusan keluarga, Tuhan Yesus menuntut sikap mendahulukan-Nya di atas semua urusan lain (ayat 22).

Melalui peristiwa ini kita disadarkan bahwa mengikut dan percaya pada Tuhan Yesus secara mutlak tanpa motivasi salah adalah hal yang patut kita berikan kepada Yesus. Ia sungguh patut menerima ketaatan dan kesetiaan mutlak itu sebab Ia adalah Tuhan yang berdaulat atas anasir-anasir alam (ayat 23-27). Dalam perikop yang akan kita pelajari esok, anasir-anasir jahat yang membahayakan hidup manusia pun tunduk oleh kuasa Yesus Kristus (ayat 28-34). Dia adalahTuhan atas segala-galanya.

Kepada orang-orang yang ingin mengikut Yesus, Yesus dengan sabar dan penuh kasih menegur mereka dan membentuk komitmen mereka. Yesus ingin agar para pengikut-Nya bermotivasi benar, berkomitmen kuat, dan memercayai Dia dengan sungguh dalam mengikut Dia sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Responsku: Tidak ada hal yang tidak dapat ditundukkan Yesus oleh wibawa-Nya. Aku ingin ikut dan dekat Dia selalu agar Ia sepenuhnya hidup dalam hidupku.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Injil Matius
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~~
Bacaan besok : Matius 8:28–9:8 – Yesus Peduli dan Berkuasa

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Minggu Biasa 18
Kamis, 15 Oktober 2020
~~~~~~~
MENGELOLA KEKUASAAN DALAM KELUARGA

Bacaan hari ini:
Hakim 17: 1-6
3 Yohanes 1: 9-12
Mazmur 96: 1-9
~~~~~~~
Bacaan hari ini, membantu mempersiapkan kita untuk bacaan pada hari Minggu, 18 Oktober 2020.

Hakim 17:1-6
Saat pengenalan akan Tuhan tidak ada maka orang akan bertindak semau sendiri yang menurutnya benar tanpa peduli kepada Tuhan dan firman-Nya. Dalam perikop ini, Mikha membuat patung, menjadikannya ilah, dan mengangkat imam untuk penyembahan patung tersebut. Menjadi tugas kita untuk memperkenalkan Tuhan dan perbuatan-Nya dari kita ke generasi selanjutnya dan selanjutnya.

3 Yohanes 1: 9-12
Dalam setiap jemaat selalu ada yang berhati baik dan ada juga yang jahat. Diotrefes ditegur penulis surat Yohanes karena tidak menghormati utusan Allah dan bersikap kasar serta mencegah orang menerima utusan Allah. Demetrius dipuji karena memiliki kesaksian yang baik. Orang yang melakukan hal yang baik berasal dari Allah dan akan melihat Allah.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

*Mazmur 96:1-9
Sudah sepatutnya kita memuji Tuhan setiap saat karena segala perbuatan tangan Tuhan yang sudah menyelamatkan dan memelihara hidup kita. Tuhan layak diharapkan karena kuasa dan kekuatan-Nya yang melampui segala ilah. Segala isi bumi wajib menyembah Dia karena kemuliaan-Nya.
~~~~~~
Bacaan besok:
Ulangan 17: 14-20
1 Petrus 5: 1-5
Mazmur 96: 1-9