Gemass 15 Maret 2022

 Selasa, 15 Maret 2022
~~~~~
📖 GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
🗓 Hari 58
Bagian 5: PADANG GURUN
Bacaan hari ini: Ulangan 15-16
Ungkapan doa : Mazmur 58
~~~~~
ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 58
https://drive.google.com/folderview?id=1J0lix2ZfeYEutOboz0684Vkux2SU3dsS

▶ Video Pemahaman Firman: NEPHESH : “Soul” – thebibleproject.com
Saksikan :

(tersedia subtitle Indonesia)

🌟 Ulangan 15:8 (TB)
tetapi engkau harus membuka tangan lebar-lebar baginya dan memberi pinjaman kepadanya dengan limpahnya, cukup untuk keperluannya, seberapa ia perlukan.

💡 Tuhan menghendaki agar kita tidak menjadi egois, melainkan berbagi harta dan kebutuhan lainnya, terutama dengan orang yang miskin.

🙏 Doa:
Ya Tuhan, tolong saya agar tidak egois dan mau memperhatikan kebutuhan sesama. Terutama saat ini, ketika kami masih mengalami pandemi. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : Ulangan 17-20
Ungkapan doa : Mazmur 59
 Selasa, 15 Maret 2022
~~~~~
📖 GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi 1-2 SAMUEL

Bacaan hari ini : 2 Samuel 11:1-27
Doa ⇒ Baca ⇒ Renungkan ⇒ Bandingkan ⇒ Doa
~~~~~

WASPADALAH!

Di Indonesia beredar persepsi bahwa pria punya tiga kelemahan utama, yaitu harta, takhta, dan wanita. Setelah membaca kisah-kisah kepahlawanan Daud, kearifannya dalam memimpin dan sikapnya yang rendah hati sebagai seorang raja, tampak bahwa harta dan takhta bukan titik kritis yang melemahkan Daud. Tanpa diduga, Daud yang telah mengalahkan puluhan ribu laki-laki di medan perang, ternyata bertekuk lutut di hadapan seorang perempuan.

Semua bermula dari situasi menyenangkan yang Daud ciptakan bagi dirinya sendiri. Ketika itu Daud terjun ke medan perang dan memimpin bala tentaranya. Namun ia malah bersantai di istananya. Saat itulah, dari ketinggian sotoh istana, matanya terjerat pesona sesosok perempuan cantik yang sedang mandi. Dosa mulai menjebak Daud karena apa yang tertangkap mata mulai turun ke hati. Daud penasaran dan ingin tahu siapakah perempuan itu. Ternyata dia adalah Batsyeba, istri Uria, tentaranya sendiri. Ia tak mampu mengendalikan hasratnya dan mata hatinya telah buta. Tanpa pikir panjang, ia memuaskan hasratnya atas Batsyeba hingga perempuan itu mengandung. Merasa bersalahkah Daud terhadap Batsyeba dan Uria? Merasa berdosakah Daud terhadap Tuhan? Apa mau dikata karena Daud sudah gelap mata. Bukan menyadari kesalahan, malahan ia merancang kematian Uria. Sungguh mengerikan. Dosa yang satu belum diselesaikan, ditambah lagi dosa yang lain.

Penulis 2 Samuel menceritakan kejahatan Daud bukan untuk membuka aib seorang raja besar, tetapi ingin mengingatkan kita bahwa dosa selalu berusaha menjerat kita pada saat yang tidak pernah diduga. 1Pet. 5:8 berkata, “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, Si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya”. Maka, jangan pernah terlena dalam situasi apa pun. Gunakan perisai iman dan pedang roh, yaitu firman Tuhan untuk menangkal serangan dan melawan godaan si jahat (Ef. 6:16-17).

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Samuel
https://www.su-indonesia.org

▶ Video Pelengkap Bacaan:
Batsyeba, Wanita Cantik di Alkitab yang Membuat Raja Daud j
Jatuh Dalam Dosa Berzinah | #FaktaAlkitab
https://youtu.e/tCh89fKpW6U
~~~~~
Bacaan besok: 2 Samuel 12:1-31 – Peka akan Teguran Tuhan
 💠 BGA
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
BACA GALI ALKITAB 8

2 SAMUEL 11:1-27
Daud, yang kini telah menjadi raja atas seluruh Israel, mengalami kejatuhan yang kelak dikemudian hari mengakibatkan seluruh keturunannya berada dibawah hukuman Allah. Kejatuhan apakah itu dan bagaimana hal itu dapat terjadi?

💠 Apa saja yang Anda baca?
1. Siapakah yang disuruh Daud untuk maju berperang? Lalu apa yang Daud sendiri lakukan? Siapakah yang dia lihat (1-3)?
2. Apakah yang terjadi kemudian antara Daud dan Batsyeba? Apa akibat dari peristiwa itu? Apa tindakan Daud (4-15)?
3. Apa yang menimpa Uria, suami Batsyeba? Siapakah kaki tangan Daud yang mengatur jalannya pertempuran yang menewaskan Uria tersebut (16-22)?
4. Apa reaksi Daud atas kabar tewasnya Uria? Apa kemudian yang dia lakukan? Bagaimana Allah menilai semua tindakan Daud tersebut (23-27)?

💠 Apa pesan yang Allah sampaikan kepada Anda?
1. Kejahatan apa yang dilakukan oleh Daud dalam seluruh perikop ini? Apa yang menyebabkan Daud melakukan kejahatan itu?
2. Apakah faktor utama yang menyebabkan kejatuhan Daud? Saat itu, apakah Daud sadar bahwa apa yang telah dia lakukan sesungguhnya jahat dimata Tuhan?

💠 Apa respon Anda?
Apa respons Anda?
1. Bagaimana Anda melihat peristiwa kejatuhan Daud dalam perikop ini? Apakah seharusnya Daud bisa menghindari kejatuhan tersebut? Bagaimana caranya?
2. Coba ingat, dalam dosa apa saja Anda pernah jatuh? Cobalah mengevaluasi, bagaimana Anda seharusnya dapat menghindari dosa itu?
3. Apa yang harus dilakukan untuk mempertahankan kekudusan hidup?

POKOK DOA :
Agar seluruh jemaat Tuhan selalu menjaga kekudusan hidupnya di hadapan Tuhan._

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Samuel
https://www.su-indonesia.org
 📖 GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Pra Paskah II
Selasa, 15 Maret 2022
~~~~~
BERARAK MENUJU HIDUP SEJATI

Bacaan hari ini:
Mazmur 105:1-42
Bilangan 14:10-24
1 Korintus 10:1-13

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 13 Maret 2022  

Mazmur 105:1-42
Pemazmur mengajak umat untuk memuji Allah atas apa yang diperbuatNya. Ia pun menggambarkan bagaimana Allah bertindak sejak dari jaman nenek moyang Israel hingga, pengungsian ke Mesir, perjalanan di padang gurun, hingga menduduki Tanah Perjanjian. Secara rinci dan teliti semua dijabarkan untuk menunjukkan bahwa Allah setia terhadap janjiNya kepada umatNya. Mari kita ingat terus kebaikan Allah dalam hidup kita.

Bilangan 14:10-24
Hampir saja Kaleb dan Yosua dilempari batu oleh mereka yang pro dengan 10 pengintai. Syukurlah Tuhan datang tepat waktu sehingga mereka selamat. Tuhan sempat ingin memusnahkan para pemberontak dan menggantikan dengan keturunan Musa. Syukurlah Musa berhasil membujuk Tuhan untuk mengurungkan niatNya dan tetap menepati janjiNya demi kemuliaanNya. Namun, mereka yang memberontak tetap akan menerima hukuman dan tidak akan berhasil masuk ke Kanaan. Mari belajar untuk tetap taat pada perintah Tuhan dan menantikan Tuhan membela kita pada waktuNya.

1 Korintus 10:1-13
Paulus mengingatkan jemaat di Korintus agar tidak mengulang kesalahan sama yang dilakukan nenek moyang Israel. Mereka secara sadar dan terus-menerus menentang Tuhan dan enggan menaati firmanNya. Mereka jatuh pada penyembahan berhala karena mereka tidak mempercayai Tuhan sepenuhnya. Tuhan pun mengambil tindakan tegas dengan menulahi mereka yang memberontak padaNya. Karena itu jangan membiarkan diri dikalahkan oleh pencobaan. Tuhan pasti memberi kekuatan agar kita dapat mengalami kemenangan.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 105:1-42
2 Tawarikh 20:1-22
Lukas 13:22-31