Gemass 15 Juni 2022

 Rabu, 15 Juni 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 150
Bagian 9 : HIKMAT BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: Ayub 38-39
Ungkapan doa : Mazmur 145
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 150
https://drive.google.com/folderview?id=13XwT0NcJR2j4_S59q4wKazm7HkyHrM1v

🌟 Ayub 38:4-5 (TB)
Di manakah engkau, ketika Aku meletakkan dasar bumi? Ceritakanlah, kalau engkau mempunyai pengertian!
Siapakah yang telah menetapkan ukurannya? Bukankah engkau mengetahuinya? β€” Atau siapakah yang telah merentangkan tali pengukur padanya?

πŸ’‘ Selama ini Tuhan diam dan membisu. Tapi mulai pasal 38 ini Tuhan menjawab pertanyaan dan keluh kesah Ayub. Tuhan mengajak Ayub merenungkan kembali kejadian alam yang ajaib. Semuanya itu cukup menyaksikan karya-Nya sempurna dan di luar pengertian kita.

πŸ™ Doa:
Bila aku melihat langit dan bumi, alam dan satwa yang Kau ciptakan: aneka paruh unggas sesuai dengan jenis makanannya, aneka bunga dan buah, siklus alam yang terus berulang, aku kagum akan cara-Mu memeliharaku.
~~~~~
Bacaan besok : Ayub 40-42
Ungkapan doa : Mazmur 146
Rabu, 15 Juni 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1-2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 2 Raja-Raja 17:24-41
Doa => Baca => Renungkan =>
Bandingkan => Doa
~~~~~

SAKSI TUHAN ATAU HAMBA DOSA

Hidup di tengah-tengah orang tidak percaya memang sulit. Namun, sebagai milik Kristus kita tetap berkewajiban membawa orang yang belum mengenal Dia kepada pertobatan.

Sebenarnya hukuman Allah menyerahkan Israel ke negeri-negeri jajahan Asyur, bukan semata-mata untuk memusnahkan mereka. Di negeri pembuangan, Israel memeroleh kesempatan untuk bertobat, supaya hidup mereka menyaksikan Allah Israel kepada bangsa-bangsa di sekitar mereka. Demikian juga dengan sisa-sisa Israel yang tetap tinggal di Samaria. Mereka seharusnya menjadi berkat bagi para buangan dari negeri-negeri lain yang ditempatkan oleh Asyur di Samaria. Sayangnya, Israel sama sekali tidak menyadari hal ini. Mereka membiarkan bangsa-bangsa kafir ini hidup penuh dosa sehingga Allah harus mengirimkan singa-singa untuk menghukum mereka (25). Bahkan walaupun seorang imam Israel diutus untuk memimpin kehidupan penduduk Samaria mengenal Allah (28), yang terjadi justru sinkretisme, yaitu mencampurkan ibadah kafir dengan ibadah Israel (29-34). Umat Israel bukannya menjadi teladan hidup ibadah yang benar, sebaliknya mereka justru ikut-ikutan menyembah dewa-dewi bangsa lain.

Orang Kristen dan gereja dipanggil untuk menjadi saksi Kristus dan menyatakan kesaksian hidup Kristen yang benar, di tengah-tengah dunia yang menyembah ilah-ilah dunia. Hiduplah dengan tulus dan benar, terbuka di hadapan orang lain dalam mempraktikkan kasih, keadilan, dan kebenaran. Jangan sampai kita menjadi batu sandungan karena malah ikut-ikutan jalan dunia ini dengan menyembah materi, kuasa, dan kenikmatan hidup.

Doaku: Tuhan, terangilah relung hatiku terdalam agar aku sadar sisi-sisi gelap hidupku yang tidak berkenan kepadaMu. Beri aku kekuatan untuk menolak berhala dunia yang memperbudakku, agar Engkau sajalah yang kusembah sebagai Pemilik hidupku.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok: 2 Raja-Raja 18:1-12 – Hizkia Kudus dalam Lingkungan Berdosa
πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Trinitas
Rabu, 15 Juni 2022
~~~~~
BERHIKMAT DALAM KASIH ALLAH TRINITAS
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 124
Daniel 1:1-21
Lukas 1:46-55

Tersedia dalam apps GKI Layur
Https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 12 Juni 2022.

Mazmur 124
Daud menggambarkan betapa hidupnya di ujung tanduk ketika itu dan hanya Tuhanlah yang mampu melepaskan dia dari kengerian yang menunggunya. Ya, hanya Tuhan yang dapat membebaskan dia dari ikatan dan bahkan maut. Tuhan yang sama, Penolong Israel, yang juga dapat menolong kita dari belenggu dosa dan permasalahan yang membelit. Asal kita melabuhkan iman dan kesetiaan kita kepadaNya.

🎢 Mazmur 124:
https://www.juswantori.com/Mazmur/124/

Daniel 1:1-21
Pada ayat 8 bacaan ini, kita membaca tentang keberanian Daniel menyaksikan kesetiaanNya kepada Allah. Daniel dan kawan-kawannya tidak mau memakan santapan raja yang membuatnya najis. Tindakan nyata ini β€œmendorong” Allah mengaruniakan kepada Daniel pemeliharaan melalui pemimpin pegawai istana. Allah mengaruniakan kasih dan sayang kepada Daniel melalui pemimpin pegawai istana, dengan mengatur menu makanan mereka terpisah dari santapan raja, walau lebih sederhana. Latihlah diri Anda agar fondasi iman kuat dan berakar di dalam Tuhan.

Lukas 1:46-55
Kunjungan Maria kepada Elisabet, bukan sekedar pertemuan untuk mengobrol sebagai calon Ibu bagi anak-anaknya namun melalui perjalanan yang panjang, Maria menemui Elisabet untuk saling menguatkan iman. Mereka memahami pekerjaan Tuhan yang terjadi di dalam diri mereka beserta pengaruhnya atas kehidupan termasuk iman mereka. Hatinya bergembira atas kebaikan Tuhan dan kuasaNya yang kudus menjadikan yang mustahil tercipta nyata. Pengalaman bagi Maria yang perawan dapat mengandung sampai melahirkan serta Elisabet yang mandul dapat melahirkan anak.
Ketika Anda mengalami pergumulan, carilah support system (teman-teman di Kelompok Kecil gereja, keluarga, hamba Tuhan dll) yang dapat dipercaya untuk mendoakan dan bertukar pikiran, sehingga Anda kuat menghadapi badai hidup. Tuhan menyediakan mereka untuk memberi kekuatan dalam iman.

Renungan pelengkap:
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat


~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 22:19-28
Yesaya 56:9-12
Roma 2:17-29