Gemass 15 Januari 2022

SUKU BAHONSUAI
Lokasi : Sulawesi Tengah
Populasi : 300

Doakan :
. Kebutuhan Alkitab berbahasa suku.
. Agar menerima kasih karunia Allah.

https://joshuaproject.net/people_groups/10571/ID
~~~~~
PERSIAPAN MEMASUKI
๐Ÿ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
(Mulai Senin, 17 Januari 2022)

Pendaftaran GEMASS 2022 : https://bit.ly/GemassGKILAYUR-2022
~~~~

๐Ÿ—“ H -2

Bacaan hari ini: Maz 119 :129-152

๐ŸŒŸ Mazmur 119:129-130 (BIMK)
Peraturan-peraturan-Mu sungguh mengagumkan, maka kutaati dengan sepenuh hati. Bila dijelaskan, ajaran-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang sederhana.

๐Ÿ’ก Pemazmur menekankan keajaiban firman Tuhan serta fungsinya sebagai pencerah bagi orang yang mau belajar. Sebodoh apa pun seseorang, kalau ia merendahkan diri dan mau diajar oleh Tuhan, pasti hidupnya akan berubah. Pemazmur sendiri menyatakan kerinduannya untuk terus menerus belajar firman Tuhan dan berharap Tuhan sendiri yang mengajarnya.

๐Ÿ™ Doa:
Ya Tuhan, aku rindu akan firman-Mu. Berkatilah aku dengan kehadiran-Mu dan ajarilah aku akan ketetapan-Mu. Amin.

~~~~
Bacaan besok: Mazmur 119: 153-176
~~~~~~
๐Ÿ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi โ€“ Santapan Harian Gemass edisi KITAB RUT

Bacaan hari ini : Rut 2:1-23
Doa โ‡’ Baca โ‡’ Renungkan โ‡’ Bandingkan โ‡’ Doa
~~~~~

PEMELIHARAAN-NYA AJAIB

Tuhan berdaulat dalam menyatakan dan mewujudkan rencana-Nya lewat berbagai aspek kehidupan. Dari kitab Hakim-Hakim, kita belajar bahwa Dia bisa memakai bangsa asing untuk menghukum umat-Nya demi pertobatan mereka. Dia juga bisa memakai para hakim untuk membebaskan umat-Nya dari penjajahan bangsa lain.

Cerita ini terjalin sangat indah. Penulis kita Rut dengan sengaja menyebutkan adanya relasi keluarga antara Elimelekh dengan Boas (1). Penulis Rut ingin menunjukkan bagaimana Tuhan berkarya lewat sanak keluarga dalam memelihara dua janda miskin. Dengan memakai istilah โ€œkebetulanโ€, penulis Rut ingin membangun nuansa di hati pembaca untuk melihat bagaimana Rut โ€œtanpa sengajaโ€ masuk ke ladang Boas. Saat kisah ini berlangsung, para pelakunya, yaitu Rut dan Boas, tidak menyadari tangan kedaulatan Tuhan yang merajut pertemuan itu.

Kedaulatan Tuhan tidak mengurangi tanggung jawab manusia. Respons iman Rut, yang berwujud kepedulian pada Naomi, membawanya ke ladang Boas (2-3). Walau kaya raya, respons iman Boas yang ramah kepada karyawan-karyawannya, serta menjalankan kewajiban terhadap orang miskin itulah yang mempertemukannya dengan Rut (4-5). Sikap Boas kepada Rut sangat sesuai dengan kebesaran hatinya (11-12) yang melampaui prasangka rasial (di ayat 13, Rut mengaku perempuan asing).

Dua hal yang bisa kita pelajari lewat perikop ini, antara lain: Pertama, Tuhan berkarya lewat respons iman anak-anak-Nya. Tangan kuasa dan pengasihan-Nya masih aktif bekerja sampai sekarang. Apakah kita proaktif dengan karya-Nya? Kedua, Tuhan bekerja lewat sarana konvensional, seperti keluarga dan komunitas yang tidak dibatasi prasangka manusia.

Renungkan: Tuhan memakai bangunan kasih persaudaraan untuk menolong orang yang membutuhkannya. Seberapa jauh kita menyatakan kepedulian kita kepada orang-orang di sekeliling kita tanpa membeda-bedakan?

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab Rut
https://www.su-indonesia.org

โ–ถ Video Pelengkap Bacaan:
Commitment, an Undervalued Quality in Leadership (Rut 1-2) โ€“ Dr. Bambang Budijanto
https://youtu.be/3ACa0qcRszs
~~~~~~
Bacaan besok : Rut 3:1-18 โ€“ Tuhan Pelindung
๐Ÿ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu ke-2 sesudah Epifani
Jumat, 14 Januari 2022
~~~~~
ALLAH MASIH TERUS BERKARYA
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 36:5-10
Yeremia 3:19-25
1 Korintus 7:1-7

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 16 Januari 2022  

Mazmur 36:5-10
Kesetiaan kita kepada Allah menuntut kita untuk tetap hidup seturut kehendak Allah. Hal ini tentu mendatangkan perlawanan dari mereka yang mau hidup seenaknya sendiri, lepas dari Allah. Kita perlu terus beriman kepada Allah yang kasih setia-Nya melampaui segala sesuatu. Selalu berharap pada kasih setia Allah bukan hal yang bodoh dan sia-sia. 

Yeremia 3:19-25
Meninggalkan Allah yang penuh kasih setia menghasilkan kerugian bagi umat Allah: kehilangan anak, istri, harta, dan mengalami penghinaan dari bangsa yang tidak mengenal Allah. Namun, jika dengan tulus hati berbalik dan bertobat, Allah akan mengampuni dan memulihkan umatNya. Jangan biarkan bujuk rayu dunia memikat kita untuk meninggalkan Allah.

1 Korintus 7:1-7
Manusia diciptakan untuk berpasangan, kecuali memiliki panggilan khusus untuk hidup selibat. Laki-laki dan perempuan diikat dalam perkawinan yang sah untuk saling memenuhi kewajiban satu-sama lain sebagai suami dan istri termasuk dalam hal hubungan seksual. Suami dan istri mesti menjaga kesucian perkawinan dan saling melayani satu sama lain supaya bertumbuh bersama dalam mengerjakan panggilan Allah.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 36:5-10
Yeremia 4:1-4
Lukas 11:14-23