Gemass 15 Januari 2021

PERSIAPAN MEMASUKI
πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
(Mulai Senin, 18 Januari 2021)

Pendaftaran GEMASS 2021 : http://bit.do/gemasslayur2021
~~~~~

πŸ—“ H -3

Bacaan hari ini: Maz 119 :97-128

🌟 Mazmur 119: 97
Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari.

πŸ’‘ Firman Tuhan sangat penting bagi kehidupan orang percaya. Tanpa firman-Nya langkah kaki kita akan tersesat. Dengan merenungkan firman-Nya kita semakin mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan, kita tahu tentang hal-hal apa yang harus kita tinggalkan, karena segala perbuatan yang bertentangan atau melanggar firman-Nya adalah dosa.

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan, Sang Firman yang hidup, saya mau tunduk dan mau dipimpin oleh firman-Mu supaya tidak lagi hidup menurut kehidupan daging dan berkompromi dengan dosa. Amin.
~~~~~~
Bacaan besok: Maz 119 :129-152
[24:22, 1/15/2021] Tim Gemass GKI Layur Dina: Jumat, 15 Januari 2021
~~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2020
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi SURAT ROMA

Bacaan hari ini : Roma 10: 4-15
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~~

BERITAKANLAH

Hukum Taurat adalah kebenaran Ilahi, yang berfungsi sebagai rambu-rambu penunjuk jalan. Orang tak akan pernah sampai kepada Allah hanya dengan berpedoman Hukum Taurat. Kristuslah jalan. Hanya melalui Dia sajalah orang dapat sampai kepada Allah. Namun orang Israel merasa sulit menerima pemahaman tersebut. Bagaimana mungkin meniadakan kesalehan dan mengutamakan kasih karunia?

Padahal pengajaran Paulus begitu sederhana: mereka hanya perlu beriman kepada Yesus Kristus dan mengakui Dia sebagai Tuhan yang telah bangkit dari maut (9-10). Keselamatan ini tidak lagi terbatas hanya pada sekelompok orang tertentu, melainkan terbuka bagi setiap orang yang mau percaya, tanpa memandang ras (11-13). Tak ada seorang pun yang perlu meragukan bahwa dia tak akan kebagian kasih karunia ini. Tak ada istilah bangsa pilihan dalam hal ini.

Karena Allah menujukan keselamatan bagi semua bangsa, tanpa memandang ras, tentu perlu ada orang yang menyebarluaskan berita keselamatan ini. Banyak orang di berbagai penjuru dunia yang belum pernah mendengar tentang Kristus, sebab itu perlu ada orang yang mau pergi ke tempat mereka dan memberitakan keselamatan di dalam Dia (14-15).

Sebagai orang yang telah menerima anugerah keselamatan, kita pun beroleh tugas untuk memberitakan warta keselamatan itu. Di mana kita dapat melakukannya? Di rumah, di kantor, atau di lingkungan sekitar kita? Namun ada juga orang-orang yang memiliki kerinduan untuk mewartakan Injil ke tempat-tempat asing yang belum pernah dia ketahui sebelumnya. Untuk mereka, kita perlu berdoa agar banyak pintu yang terbuka bagi pemberitaan mereka.

Gereja pun, terutama yang sudah lama berdiri, seharusnya tidak hanya berkutat dengan masalah pelayanan internal. Sudah saatnya memikirkan dan mendoakan secara serius untuk mengirimkan utusan Injil ke tempat-tempat jauh itu agar semakin banyak orang yang memiliki kesempatan untuk mendengar dan merespons Injil.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Surat Roma
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~~
Bacaan besok : Roma 10: 16-21 – Beritakan Terus

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Yesus Dibaptis
Jumat, 15 Januari 2021
~~~~~~~
MEMAHAMI, MENGALAMI, MELAKUKAN

Bacaan hari ini:
Mazmur 139:1-6, 13-18
Hakim-hakim  2:16-23
Kisah Para Rasul 13:16-25
~~~~~~~
Bacaan hari ini, membantu mempersiapkan kita untuk bacaan pada hari Minggu, 17 Januari 2021.

Mazmur 139:1-6, 13-18
Kita bersyukur mengenal Allah yang Mahatahu dan Mahahadir. Kehadiran Allah tidak terhindarkan dalam hidup kita sehingga apapun yang kita alami dan gumulkan Tuhan tahu dan Tuhan beserta. Termasuk saat Tuhan menciptakan kita sejak dalam kandungan, providensia Tuhan selalu bekerja. Kita bersyukur memiliki jaminan yang pasti dalam pemeliharaan Allah yang tidak berkesudahan. Mari ungkapkan syukur dengan hidup memuliakan-Nya.

Hakim-hakim  2:16-23
Awalnya Tuhan memberikan kelepasan untuk umat Israel saat mereka berseru dan ditindas oleh musuh. Namun ternyata setelah berlalu penindasan, mereka kembali menyembah ilah lain dan tidak hiudp menurut jalan yang ditunjukkan Tuhan. Karena itu Allah membiarkan bangsa-bangsa sekitar mereka menjadi gangguan untuk mencobai apakah mereka tetap taat atau tidak. Jangan tunggu tidak ada pilihan, baru memilih taat. Segera mentaati Tuhan adalah pilihan terbaik.

Kisah Para Rasul 13:16-25
Paulus menjelaskan siapa Yesus sebenarnya. Penjelasan itu mencakup sejarah perjalanan bangsa Israel dari Mesir, perjalanan di padang gurun, penaklukan Kanaan, masa hakim-hakim, permintaan raja, Saul, Daud, dan Yesus sebagai Juruselamat yang dijanjikan Allah, Yohanes sebagai pendahulu Yesus. Allah bekerja secara luar biasa untuk menunjukkan kasih dan kemuliaan-Nya kepada umat pilihan-Nya. Giliran kita menunjukkan kasih dan memuliakan Dia sepanjang hidup kita.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

~~~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 139:1-6, 13-18
1 Samuel 2:21-25
Matius 25:1-13