Gemass 15 April 2022

Jumat, 15 April 2022
~~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 89
Bagian 7 : KEBANGKITAN DAN KEJATUHAN BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: 2 Samuel 9-12
Ungkapan doa : Mazmur 89
~~~~~
ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 89
https://drive.google.com/folderview?id=1hT7vTgOkgsDoJUH1x_DHsd84Q-i8d4t0

🌟 2 Samuel 12:13-14 (TB)
Lalu berkatalah Daud kepada Natan: “Aku sudah berdosa kepada TUHAN.” Dan Natan berkata kepada Daud: “TUHAN telah menjauhkan dosamu itu: engkau tidak akan mati. Walaupun demikian, karena engkau dengan perbuatan ini telah sangat menista TUHAN, pastilah anak yang lahir bagimu itu akan mati.”

πŸ’‘ Ketika sadar akan dosanya, Daud tidak berdalih tetapi dia mengakui dan bertobat sehingga tidak dihukum mati bahkan dijauhkan dari dosa meskipun tetap menanggung konsekuensi dari dosa. Akui segala kesalahan dan dosa kita maka Tuhan akan mengampuni dan menjauhkan kita dari kejahatan!

πŸ™ Doa:
Tuhan, jangan biarkan aku bergumul dengan dosa-dosaku tetapi terangi hatiku sehingga aku dapat mengakui dengan jujur semua dosa-dosaku di hadapan-Mu dan hidup berkenan kepada-Mu. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : 2 Samuel 13-15
Ungkapan doa : Mazmur 90

Jumat, 15 April 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 1 Raja-Raja 3:16-28
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

SEBUAH SOLUSI

Salah satu ciri khas orang berhikmat adalah ia mampu menyelesaikan suatu. perkara dalam kebenaran, kasih, dan keadilan Allah. Salomo memiliki karakteristik seperti ini dalam menangani kasus pelik yang terjadi di Israel.

Problem yang dihadapi Salomo adalah bagaimana menemukan ibu yang asli dari seorang bayi yang masih hidup. Kedua ibu saling berebut dan mengklaim bahwa bayi tersebut merupakan anaknya (16-22). Dua ibu ini adalah perempuan sundal. Ini berarti mereka mewakili kelompok masyarakat yang paling rendah. Mereka adalah orang yang sering kali diremehkan dan dianggap sampah masyarakat. Keadilan jauh dari hidup mereka. Namun kali ini, mereka menghadap Salomo untuk mendapatkan keadilan.

Hikmat Allah nyata dalam diri Salomo. Salomo membongkar motif terselubung dari kedua ibu tersebut agar ia dapat menemukan manakah ibu yang asli. Trik Salomo ialah ia memerintahkan supaya bayi itu dibagi menjadi dua bagian dan masing-masing ibu mendapatkan separuhnya (23-25). Respons kedua ibu tersebut berlawanan satu sama lain. Ibu yang satu ikhlas kehilangan anaknya, sedangkan ibu yang lain bersikukuh agar bayi itu dibagi menjadi dua (26). Melihat kejadian itu, Salomo telah menemukan siapa ibu kandung bayi itu (27). Salomo berhasil menyelesaikan masalah pelik itu. Peristiwa ini tidak hanya menjadikan Salomo diakui sebagai raja yang berhikmat, bahkan Allah juga mendapatkan pengakuan sebagai sumber hikmat dalam menegakkan keadilan dan kebenaran-Nya di tengah-tengah umat Allah (28). Sejak saat itu, Salomo dihormati oleh rakyat Israel karena hikmat Allah ada di dalam dirinya.

Renungkan: Janganlah bersandar kepada kepandaian sendiri, sebaliknya kita harus memohon hikmat Allah dalam setiap masalah yang kita hadapi. Setiap masalah yang diatasi dengan bantuan Allah, maka orang akan melihat hikmat Allah ada dalam diri kita dan nama Tuhan akan dimuliakan.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 1 Raja-Raja 4:1-34 – _Pemimpin yang Berhikmat_

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah I
Jumat, 15 April 2022
~~~~~
RAJA YANG DITOLAK   
~~~~~
Bacaan hari ini:
Yesaya 52:13-53:12
Mazmur 22
Ibrani 10:16-25
Yohanes 18:33-40, 19:1-8

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
SELAMAT MENGHAYATI JUMAT AGUNG

Yesaya 52:13-53:12
Nats ini bernubuat tentang Yesus sebagai Hamba Allah yang menderita. Siksaan yang dialamiNya begitu luar biasa sehingga orang tidak mengenaliNya lagi dan tidak mau memperhatikanNya. Yesus tetap setia melakoni dan menanggung semua itu. Ia pun tersalib bersama dua orang penjahat dan diperlakukan seperti penjahat meski tidak ada satu pun kesalahan. Semua itu terjadi karena kehendak Allah dan melalui penderitaanNya itulah dosa umat manusia ditebus dan manusia dipulihkan sebagai gambar dan rupa Allah. Karena itu mari kita tetap setia dan taat dan jangan menolak segala firmanNya.

Mazmur 22
Mazmur ini sering dikaitkan dengan apa yang dialami oleh Yesus di kayu salib. Khususnya perkataan: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? Yesus sebagai manusia merasakan kesesakan dan penderitaan luar biasa sehingga berteriak seperti itu. Namun, Ia berani tetap menjalankan kehendak Allah sampai akhir hidupnya. Ia tetap berani berharap kepada Allah meski yang dialami dan dihadapi seolah jalan buntu. Dalam peringatan Jumat Agung ini, mari kita tetap bertahan dalam segala pergumulan yang kita hadapi dengan tetap mengutamakan kehendak Allah.

▢️ Mazmur 22 – Tricia Chaterina – GKI Surya Utama https://youtu.be/ico9iQrxv8g

Ibrani 10:16-25
Jika dalam PL, Imam Besar membawa darah kurban untuk memohonkan pengampunan dosa, maka dalam PB, Yesus sebagai Imam Besar mempersembahkan diri-Nya sendiri untuk penebusan dosa. Karena itulah, tidak perlu lagi dipersembahkan hewan kurban untuk penebusan dosa. Kita mengucapkan syukur untuk penebusan dosa kita dengan jalan tulus dan taat beribadah mempersembahkan tubuh kita untuk kemuliaan Allah.

Yohanes 18:33-40, 19:1-8, 17-22, 28-30
Melalui perayaan Jumat Agung ini mari kita lebih menyerahkan hidup kita pada Mesias, Raja Penyelamat kita. Sebagai warga Kerajaan Allah, kita hendaknya menerapkan nilai-nilai Kerajaan Allah sehingga suasana sorgawi bisa dirasakan dan terjadi di bumi di mana kita hidup dan di utus. Janganlah kita seperti Pilatus yang mementingkan dirinya sendiri dan mengorbankan orang lain supaya bisa terus menikmati kekuasaan sebagai raja/gubernur. Menerima Yesus sebagai Raja berarti kita siap menjalani hidup sesuai kehendak-Nya dan meneladani semua yang sudah dijalani-Nya di dunia ini.

Renungan pelengkap:
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Ayub 14:1-14
Mazmur 31:1-4, 15-16
1 Petrus 4:1-8
Matius 27:17-22, 28-30, 57-66