Gemass 14 September 2021

πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~

πŸ—“ Hari 240
Bagian 14 : YESUS DAN KERAJAAN ALLAH
Bacaan hari ini: Matius 9-10
Ungkapan doa : Mazmur 85
~~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 240
https://drive.google.com/folderview?id=12lq4A6H4ZBjPKUEXP43D_dd-gH0U1fdo

🌟 Matius 10:16 (TB)
“Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

πŸ’‘ Dalam menghadapi ancaman atau tantangan bersikaplah tulus terhadap Tuhan dan manusia, maka Tuhan akan memberikan hikmat untuk mengatasinya.

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan, berikan aku hati yang tulus, jujur dan berhikmat dalam menghadapi tantangan atau ancaman, sehingga hidupku tidak menjadi batu sandungan. Amin.
~~~~~~
Bacaan besok : Matius 11-12
Ungkapan doa : Mazmur 86
~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB INJIL MARKUS

Bacaan hari ini : Markus 3:7-19
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~

DIPILIH DARI ANTARA ORANG BANYAK

Setelah beberapa kali kita melihat lokasi pelayanan Yesus di rumah dan di sinagoge, kali ini pelayanan Yesus berlangsung di tepi danau. Di situ Yesus menyembuhkan banyak orang dari berbagai tempat. Orang-orang yang datang kepada-Nya tidak hanya minta untuk disembuhkan dari penyakit, tetapi juga minta dibebaskan dari roh jahat. Lokasi pendengar yang demikian luas mencerminkan popularitas Yesus. Bahkan roh jahat pun mengenal Yesus sebagai Anak Allah. Tetapi, Yesus melarang mereka bersaksi karena Yesus ingin agar orang banyak mengenal-Nya sebagai Anak Allah melalui perkataan dan perbuatan-Nya. Bukan melalui kesaksian setan dan roh-roh jahat, Yesus menjadi orang terkenal, dan menjadi topik pembicaraan di mana-mana. Tidak heran jika pemimpin agama Yahudi berusaha membunuh-Nya.
 
Selanjutnya, Yesus berinisiatif memilih dari antara orang banyak 12 orang untuk ditetapkan menjadi rasul. Meskipun mereka yang dipilih-Nya berasal dari berbagai latar belakang, tetapi kebanyakan adalah orang “biasa”. Empat dari mereka adalah nelayan, Matius adalah pemungut cukai, Simon orang Zelot adalah seorang pejuang kemerdekaan bangsa Yahudi. Memang tidak mudah bekerja dan hidup bersama dengan orang-orang yang berbeda latar belakang, karena itu Yesus tidak pernah memaksa murid-murid untuk tetap mengikut-Nya. Yesus tidak menginginkan keikutsertaan paksa, tetapi kesukarelaan. Mereka yang dipilih-Nya melakukan dua tugas, pertama, untuk menyertai-Nya dalam tugas pelayanan. Kedua, memberitakan Injil. Tugas ini berat, namun Tuhan memperlengkapi mereka dengan kuasa yang besar. Kuasa yang melampaui kuasa setan-setan dan roh-roh jahat.
 
Renungkan: Orang Kristen dipilih Yesus dipilih untuk suatu tugas yang mulia, yaitu memberitakan Injil Kerajaan Allah. Tanyakan pada diri sendiri, sudahkah tugas tersebut Anda jalankan?

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab Injil Markus
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~
Bacaan besok : Markus 3: 20_30 – Respon Terhadap Yesus

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun B
Minggu biasa 15
Selasa, 14 September 2021
~~~~~~~~
APA KATAMU TENTANG AKU?
Bacaan hari ini:
Mazmur 119:169-176
1 Raja – Raja 13:11-25
Kolose 3:1-11
~~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 12 September 2021.

1 Raja-raja 13:11-25
Terasa agak janggal membaca kisah ini. Apalagi jika melihat sikap nabi tua. Dia yang membohongi, dia pula yang merasa kasihan dan nanti minta dikubur di samping nabi dari Yehuda. Namun, inilah tuntutan ketaatan mutlak dari Tuhan untuk nabi dari Yehuda. PerintahNya jelas dan tidak boleh dilanggar. Namun, karena rasa sungkan dan lebih mempercayai nabi tua daripada mempercayai perkataan Tuhan, maka ia dihukum, mati terbunuh oleh singa meski tubuhnya tetap utuh. Melaksanakan firman Tuhan adalah hal yang tidak bisa ditawar. Setiap penyimpangan menghasilkan efek mematikan.

Mazmur 119:169-176
Kecintaan pemazmur terhadap firman Tuhan dan totalitasnya untuk mengarahkan seluruh hidupnya kepada Tuhan membuatnya yakin bahwa Tuhan akan mendengar seruannya dan segera menolongnya. Mari terus berseru dan berharap pada Tuhan supaya kita melihat dan mengalami perbuatanNya yang ajaib.

Kolose 3:1-11
Beriman kepada Kristus berarti kita menjadi manusia baru yang terus-menerus diperbarui agar makin mengenal Allah dengan sempurna atau makin serupa Kristus. Kita memiliki orientasi hidup pada nilai-nilai kekal. Secara aktif dan mengandalkan pertolongan Roh Kudus kita harus mematikan dan membuang: percabulan, hal tidak senonoh, hawa nafsu, keinginan jahat, keserakahan, kemarahan, suka mengamuk, membenci, berkata kotor, mencaci maki, dan berdusta.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 119:169-176
Yesaya 10:12-20
Yohanes 7:25-36