Gemass 14 Januari 2021

PERSIAPAN MEMASUKI
πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
(Mulai Senin, 18 Januari 2021)

Pendaftaran GEMASS 2021 : http://bit.do/gemasslayur2021
http://bit.do/gemassgw2021
~~~~~~
Selamat pagi! 

πŸ—“ H -4

Bacaan hari ini: Maz 119 :65-96

🌟 Mazmur 119:71
Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu.

πŸ’‘ Bagi pemazmur, keadaan tertindas itu adalah baik karena diciptakan Tuhan dalam kesetiaan (ayat 75). Artinya, keadaan tertindas itu justru menunjuk pada kasih setia Tuhan yang menuntun seseorang untuk mau memahami Taurat Tuhan serta berpegang pada janji Tuhan (67,71).

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan, saya mau berpegang hanya pada Firman Mu di dalam setiap kondisi hidupku. Amin.

~~~~~~
Bacaan besok: Maz 119 :97-128

~~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2020
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi SURAT ROMA

Bacaan hari ini : Roma 9: 30–10:3
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~~

OLEH KASIH KARUNIA

Memperoleh keselamatan karena perbuatan baik merupakan konsep duniawi yang mudah dipahami. Hidup saleh pasti masuk surga, bukankah ini masuk akal?

Tampaknya setelah dihajar berkali-kali oleh Allah, bangsa Israel jadi bertobat dari penyembahan berhala. Setelah itu hanya Allah Abraham yang mereka sembah dan layani. Mereka bergiat dalam ibadah mereka kepada Allah (9:31, 10:2). Mereka berupaya memasyarakatkan Hukum Taurat agar setiap umat melakukannya dalam hidup mereka sesehari. Bahkan mereka berusaha melengkapi Hukum Taurat itu dengan peraturan-peraturan yang mereka buat sendiri. Namun sayang, semangat mereka tidak didasarkan pada pengetahuan yang benar (10:2). Mereka berusaha memperoleh pembenaran Allah dengan perbuatan baik dan kesalehan (10:3). Bukan dengan iman. Sulit bagi mereka untuk memahami konsep dibenarkan karena “kasih karunia”. Mereka begitu bangga akan kesalehan mereka. Padahal dengan demikian mereka telah menggantikan Kristus dengan perbuatan baik. Dan akibatnya mereka tidak memperoleh kasih karunia Allah. Sementara bangsa-bangsa lain menerima kasih karunia Allah dengan iman. Dan mereka dibenarkan Allah.

Sampai kini pun masih banyak orang yang berusaha hidup saleh secara sungguh-sungguh, dengan harapan akan masuk surga ketika mereka meninggal dunia kelak. Namun sayangnya, kesungguhan hati dan kesalehan seseorang tidak akan pernah dapat menyelamatkan jiwanya. Ia tidak akan beroleh perkenan Allah maka kesudahannya adalah kebinasaannya. Paulus, yang ngeri membayangkan akhir hidup orang-orang sebangsanya, merindukan pertobatan mereka. Ia berdoa agar Allah menyelamatkan mereka (10:1).

Bagaimana dengan kita? Seberapa pedulikah kita pada orang-orang terhilang di sekitar kita? Adakah Anda pernah mengingat mereka dalam doa Anda? Adakah Anda memiliki kerinduan agar mereka diselamatkan? Masukkan mereka dalam pokok doa Anda mulai sekarang.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Surat Roma
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~~
Bacaan besok : Roma 10: 4-15 – Beritakanlah

BACA GALI ALKITAB (BGA) 3

ROMA 9
Dalam Roma 1-8, Paulus meyakinkan pembaca tentang kebutuhan manusia dan jaminan Allah di dalam Kristus dan melalui Roh Kudus. Dalam Roma 9-11, Paulus membicarakan masalah di seputar kondisi Israel.

πŸ’  Apa saja yang Anda baca?
1. Bagaimana Paulus menyatakan perhatian kepada orang-orang sebangsanya? Apa yang membuat dia merasa prihatin (1-5)?
2. Bagaimana Paulus melihat kondisi bangsa Israel dari sudut pandang Allah (6-8)?
3. Dari contoh Esau dan Yakub, apa yang Paulus katakan mengenai pilihan Allah (10-13)?
4. Dalam terang ayat 14-18, bagaimana Paulus melihat keadilan Allah?
5. Bagaimana Paulus merespon pertanyaan selanjutnya tentang keadilan Allah dalam memilih orang sementara yang lain tidak dipilih (19)? Apa tujuan Allah?
6. Bagaimana kutipan PL di ayat 25-29 berkaitan dengan argumentasi Paulus?
7. Apa dasar pilihan Allah bagi orang-orang yang akan diselamatkan (Rm.9:30-32)?

πŸ’  Apa pesan yang Allah sampaikan kepada Anda?
1. Kalau dibandingkan dengan sikap orang Yahudi terhadap Paulus, apa yang dapat kita pelajari dari keprihatinan Paulus terhadap mereka?
2. Apa yang Anda pelajari dalam PL tentang pilihan Allah?

πŸ’  Apa respon Anda?
1. Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa Allah memilih Anda untuk menjadi bagian dari rencana-Nya bagi dunia ini? Menurut Anda, mengapa? Dan apa yang saat ini Anda lakukan sebagai penggenapan hal itu?

POKOK DOA :
Agar orang-orang yang belum diselamatkan, menerima kasih karunia Allah dan diselamatkan.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Surat Roma
https://www.su-indonesia.org

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Yesus Dibaptis
Kamis, 14 Januari 2021
~~~~~~~
MEMAHAMI, MENGALAMI, MELAKUKAN

Bacaan hari ini:
Mazmur 139:1-6, 13-18
Hakim-hakim  2:6-15
2 Korintus 10:1-11
~~~~~~~
Bacaan hari ini, membantu mempersiapkan kita untuk bacaan pada hari Minggu, 17 Januari 2021.

Mazmur 139:1-6, 13-18
Kita bersyukur mengenal Allah yang Mahatahu dan Mahahadir. Kehadiran Allah tidak terhindarkan dalam hidup kita sehingga apapun yang kita alami dan gumulkan Tuhan tahu dan Tuhan beserta. Termasuk saat Tuhan menciptakan kita sejak dalam kandungan, providensia Tuhan selalu bekerja. Kita bersyukur memiliki jaminan yang pasti dalam pemeliharaan Allah yang tidak berkesudahan. Mari ungkapkan syukur dengan hidup memuliakan-Nya.

Hakim-hakim  2:6-15
Kita yang dipercaya sebagai orang tua berkewajiban mewariskan iman kepada anak dan cucu kita dengan sekuat tenaga. Perjalanan dan pergumulan kita bersama Tuhan, karya Tuhan dalam hidup kita semestinya disaksikan dan menjadi bahan percakapan dengan anak-anak kita supaya mereka mengenal dan mempunyai relasi dengan Allah yang kita sembah. Mari belajar dari kegagalan generasi sesudah Yosua, jangan sampai terulang dalam perjalanan hidup kita.

2 Korintus 10:1-11
Fokus pelayanan Paulus adalah bagaimana agar jemaat yang dilayaninya benar-benar mengalami pengenalan dan relasi yang mendalam dengan Allah. Paulus rindu agar jemaat mentaati Kristus dan tidak menjadi durhaka karena ajaran sesat di sekitar mereka. Paulus tidak segan-segan menegur jemaat yang sesat dan melawan Allah agar mereka kembali bertobat dan datang pada-Nya. Apakah fokus hidup kita adalah untuk semakin mengenal dan mentaati Kristus?

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

~~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 139:1-6, 13-18
Hakim-hakim  2:16-23
Kisah Para Rasul 13:16-25