Gemass 13 Mei 2022

Jumat, 13 Mei 2022
~~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~
πŸ—“ Hari 117
Bagian 8 : NABI-NABI SEBELUM MASA PEMBUANGAN
Bacaan hari ini: Yesaya 36-38
Ungkapan doa : Mazmur 117
~~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 117
https://drive.google.com/folderview?id=11DcETOM6M8zb1vIkOfQt07wJdkTc7lPa

🌟 Yesaya 37:14-16 (TB)
Hizkia menerima surat itu dari tangan para utusan, lalu membacanya; kemudian pergilah ia ke rumah TUHAN dan membentangkan surat itu di hadapan TUHAN.
Hizkia berdoa di hadapan TUHAN, katanya:
“Ya TUHAN semesta alam, Allah Israel, yang bertakhta di atas kerubim! Hanya Engkau sendirilah Allah segala kerajaan di bumi; Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi.

πŸ’‘ Janganlah ancaman yang menakutkan membuat kita putus asa, tetapi seperti Hizkia beberkan semua kekuatiran di hadapan Allah kita yang Mahabesar sehingga kita semakin percaya akan kasih dan kedaulatan-Nya. Pertolongan Tuhan yang tidak pernah terlambat akan kita alami pada waktu-Nya!

πŸ™ Doa:
Di saat ini ada banyak masalah sosial dan ekonomi yang harus dialami. Tetapi aku percaya akan kasih dan rancangan-Mu yang indah. Engkau akan menyatakan kuasa dan berkat-Mu sehingga saat ini justru akan semakin banyak orang mengenal dan mengakui Engkaulah Allah yang sejati. Amin.
~~~~~~
Bacaan besok : Yesaya 39-41
Ungkapan doa : Mazmur 118

Jumat, 13 Mei 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 1 Raja-Raja 20:22-43
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

TAAT MELAKUKAN PERINTAH TUHAN

Apa yang kita pilih jika diperhadapkan antara dua pilihan: taat melakukan perintah Tuhan, namun tidak memperoleh keuntungan; atau kah memperoleh keuntungan tetapi melanggar perintah Tuhan? Ahab, raja Israel, mengambil pilihan kedua.

Pegawai Benhadad, raja Aram, mengusulkan tiga strategi perang kepadanya untuk menghadapi Ahab, raja Israel. Ketiga strategi perang itu adalah menyerang di tanah rata (23), menempatkan bupati sebagai komandan perang (24), dan mengerahkan tentara dalam jumlah besar (25). Tetapi, strategi itu tidak dapat mengalahkan Ahab karena Tuhan menolongnya (28-30).

Ketika Benhadad telah kalah dalam peperangan, pegawainya kembali mengusulkan strategi baru. yaitu memohon belas kasih Ahab (31-32). Ahab memercayai janji Benhadab, sehingga ia melanggar perintah Tuhan. Sebenarnya, Tuhan telah memberitahu Ahab melalui abdi-Nya bahwa Dialah yang menentukan segala sesuatu (28), tetapi Ahab tidak taat sehingga harus menanggung akibatnya (42). Penyebab Ahab tidak taat adalah: Pertama, Ahab tidak mencintai Tuhan. Kalau saja, ada cinta kepada Tuhan dalam diri Ahab, dia tidak akan tergiur. untuk menukarkan ketaatannya kepada Tuhan dengan keuntungan dari Benhadad (34). Kedua, Ahab lebih memilih menghormati Benhadab sebagai saudara daripada menghormati Tuhan (32-33). Ini berarti Ahab lebih. mengutamakan manusia dibandingkan Tuhan.

Cinta dan hormat kepada Tuhan menyebabkan kita taat melakukan perintah. Tuhan. Sikap taat ini dapat diwujudkan dengan melakukan perintah Tuhan tersebut dalam kegiatan setiap hari.

Renungkan: Memilih untuk taat melakukan perintah Tuhan terasa sulit, jika kita melupakan bahwa Tuhan adalah sumber berkat dan Tuhanlah yang menentukan segala sesuatu.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 1 Raja-Raja 21:1-29 – Ahab, Si Anak Manja

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah V
Jumat, 13 Mei 2022
~~~~~
TUAH KATA KASIH
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 148
Daniel 7:13-14
Wahyu 11:15

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 15 Mei 2022.

Mazmur 148
Melalui mazmur ini, kita dapat menyelami hati Pemazmur yang sangat memuja Tuhan. Ia begitu menikmati dan mendapat kegembiraan ketika memuji Tuhan Sang Pencipta. Karenanya ia mengajak semua mahluk, baik di sorga, di bumi, bahkan benda-benda ciptaan, untuk memuji Pencipta mereka. Alasan memuji dan memuliakan Tuhan, karena kuasaNya, Ia memberi perintah maka semua jadi; karena PemeliharaanNya, Ia mendirikan semuanya untuk seterusnya dan selamanya. Apakah hati kita seperti Pemazmur?

▢️ Mazmur 148 – Natalie Purba https://youtu.be/BNPOCX8_9VU

Daniel 7:13-14
Penglihatan Daniel akan Anak Manusia menunjuk kepada Kristus yang terangkat ke Surga dan awan menutupinya (Kisah Para Rasul 1:9) dan Kristus yang akan datang kembali di atas awan-awan di langit dengan segala kuasa dan kemuliaan-Nya (Mathius 24:30). Kristus yang sepenuhnya manusia namun tanpa dosa diberi kuasa dan kemuliaan sebagai Raja oleh Allah Bapa. Kekuasaannya kekal dan Kerjaannya tidak akan berakhir. Penglihatan ini menjadi penghiburan dan kekuatan bagi bangsa Israel yang saat itu berada dalam pembuangan di Babel. Tentunya ini juga menjadi kekuatan bagi kita ketika mengalami berbagai tekanan hidup, kita mempunyai pembela yang kuasa-Nya kekal.

Wahyu 11:15
Waktunya akan datang ketika Sangkakala ke tujuh ditiup, akan terjadi peralihan kekuasaan dari dunia kepada Tuhan, yang akan memerintah sebagai Raja selama-lamanya. Dia akan menghakimi umat manusia siapkah kita menghadapinya?

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 148
Daniel 7:27
Wahyu 11:16-19