Gemass 13 Januari 2022

~~~~
PERSIAPAN MEMASUKI
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
(Mulai Senin, 17 Januari 2022)

Pendaftaran GEMASS 2022 : https://bit.ly/GemassGKILAYUR-2022
~~~~

πŸ—“ H -4

Bacaan hari ini: Maz 119 :65-96

🌟 Mazmur 119:71
Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu.

πŸ’‘ Bagi pemazmur, keadaan tertindas itu adalah baik karena diciptakan Tuhan dalam kesetiaan (ayat 75). Artinya, keadaan tertindas itu justru menunjuk pada kasih setia Tuhan yang menuntun seseorang untuk mau memahami Taurat Tuhan serta berpegang pada janji Tuhan (67,71).

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan, saya mau berpegang hanya pada Firman Mu di dalam setiap kondisi hidupku. Amin.

~~~~
Bacaan besok: Maz 119 :97-128
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi SURAT 1,2 KORINTUS

Bacaan hari ini : 2 Korintus 13:11-13
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

PENGUMUMAN

GEMASSplus SH KITAB 2021 hari ini selesai.
Besok pada tanggal 14 Januari 2022 kita akan memulai GEMASSplus SH KITAB tahun ke 3.
Yuk, ajak kerabat untuk ikut bergabung…

Pendaftaran peserta baru:
https://bit.ly/Gemassplus-SH-GKILAYUR
————————-

BERKAT

Paulus mengakhiri suratnya dengan desakan, salam dan berkat. Semua ini dimaksudkan untuk menekankan mengenai dasar dan pentingnya kesatuan di antara mereka, dan antara mereka dengan dirinya.

Paulus memotivasi jemaat Korintus untuk saling memberi salam dengan cium kudus. Ini merupakan pernyataan kasih, pengampunan, dan kesatuan di dalam Kristus. Paulus kemudian memberi salam pada jemaat Korintus atas nama seluruh orang kudus. Ini mengingatkan mereka bahwa mereka adalah bagian dari tubuh Kristus. Paulus mengakhiri suratnya dengan berkat, yang mengingatkan jemaat Korintus akan kesatuan mereka dengan Tritunggal, Bapa-Anak-Roh Kudus. Kesatuan itu mengalirkan berkat : anugerah, kasih dan persekutuan. Melalui pengorbanan diri Kristus, orang beriman mengalami kasih Allah yang besar dan kuat kuasa Roh Kudus.

Setelah surat ini, jemaat Korintus menantikan kunjungan Paulus yang ketiga. Paulus menjamin mereka bahwa mereka tidak akan melupakan kedatangannya. Pertemuan mereka dapat menjadi reuni yang menggembirakan atau bisa terjadi konfrontasi karena mereka tidak juga bertobat.

Kita sedang menantikan kedatangan Tuhan yang kedua kali. Ada yang imannya melemah karena menyangka Tuhan tidak akan datang atau mengira bahwa semuanya akan baik – baik saja. Ia akan datang lagi dan penundaannya merupakan kesempatan bagi kita untuk mempersiapkan diri menyambut kedatangan – Nya (bdk. 2 Ptr.2:1-13). Kiranya kita menguji diri kita untuk melihat apakah kita tetap teguh di dalam iman. Kita yang percaya, hendaknya menjauhkan diri dari dosa dan berusaha menjadi sempurna dalam kuat kuasa Roh Kudus. Semua itu kita lakukan supaya kita kedapatan taat karena telah melakukan semua perintah-Nya bagi kita.
 
Refleksi: Marilah kita menantikan kedatangan-Nya. Saat itu akan menjadi pertemuan indah yang membawa sukacita besar bagi kita. Maranatha! Datanglah ya Tuhan Yesus!

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Surat 1,2 Korintus
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Puji Tuhan!!!
Hari ini kita selesai membaca dan menggali lebih dalam : 1-2 KORINTUS.

Dengan ini kita telah menyelesaikan kitab-kitab bahasan di tahun kedua GEMASSplus SH KITAB putaran kedua ini yaitu : Kitab
Bilangan, Ulangan, Yosua, Hakim-Hakim, Mazmur (pasal 42-72), Markus, dan 1-2 Korintus

Puji Tuhan ! Dan terimakasih karena berkat pertolongan Roh Kudus kita dimampukan.

Kita semua mendapatkan: Reward πŸ†2

Besok, kita mulai GEMASSplus SH KITAB 2022
Kitab-kitab yang akan dibahas :
Kitab RUT, 1-2 SAMUEL, 1-2 RAJA-RAJA, AYUB, MAZMUR (PASAL 73-89), YOHANES, GALATIA, EFESUS, DAN FILIPI.
~~~~~ πŸ…
πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu ke-2 sesudah Epifani
Kamis, 13 Januari 2022
~~~~~
ALLAH MASIH TERUS BERKARYA
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 36:5-10
Yeremia 3:1-5
Kisah Para Rasul 8:18-24

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 16 Januari 2022.

Mazmur 36:5-10
Ketakutan pemazmur akan bahaya dosa yang datang secara perlahan dengan tipu dayanya tertuang dalam ayat 2-4. Mereka yang sudah tersesat dalam dosa yang dalam akan mengalami kematian spiritual, hati nurani menjadi beku, sepertinya sudah tidak ada jalan keluar (5). Namun, pemazmur sangat sadar, hanya ada satu cara untuk keluar dari hitamnya dosa yaitu kasih anugerah Allah. Kasih setia Allah seperti bintang penuntun yang memberi isyarat jalan keluar. Tidak peduli seberapa dalam dosa seseorang, kasih karunia Allah dapat mengarunginya. Semua ini tergambar dalam diri Yesus Kristus yang menanggung dosa seluruh umat lewat hidup-Nya (7-8). Namun, sudahkah kita sungguh-sungguh menghargai kasih anugerah Allah ini, dan mau berjalan bersama-Nya?

Yeremia 3:1-5
Umat Allah telah menodai ikatan perjanjian mereka dengan Allah, mereka telah meninggalkan Dia dan tanpa alasan mengejar allah lain. Yeremia menyatakan perintah untuk berbalik kepada Allah, Dia ingin umat-Nya kembali merajut hubungan yang intim dengan-Nya, dengan sebuah pertobatan. Namun, Allah perlu melihat pertobatan sejati. Pertobatan sejati adalah berbalik dari dosa dan kembali kepada Allah, dengan sepenuh hati bergantung kepada belas kasihan-Nya. Harus diingat, karena sifat dosa kita, pertobatan kita tidak akan pernah sempurna, hanya melalui Kristuslah, Allah menerima kita.

Kisah Para Rasul 8:18-24 Simon, sering disebut Simon Magus artinya penyihir, telah memberi diri untuk dibaptis dan menjadi percaya. Simon menjadi percaya bukan karena dia bertobat, tetapi karena ia merasa takjub akan banyak mujizat yang dilakukan Filipus. Simon menjadi pengikut Kristus karena ada maunya, ia mau jadi besar dan berkuasa. Ia mau kuasa Roh Kudus, agar bisa memamerkan kekuatannya. Belajar dari Simon, mengaku dan menjadi percaya belum tentu mengalami pertobatan sejati. Tetapi, mengalami pertobatan sejati berarti bersedia untuk berbalik dan percaya kepada Allah, serta membuka hati untuk karya Roh Kudus bekerja.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 36:5-10
Yeremia 3:19-25
1 Korintus 7:1-7