Gemass 13 Januari 2021

PERSIAPAN MEMASUKI
πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
(Mulai Senin, 18 Januari 2021)

Pendaftaran GEMASS 2021 : http://bit.do/gemasslayur2021

~~~~~~
Selamat pagi! 

πŸ—“ H -5

Bacaan hari ini: Maz 119: 33-64

🌟 Mazmur 119:63
Aku bersekutu dengan semua orang yang takut kepada-Mu, dan dengan orang-orang yang berpegang pada titah-titah-Mu.

πŸ’‘ Salah satu cara yang membuat spiritualitas kita tetap membara adalah kemauan kita untuk bersekutu dengan orang yang takut akan Allah dan mendekat kepada orang-orang yang punya komitmen berpegang pada Firman Tuhan.

πŸ™ Doa:
Bapa yang baik, aku ingin memelihara kedekatanku dengan Engkau, ya TUHAN. Dan memelihara relasi yang saling menumbuhkan dengan orang-orang yang mengasihi-Mu.
~~~~~~
Bacaan besok: Maz 119 :65-96

~~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2020
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi SURAT ROMA

Bacaan hari ini : Roma 9: 19-29
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~~

KARENA KASIH KARUNIA

Masalah pilihan Allah selalu mengundang pertanyaan mengenai keadilan-Nya. Ia memilih Israel dan menolak bangsa-bangsa lain. Ia memilih Musa, tetapi menghukum Firaun. Adilkah ini? Jika segala sesuatu dalam diri manusia telah berjalan menurut kehendak Allah, lalu mengapa manusia harus disalahkan? Paulus menjelaskan jawabannya.

Pertama, kita tidak mungkin mempertanyakan kehendak Allah (19-21). Allah itu Maha Bijak maka adalah bodoh jika kita, bejana tanah liat ini, menantang Pencipta kita. Kedua, Allah mempunyai kehendak dalam diri setiap orang (22-24). Musa menerima kasih karunia Allah dan ia menjadi alat untuk menyatakan kasih karunia itu. Namun Firaun, sang pemberontak, menerima murka Allah. Ia memang tak pantas menerima belas kasih Allah. Lalu apakah Allah dapat dituduh tidak adil atas hal ini? Allah memiliki kebebasan untuk menyatakan kasih karunia kepada orang yang Dia kasihi. Ketiga, semua itu telah dinubuatkan oleh nabi-nabi (ayat 25-29). Paulus mengutip nubuat Hosea yang menyatakan bahwa Allah akan berpaling dari Israel dan memanggil bangsa-bangsa lain (Hos. 2:22, 1:10). Juga nubuat Yesaya tentang kasih karunia Allah dalam menyelamatkan sisa Israel yang percaya (Yes. 1:9). Lalu apakah semua itu memperlihatkan ketidakadilan Allah? Jelas tidak, karena Allah tidak berkewajiban untuk memilih berdasarkan perbuatan manusia atau berdasarkan rasnya. Allah tidak dapat dikatakan tidak adil bila Ia memilih seseorang dan menolak yang lain, karena ini adalah masalah kasih karunia. Kita tidak bisa mempertanyakan mengapa demikian, sebab itu berarti kita telah melampaui hak kita sebagai ciptaan. Lagi pula pilihan Allah telah membuka kesempatan bagi bangsa lain untuk diselamatkan sehingga kita yang berasal dari bangsa lain pun dapat memperoleh kasih karunia untuk diselamatkan, tanpa memperhitungkan siapa kita.

Kita patut bersyukur dan memuliakan Allah atas hal itu. Dan tentu saja tetap berdoa agar orang lain yang belum menerima keselamatan dapat menerima kasih karunia itu.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Surat Roma
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~~
Bacaan besok : Roma 9: 30–10:3 – Oleh Kasih Karunia

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Yesus Dibaptis
Rabu, 13 Januari 2021
~~~~~~~
TERUS MENERUS DIBARUI

Bacaan hari ini:
Mazmur 69:1-5, 30-36
Yesaya 41:14-20
Yohanes 1:29-34
~~~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 10 Januari 2021.

Mazmur 69:1-5, 30-36
Pemazmur mengalami keadaan yang menyesakkan dan terpojok karena tekanan musuh. Ia juga mengakui kesalahan dan kebodohannya yang turut andil sebagai penyebab. Namun pemazmur tidak pernah lepas harap kepada Tuhan, percaya bahwa Tuhan memperhatikan yang rendah hati, yang mencari Allah, dan yang sengsara. Tuhan akan kembali memulihkan Sion dan Yerusalem yang telah terpuruk karena pembuangan. Itulah sebabnya pemazmur memuji Allah tak henti. Jika kita setia, kita pun akan menikmati segala berkat Tuhan dan diam bersama dengan Dia.

Yesaya 41:14-20
Meski Israel lemah dan kecil seperti cacing dan ulat, mereka tidak perlu takut karena ada Allah Mahakudus yang menyertai dan melindungi. Saat kesulitan mencari air, Tuhan akan menyediakan, bahkan Tuhan menumbuhkan berbagai pohon untuk mendukung kehidupan mereka. Tuhan hendak membuktikan jatidiri-Nya sebagai pencipta dan layak disembah. Kita pun tidak perlu kuatir berlebihan dan berkepanjangan dalam menghadapi berbagai pergumulan karena Allah beserta kita dan akan memampukan kita melewatinya.

Yohanes 1:29-34
Kita bersyukur karena mengenal Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Semua hanya karena anugerah-Nya yang mencurahkan Roh Kudus kepada kita supaya kita percaya. Yohanes memberi kesaksian yang jelas dan gamblang tentang siapa Yesus sesungguhnya: Anak Allah yang Mahaada, Anak domba Allah yang menghapus dosa dunia, diurapi dengan Roh Kudus dan mengutus-Nya kepada orang percaya. Kita nyatakan syukur dengan semakin mengenal, mengasihi, dan memuliakan-Nya.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

~~~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 139:1-6, 13-18
Hakim-hakim  2:6-15
2 Korintus 10:1-11