Gemass 12 April 2022

Selasa, 12 April 2022
~~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~
πŸ—“ Hari 86
Bagian 7 : KEBANGKITAN DAN KEJATUHAN BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: 1 Samuel 28-31
Ungkapan doa : Mazmur 86
~~~~~~
ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 86
https://drive.google.com/folderview?id=1ouvroTC_ZUi1cbcWEVovhv0Zf8-kr5uX

🌟 1 Samuel 28:5-7a (TB)
_Ketika Saul melihat tentara Filistin itu, maka takutlah ia dan hatinya sangat gemetar.
Dan Saul bertanya kepada TUHAN, tetapi TUHAN tidak menjawab dia, baik dengan mimpi, baik dengan Urim, baik dengan perantaraan para nabi. Lalu berkatalah Saul kepada para pegawainya: “Carilah bagiku seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah; maka aku hendak pergi kepadanya dan meminta petunjuk kepadanya.”_

πŸ’‘ Saat terjepit musuh, Saul baru ingat Tuhan dan meminta pertolongan-Nya. Tapi sayang Tuhan sudah undur dari padanya, maka Saul pun mencari pertolongan pemanggil arwah (dukun). Betapa parahnya kejatuhan Saul.

πŸ™ Doa:
Bapa Surgawi, aku mau menjalin persekutuan dengan-Mu, lebih dari sekedar menikmati dan mencari berkat-berkat-Mu. Amin.
~~~~~~
Bacaan besok : 2 Samuel 1-3
Ungkapan doa : Mazmur 87
 Selasa, 12 April 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi 1-2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 1 Raja-Raja 2:1-12
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~
β–Ά Video Pelengkap Bacaan:
Membuka Isi Perjanjian Lama bgn.22– Kitab 1,2 Raja-Raja | David Pawson (2)

BELAJAR DARI KEGAGALAN

Sebelum Daud wafat, ia memberikan nasihat kepada Salomo sebagai pewaris tahtanya (1). Nasihat Daud kepada Salomo sungguh baik. Ia tidak menggurui Salomo bagaimana menjadi raja. Daud memberi motivasi dan dorongan kepada Salomo untuk selalu mengutamakan TUHAN dan hukum Taurat agar segala yang dilakukannya menjadi berhasil. Ia mengingatkan Salomo tidak mengikuti jejaknya sebagai raja yang gagal.

Apakah kegagalan Daud selama memerintah Israel? Pertama, Daud gagal menjalankan perintah Allah dengan sempurna, maka ia mendesak Salomo untuk menjalankan hukum Allah dengan benar (2-4). Kedua, Daud gagal membereskan masalahnya dengan Yoab sehingga ia mendesak Salomo membantunya menyelesaikan masalah tersebut (5-6). Ketiga,
Daud seharusnya memberikan penghargaan kepada anak-anak Barzilai, pada kenyataannya ia tidak melakukannya. Ia meminta Salomo bermurah hati kepada mereka (7). Keempat, Daud pernah bersumpah tidak membunuh Simei bin Gera yang pernah mengutukinya di Mahanaim. Ia mendesak Salomo membalas dendamnya kepada Simei (8-9).

Nasihat dan permintaan Daud kepada Salomo untuk menyelesaikan benang kusut yang ditinggalkannya agar kedudukan Salomo menjadi kokoh. Pada detik terakhir hidupnya, Daud masih memikirkan. masa depan tahta Salomo. Hal ini dilakukannya karena ia memegang janji Allah kepadanya bahwa tahta kerajaannya tidak akan terputus (4).

Demikian pula dengan kehidupan kita sekarang ini. Pada masa lampau kita sering kali gagal. Dengan pertolongan Tuhan, kita perlu memeriksa pelbagai kegagalan yang pernah terjadi. Dengan hikmat Tuhan, mari kita bereskan hal itu. Bersama Tuhan kita dapat luput dari jatuh pada kesalahan yang sama.

Renungkan: Sejarah telah mencatat kegagalan hidup Daud. Biarlah catatan itu tidak hanya untuk Salomo, tetapi juga menjadi nasihat bagi umat Allah masa kini.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok: 1 Raja-Raja 2:13-46 – Ancaman dari Dalam
πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Pra Paskah VI
Selasa, 12 April 2022
~~~~~
HAMBA YANG MENDERITA
~~~~~
Bacaan hari ini:
Yesaya 49:1-7
Mazmur 71:1-14
1 Korintus 1:18-31
Yohanes 12:20-36

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 10 April 2022    
Yesaya 49:1-7
Nats ini bernubuat tentang Yesus Kristus sebagai Hamba Allah. Yesus tidak hanya menyelamatkan Israel melainkan juga bangsa-bangsa lain. Yesus menyelesaikan dengan tuntas misi Allah yang seharusnya dikerjakan umat Israel. Keberhasilan Yesus diraih melalui ketaatannya dalam menderita karena melakukan kehendak Allah. Karena itulah, Yesus layak menerima hormat dan kemuliaan dari semua umat manusia termasuk dari para penguasa dan para raja. Mari belajar taat dan setia dari Yesus supaya segala yang Tuhan percayakan kepada kita bisa kita pertanggungjawabkan dengan tuntas.

Mazmur 71:1-14
Pemazmur mengungkapkan isi hatinya pada Tuhan karena sedang menghadapi musuh-musuh yang saling bersekongkol, bekerja sama, dan melakukan usaha keras untuk menganiaya dan menjatuhkannya. Pemazmur beriman bahwa Tuhan akan melindungi dan menjaganya sesuai dengan apa yang selama ini sudah terbukti. Dia yakin bahwa musuhnya akan dihajar dan dipermalukan oleh Tuhan sendiri. Bukan dendam yang menjadi perhatian utamanya melainkan nama Tuhan yang terjaga dan tidak tercemar dan malah supaya dimuliakan melalui apa yang sedang dihadapinya.

▢️ Mazmur 71:1-14 – GKI Coyudan https://youtu.be/L2SL6is3uaM

1 Korintus 1:18-31
Salib Kristus merupakan kebodohan bagi orang Yunani dan lambang kelemahan bagi orang Yahudi yang menuntut mujizat. Namun, bagi yang percaya salib Kristus adalah hikmat dan kuasa Allah yang menyelamatkan dunia. Tidak ada seorang manusia pun yang sanggup menyelesaikan persoalan dosanya dengan usaha sendiri. Itu sebuah kemustahilan. Karena itulah, salib Kristus merupakan bukti bahwa Allah menyertai dan berada di pihak kita.

Yohanes 12:20-36
Dalam Injil Yohanes, Yesus dimuliakan berarti Yesus mati di salib. Melalui salib itulah buah keselamatan dinikmati oleh mereka yang beriman pada Kristus. Para pelayan Kristus semestinya juga siap menderita karena melakukan kehendak Allah. Tidak ada pelayanan yang berbuah tanpa memikul salib. Kesempatan untuk mengenal Yesus tidak selamanya ada. Karena itu selagi ada kesempatan, mari kita terus semakin dalam mengenal – Nya dan mengarahkan seluruh hidup kita untuk memuliakan Allah yang sudah terlebih dahulu mengasihi dan rela berkorban demi kasih – Nya.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Yesaya 50:4-9
Mazmur 70
Ibrani 12:1-3
Yohanes 13:21-32